Apa itu KOL? Ini Definisi Lengkap Tugas, Jenis, dan Contohnya
Apa itu KOL? KOL merupakan salah satu strategi yang banyak dipilih oleh perusahaan dalam dunia marketing. Hal ini dikarenakan pengaruh kuat dari KOL dalam menggerakkan publik yang tentu saja menguntungkan untuk meningkatkan brand awareness.
Akan tetapi, nyatanya kini belum banyak yang tahu seputar istilah tersebut. Bahkan terkadang ada yang menyamakan KOL dengan influencer karena dianggap memiliki pengaruh. Dalam artikel kali ini, kamu akan mengupas tuntas apa sebenarnya KOL itu.
Apa itu KOL (Key Opinion Leader)?
Key opinion leader atau biasa disingkat KOL adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan pengaruh yang kuat dalam menggerakkan masa. Tak heran jika banyak pendapatnya yang dihormati bahkan dipercaya oleh publik karena personanya.
Seperti yang diketahui, KOL memiliki kredibilitas tinggi karena sudah memiliki reputasi dan pengalaman yang dibangun. Misalnya analis keuangan di bidang investasi, chef dalam bidang kuliner, dan dokter yang terkenal dalam bidang kesehatan.
Secara sederhana, apa itu KOL? Yaitu influencer yang fokusnya pada pengetahuan dan keahlian dalam bidangnya. Berbeda dengan influencer atau selebriti biasa yang hanya mengandalkan popularitasnya.
Dalam industri digital, key opinion leader memiliki peran yang sangat penting. Utamanya adalah dalam strategi marketing dan branding yang mendukung perusahaan.
Jenis-jenis KOL
Setelah mengetahui apa itu KOL, ada beberapa jenisnya berdasarkan jumlah pengikut dan impact yang perlu kamu ketahui. Tiga kategori ini berguna bagi brand untuk memilih KOL yang tepat untuk target audiens.
1. Apa itu KOL Nano?
Jenis key leader opinion ini memiliki biasanya memiliki pengikut yang angkanya kurang dari 10 ribu. Meskipun relatif sedikit, pengikutnya bisa dibilang sangat aktif dan memiliki dampak yang signifikan.
2. Apa itu Micro KOL?
KOL yang memiliki pengikut lebih banyak dari sebelumnya adalah kategori micro atau bisa dibilang menengah. Jumlahnya sendiri antara 10 ribu hingga 100 ribu followers.
Kelas micro KOL biasanya lebih menjangkau dan membangun audien dengan keterlibatan yang tinggi. Tak heran jika jenis ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan dengan target pasar tertentu.
3. Macro KOL
Selain nano dan micro, KOL macro tak kalah menarik untuk diperbincangkan.
Key opinion leader macro merupakan kategori yang memiliki jumlah pengikut paling besar, yaitu lebih dari 100 ribu. Dampaknya adalah semakin banyak audien yang dijangkau sehingga mampu meningkatkan brand awareness dengan biaya yang fantastis. Tak jarang mereka dilibatkan dalam kampanye besar seperti launching produk, event, hingga kampanye brand global.
Tugas Key Opinion Leader
Sebagai ‘opinion maker’, KOL memiliki tugas utama untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Selain itu, ada beberapa tugas lain yang dilakukan oleh mereka.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Tugas pertama apa itu KOL adalah memperkenalkan brand kepada audien baru yang lebih luas melalui konten yang dibuat. Seperti review produk, tutorial, hingga konten sponsor yang menarik.
Seorang KOL memiliki banyak pengikut terutama di media sosial. Semakin banyak pengikut yang menonton konten, semakin banyak peluang untuk memperkenalkan brand.
2. Membangun Kredibilitas
Dalam strategi marketing, penting untuk meningkatkan kepercayaan audien. Maka dari itu diperlukan kerja sama dengan kol KOL yang memiliki reputasi baik dan dihormati di bidangnya.
Mengapa perlu adanya kepercayaan? Karena konsumen saat ini cenderung membeli produk atau layanan yang terpercaya. Selain itu mereka akan dengan sendirinya loyal atau bertahan dengan produk meskipun semakin banyak pesaing.
3. Mendorong Penjualan
Tugas lain key opinion leader adalah mendorong audien untuk membeli produk atau layanan. KOL memberikan rekomendasi atau ulasan positif dalam konten yang dibagikan.
Para followers cenderung mengikuti dan mempercayai pendapat seorang KOL. Hal tersebut dikarenakan saran dari mereka yang dinilai dapat diandalkan.
4. Menciptakan Konten yang Menarik
KOL memiliki tugas untuk menciptakan konten yang menarik, menghibur, informatif, dan bermanfaat. Sehingga bentuk konten tersebut cenderung disukai oleh audiens.
Konten yang disukai oleh pengikut akan dengan sendirinya mudah untuk dibagikan. Efeknya adalah brand awareness dan keterlibatan audien (engagement) semakin meningkat.
5. Memberikan Feedback
Tak hanya mempromosikan suatu produk, KOL juga memiliki tugas untuk memberikan umpan balik terhadap perusahaan.
Salah satunya dengan memberi tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh audiens dari produk. Serta saran atau masukan untuk perbaikan agar produk atau layanan semakin lebih baik.
6. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan
Tugas lain seorang KOL di media sosialnya seperti menanggapi komentar, menjawab pertanyaan yang masuk. Selain itu juga turut berinteraksi secara langsung dengan audiens.
Sebagai perantara antara brand dengan audiens, KOL perlu membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens. Tujuannya adalah membangun komunitas di sekitar brand.
Contoh Influencer KOL Populer di Indonesia
Semakin berkembangnya dunia bisnis dan digital, semakin banyak pula influencer. Apa itu KOL influencer? Baik KOL maupun influencer sama-sama merupakan partner bisnis bagi perusahaan karena memiliki pengaruh yang besar di media sosial.
1. Tasya Farasya
Salah satu beauty influencer yang banyak diikuti adalah Tasya Farasya. Tanpa alasan, ia populer karena kerap memberikan review produk yang terpercaya. Sebanyak 5 juta lebih orang mengikuti tasya Farasya di akun Instagramnya.
2. Tanboy Kun
Siapa yang tak kenal dengan Tanboy Kun? Ia adalah salah satu contoh KOL influencer yang memiliki spesialisasi di bidang kuliner dan mukbang yang ekstrim dan menantang. Hingga kini Tanboy memiliki pengikut di Instagram sebanyak lebih dari 20 juta, lho!
3. Chef Arnold Poernomo
Contoh KOL yang terkenal dan ahli di bidang memasak adalah chef Arnold Poernomo. Namanya populer sebagai selebriti sekaligus juri MasterChef Indonesia selama beberapa season. Hingga kini ia memiliki lebih dari 5 juta pengikut di Instagram.
4. Trinity Traveler
Salah satu penulis sekaligus blogger dan traveler yang terkenal di Indonesia adalah Trinity Traveler. Sejak 2005, ia rajin membagikan cerita travelingnya dengan gaya bahasa yang jenaka dan konyol. Akun Instagram Trinity Traveler memiliki pengikut sebanyak lebih dari 100 ribu.
5. Nana Koot
Nama Nana Koot semakin dikenal karena konten yang diunggahnya secara konsisten tentang kuliner. Ia viral karena kontennya yang makan gorengan berukuran besar. Tak hanya itu, ia kini telah diikuti sebanyak lebih dari 2 juta orang di akun Instagram miliknya.
6. Tasyi Athasyia
KOL food vlogger yang tak kalah populer adalah Tasyi Athasyia yang terkenal karena battle makanan. Perempuan yang rajin membagikan konten review makanan unik tersebut memiliki jumlah subscriber sebanyak lebih dari 3 juta di kanal Youtube miliknya.
7. Dr. Richard Lee
Terkenal sebagai dokter, Richard Lee kerap memberikan edukasi tentang kulit dan kecantikan di media sosialnya. Ia membagikan review produk-produk makeup dan skincare sesuai dengan pengetahuan ilmiahnya di dunia kedokteran.
Kini kamu sudah tahu apa itu KOL (Key Opinion Leader) yang memiliki tugas besar untuk perkembangan brand. Meskipun terkadang hanya dikenal sebagai influencer, selebgram, atau YouTuber yang suka ngonten, mereka ikut berperan dalam strategi digital marketing.
Buat kamu yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang dunia digital marketing, kamu bisa mengikuti bootcamp dengan cara mengunjungi Instagram resmi Digibos.