fbpx

Key Massage Bisnis: 8 Hal Penting untuk Membuatnya

digibos.id (Key Massage Bisnis) – Bisnis dapat berkembang dengan baik ketika para pelaku bisnis mampu mengikuti arah yang baik dari strategi pemasaran. Dalam hal ini, terdapat beberapa istilah dan poin penting yang harus dilaksanakan oleh para pelaku bisnis. Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis, baik bisnis yang sudah besar ataupun bisnis yang masih merintis sekalipun yaitu key maasage atau pesan utama dalam bisnis.

Key Massage Bisnis

Key massage bisnis menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah bisnis karena ini tentang bagaimana bisnis dapat mengkomunikasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada target audiens yang tepat. Untuk memahami lebih jelas mengenai key massage bisnis, berikut ini penjelasannya dan 8 hal penting dalam pembuatannya. Simak ya!

Mengenal Key Massage Bisnis

Key massage atau pesan kunci merupakan inti dari pesan yang ingin disampaikan oleh suatu bisnis mengenai sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan agar didengar, dilihat dan juga dirasakan oleh target audiens yang tepat sesuai yang diinginkan oleh perusahaan. Karena berhubungan dengan audiens, maka perusahaan harus memastikan bahwa pesan yang akan disampaikan dapat tercapai dengan baik ke audiens. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menentukan pesan kunci sebelum mulai mengkomunikasikan ke hadapan target audiens.

Dengan demikian, menetapkan key massage bagi bisnis merupakan sebuah langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan karena akan menjadi panduan bagi perusahaan dalam menyampaikan pesan kepada target audiens. Penggunaan dari key massage bisnis ini tidak terbatas pada deskripsi produk, namun pesan kunci juga digunakan pada semua alat komunikasi pemasaran dari sebuah usaha, produk atau jasa.

Key massage ini digunakan untuk menyampaikan suatu tujuan secara efektif dan efisien kepada target audiens. Hal ini bukanlah suatu hal yang mudah, karena mengingat keberadaan suatu produk atau jasa sejenis yang ada, serta tantangan untuk menyampaikan dampak positif bagi sebuah usaha. Maka dari itu, untuk menyampaikan pesan dari tujuan serta dampak positif usaha kepada audiens, maka dibutuhkan key massage.

8 Hal Penting dalam Pembuatan Key Massage Bisnis

1. Pertimbangan Menulis Key Massage untuk Bisnis

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membuat key massage bisnis adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu bsinis untuk menulis key massage. Berikut ini daftar pertanyaannya:

Pertanyaan

Keterangan

Apakah bisnis dapat dipercaya?

Pastikan inti dari pesan yang akan dibuat telah didukung dengan adanya bukti-bukti yang kuat.

Apakah cara berkomunikasi bisnis mudah untuk dimengerti?

Hal ini bisnis harus dapat memastikan bahwa pesan yang disampaikan menggunakan bahasa yang ringkas, profesional, to the point dan juga mudah untuk dipahami.

Apakah positif?

Bisnis harus memastikan bahwa pesan yang akan disampaikan bersifat positif serta menggunakan bahasa yang aktif.

Apakah dapat memberikan dampak positif terhadap target audiens?

Pastikan bahwa pesan yang disampaikan mampu mengisyaratkan agenda dengan tepat.

2. Gunakan Kalimat yang Sederhana

Dalam membuat key massage bisnis yang kuat, maka perusahaan harus dapat memastikan bahwa inti pesan harus tetap sederhana, yaitu singkat dan spesifik terhadap poin yang ingin disampaikan. Meskipun ada banyak sekali informasi yang ingin disampaikan kepada audiens, tetapi pesan tersebut lebih baik disampaikan secara singkat dan spesifik sehingga audiens mampu mengingatnya dengan mudah.

3. Menyampaikan Pesan yang Bertarget

Perusahaan harus mampu mempertimbangkan sasaran audiens yang dituju. Hal ini termasuk apa yang dibutuhkan dan ingin didengar oleh audiens dari perusahaan, apakah perusahaan memiliki target audiens yang luas dan jika iya, maka perusahaan harus dapat memastikan pesan yang didesain sinkron kelompok target. Pasalnya, pesan bukan hanya untuk memberikan suatu berita mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga wacana dalam memanfaatkan pesan yang beresonansi menggunakan pendengar sehingga berminat atau ingin terlibat.

4. Menyampaikan Pesan yang Beresonansi

Emosi merupakan suatu bagian penting yang berasal dari resonansi, begitupun dengan keakraban dengan menggunakan cerita yang didengar. Hal ini yaitu perasaan bahwa pesan tersebut terkait dengan beberapa tema yang lebih luas yang telah dikenal dan dicintai. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menjadikan pesan yang ingin disampaikan lebih personal, jika sesuai, maka gunakan cerita yang menarik pada bagian awal pesan. Dengan begitu, buatlah pesan yang dapat menangkap imajinasi audiens serta mampu membuat mereka bertanya lebih banyak lagi.

5. Mudah Diingat

Menyampaikan pesan kepada audiens secara singkat dan spesifik akan memudahkan audiens untuk mengingat pesan yang disampaikan. Adapun konsep 4C yang dapat digunakan untuk panduan dalam membuat pesan yang mudah diingat dan praktis.

Konsep

Penjelasan

Comprehension (pemahaman)

Dalam hal ini, bisnis harus memastikan bahwa audiens tahu mengenai poin primer melalui pengulangan, ringkas serta kesederhanaan.

Connections (koneksi)

Pesan yang disampaikan harus memiliki nilai bagi audiens agar didengar dengan baik. Cara terbaik ialah ketika pesan yang disampaikan mampu memecahkan problem atau memunculkan beberapa bentuk respons emosional.

Credibility (dapat dipercaya)

Menyampaikan pesan agar dapat dipercaya adalah dengan menggunakan kualifikasi lebih untuk menunjukkan pesan agar membantunya melekat.

Contagiousness (penyebaran/menularkan)

Key massage bisnis harus disebarkan oleh audiens agar dapat memengaruhi lebih banyak audiens. Semakin banyak orang yang membacanya, maka akan semakin banyak orang yang mulai untuk mengadopsi pesan dan terhubung dengan bisnis.

6. Melakukan Komunikasi Key Massage Bisnis secara Terkontrol

Tidak menutup kemungkinan bahwa pesan yang disampaikan tidak selalu ditafsirkan atau didengar oleh penerima dengan menggunakan cara yang sama. Pasalnya, memberikan pengaruh persepsi kepada audiens bukanlah tugas yang mudah dan simpel. Akan tetapi, menyebarkan pesan utama yang jelas, ringkas, jujur serta positif akan membentuk para pelaku bisnis untuk bisa mengontrol isu yang luas serta memungkinkan bisnis dalam mempengaruhi audiens menggunakan cara yang paling efektif.

7. Practice Makes Perfect

Ada banyak pendiri serta juru bicara dari perusahaan yang nyaman untuk menceritakan kisah kepada media serta publik. Hal ini akan mampu meningkatkan kepercayaan diri, membantu dalam memastikan bahwa poin-poin terpenting tidak dilupakan di tengah panasnya momen selama wawancara atau pidato media berlangsung. Melakukan latihan juga dapat membantu untuk mengontrol arah serta fokus pada wawancara media, serta mempertahankan fokus pada hal-hal yang penting.

8. Ulasan dari Key Massage Bisnis

Perusahaan harus mampu membuat pesan utama bisnis tidak statis atau begitu-begitu saja. Semuanya akan berubah dari waktu ke waktu sehingga harus meninjau pesan utama bisnis secara teratur. Hal ini dilakukan dengan cara memastikan pesan relevan dan mencerminkan pesan bisnis inti perusahaan. Mampu menciptakan key massage yang tepat merupakan fondasi yang kuat dari program yang solid. Namun, yang menjadi kendala adalah ada banyaknya informasi yang beredar, terutama dari para pesaing.

Contoh Key Massage Bisnis

  1. Produk Yakult: “Cintai ususmu, minum yakult setiap hari.”
  2. Produk Indomie: “Indomie, seleraku”
  3. Produk Hilo Teen: “Susu Hilo Teen! Tumbuh tuh ke Atas, Gak ke Samping!”

Nah itulah penjelasan dan juga 8 hal penting dalam membuat key massage bisnis. Hal ini berkaitan dengan pemasaran digital yang dilakukan oleh para pelaku bisnis di era saat ini. Untuk memahami lebih banyak mengenai digital marketing, kalian bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos dengan menghubungi contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *