fbpx

Digital Marketing - Strategi, Manfaat, dan Cara Memulai

Digital marketing menjadi topik yang mulai dikenali oleh banyak orang saat ini. Kemajuan teknologi memaksa para pelaku bisnis untuk lebih mengarahkan tenaga pada digital marketing. Tujuannya adalah menjangkau audiens lebih luas, selain memperoleh keuntungan.

digital marketing

Pengertian Digital Marketing

Dikenal sebagai bentuk promosi yang menggunakan teknologi digital dan platform internet. Tujuannya adalah menjangkau audiens. Saat ini, pemasaran digital telah menjadi bagian penting yang wajib dilakukan sebagai strategi pemasaran modern. Perusahaan atau pemilik usaha dapat mengukur hasil kampanye secara real time.

Pentingnya Pemasaran Digital

Penggunaan media elektronik yang meningkat di seluruh dunia membuat media sosial menjadi salah satu tempat berjualan. Hal ini membuktikan bahwa promosi secara digital merupakan strategi yang sangat relevan untuk meningkatkan brand awareness. Berikut beberapa alasan yang menjadikan digital marketing sangat penting!

  1. Jangkauan lebih luas

Target pemasaran yang terjangkau tidak hanya secara offline, namun online pun turut serta. Artinya, bisnis dapat menjangkau lebih banyak audiens tanpa batasan wilayah.

  1. Hemat biaya

Dana yang dikeluarkan untuk digital marketing lebih sedikit dibandingkan dengan biaya untuk memasang iklan di TV atau cetak.

  1. Lebih mengenal target audiens

Teknologi memungkinkan kamu menjangkau audiens yang sesuai atau relevan dengan keinginan perusahaan.

Baca juga: Channel Digital Marketing: Penting untuk Dipelajari Pelaku Bisnis

Strategi Utama dalam Digital Marketing

di bawah ini!

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah taktik untuk mengoptimalkan website perusahaan atau brand agar muncul pada bagian teratas halaman pertama. Dengan ini, audiens akan menganggap website tersebut lebih relevan.

  1. Content Marketing

Strategi ini berfokus pada pembuatan konten yang menarik. Konten tersebut dapat berupa artikel, blog, video, atau desain grafis yang dapat menarik perhatian audiens. Hal ini lah yang mempengaruhi adanya posisi content creator dalam digital marketing.

Baca juga: Apa itu Content Creator? Ini Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

  1. Social Media Marketing:

Digital marketing pun memanfaatkan media sosial dalam pelaksanaannya. Instagram, Facebook, dan LinkedIn menjadi platform yang dapat mendatangkan keuntungan apabila dimanfaatkan sebaik mungkin. Media sosial dapat menjadi ladang untuk mempromosikan produk maupun jasa.

  1. Email Marketing

Mengirim email yang berisikan informasi promo dan lain-lain dapat menjadi strategi baik untuk menjalin komunikasi dengan audiens secara langsung.

  1. Pay-Per-Click Advertising (PPC)

Menggunakan iklan berbayar pun dapat menjadi langkah yang efektif. Google ADS adalah salah satu platform yang seringkali digunakan dalam proses digital marketing.

Manfaat Pemasaran Digital

Apabila strategi utama dapat dimaksimalkan, pelaksanaan digital marketing dapat membawa banyak manfaat. Berikut diantaranya!

  1. Pengukuran kinerja secara real-time

Adanya google analytics dapat menjadi cara kamu untuk memantau efektivitas kampanye digital marketing yang sedang dijalankan.

  1. Meningkatkan engagement

Konten yang menarik dan interaktif di media sosial dapat meningkatkan citra positif brand atau perusahaan di mata audiens.

Baca juga: Pengertian Engagement Media Sosial hingga Jenis dan Cara Menghitung!

  1. Meningkatkan penjualan

Seiring dengan meningkatnya engagement, kepercayaan audiens pun akan meningkat. Hal ini pun dapat mempengaruhi penjualan ke arah yang lebih positif.

Cara Memulai Digital Marketing

Terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat akan memulai digital marketing untuk pertama kalinya. Simak di bawah ini!

  1. Kenali target audiens

Dengan mengetahui siapa, apa kebutuhan, dan dimana audiens kamu, pelaksanaan digital marketing akan mencapai hasil yang maksimal.

  1. Pilih platform yang tepat

Perbedaan platform mempengaruhi perbedaan audiens. Pencantuman konten dan strategi yang tepat akan meningkatkan kemungkinan audiens untuk melakukan aksi atas promosi yang dilakukan.

  1. Buat konten yang berkualitas

Konten yang kamu buat harus memiliki hook yang menarik agar audiens mau meluangkan waktu lebih lama menikmati konten. Hal ini dapat memberikan pengaruh besar ke engagement.

  1. Pakai tools digital marketing

Menggunakan alat bantuan dalam prosesnya tidaklah salah. Beberapa yang dapat kamu manfaatkan adalah SEMrush, Canva, HubSpot, dan lain-lain.

  1. Pantau dan lakukan evaluasi

Jangan lupa untuk cek secara berkala dan lakukan evaluasi jika perlu. Perbaikan kadang diperlukan untuk lebih mengoptimalkan kampanye.

Serahkan Semuanya ke Penyedia Jasa!

Digital marketing bukan hanya tren, namun sebuah strategi cerdas untuk meningkatkan bisnismu. Pemasaran digital yang dilakukan dapat meningkatkan daya saing bisnis sekaligus mencapai tujuan pemasaran.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan Bisnis dengan Jasa Digital Marketing

Sekarang ini telah tersedia jasa yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan digital marketing bisnismu! Salah satunya adalah digibos.id. Penyedia jasa ini tidak hanya memberikan ilmu melalui bootcamp dan training mereka. 

Beberapa layanan lain yang ditawarkan adalah SEO optimization dan Social Media Management. Kamu bisa berfokus pada aspek lain dan digibos.id yang akan berusaha menjalankan proses digital marketingnya! Jangan khawatir, kebutuhanmu akan dipenuhi oleh para profesional, sehingga kamu cukup duduk dengan manis. 

Digibos.id pun sangat terbuka dengan komunikasi dua arah. Segala feedback akan dipertimbangkan sebaik-baiknya. Jadi jangan buang waktu untuk cek yang lain, dan langsung aja ke digibos.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *