fbpx

Mengenal AI Marketing: Pengertian, Kegunaan & Tantangannya

digibos.id (Mengenal AI Marketing) – Kecanggihan teknologi saat ini telah menjalari sendi-sendi kehidupan manusia. Kemudahan teknologi yang dapat digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya sangat marak dimanfaatkan perusahaan. Keberadaan AI atau Artifical Intelligent pada bidang marketing saat ini memberikan solusi kemudahan dalam bidang industri dan poros perekonomian. Penggunaan AI sendiri saat ini sudah mulai diterapkan oleh berbagai macam perusahaan dalam berbagai bidang untuk menyempurnakan proses marketing. Sebelum masuk ke dalam AI marketing dan mencoba untuk menggunakannya, kamu perlu mengenal lebih dalam lagi mengenai AI marketing. Berikut ini penjelasannya.

Mengenal AI Marketing

Mengenal AI Marketing untuk Proses Pemasaran

AI Marketing atau Artificial Intelligent Marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang melibatkan kecanggihan teknologi buatan. Strategi yang digunakan ini memanfaatkan teknologi AI untuk menganalisis, memproses data dna mengumpulkan data yang relevan dengan kepentingan pemasaran. Kecerdasan teknologi AI ini mampu untuk menganalisis sejumlah data dengan cepat. Dengan begitu teknologi ini mampu untuk mengidentifikasi tren pasar yang ada saat ini dengan mudah dan tepat sasaran. Hal tersebut berguna untuk mengembangkan strategi pemasaran yang cukup efektif dan efisien.

AI Marketing sendiri mengacu pada kemampuan mesin atau teknologi untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia, seperti pemecahan masalah, pembelajaran ataupun melakukan tugas-tugas tertentu. Pada hal ini, AI mampu membantu meningkatkan efisiensi maupun produktivitas dalam berbagai bidang, salah satu diantaranya adalah marketing atau pemasaran. Dalam bidang pemasaran, AI dapat berfungsi untuk menganalisis data, memprediksi pasar atau target konsumen, serta membantu mengotomatiskan tugas-tugas yang diberikan. Memanfaatkan kecerdasan AI, perusahaan maupun pelaku bisnis dapat memperoleh keunggulan kompetitif serta mencapai hasil-hasil terbaik.

Mengenal AI marketing merupakan suatu metode yang digunakan dalam dunia marketing dengan menggunakan konsep yang menerapkan model kecerdasan buatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan agar dapat mencapai tujuan pemasaran perusahaan serta meningkatkan penjualan. Memanfaatkan AI marketing akan mampu memudahkan perusahaan dalam proses penargetan pemasaran, menganalisa pelanggan yang potensial hingga mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Hal ini dapat menggunakan berbagai macam tools AI marketing untuk memperlancar strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan.

Manfaat Mengenal dan Menggunakan AI Marketing

1. Lebih Efisien dalam Pemasarannya

Memanfaat teknologi AI marketing akan membuat aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah. Pasalnya, AI marketing ini mampu mengumpukan informasi pelanggan dengan lebih mudah dan dengan biaya yang relative lebih terjangkau. Selain itu, informasi yang terkumpul juga lebih lengkap sehingga pelaku bisnis juga dapat dengan mudah merancang strategi pemasaran yang akan dilakukan. Dengan bantuan AI marketing, maka pelaku bisnis sudah tidak perlu lagi mengumpulkan data secara manual. Teknologi ini juga dilengkapi dengan akses informasi serta riwayat pencarian internet yang akan membuat kinerjanya semakin efisien.

2. Mendapatkan Target yang Potensial

Dengan memberikan data yang relevan serta lebih terarah, maka perusahaan akan menemukan target yang lebih potensial untuk produknya. Teknologi AI marketing ini sangat berguna untuk mengambil data secara online dan mampu untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Dengan begitu, pelaku bisnis akan lebih mudah merancang strategi marketing yang dilakukan hingga mampu mendapatkan target yang potensial dan menerapkan digital marketing secara lebih efektif. Hal ini termasuk dengan mendistribusikan konten marketing sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

3. Menekan Biaya Iklan

Penargetan calon konsumen yang lebih terarah yang dibantu oleh AI marketing ini akan jauh lebih murah sehingga mampu untuk menekan biaya pemasaran. Selain itu, dengan penentuan target yang lebih potensial, maka akan memudahkan pelaku bisnis untuk melakukan penargetan iklan secara lebih terarah dan langsung menyasar target yang diharapkan. AI juga mampu menghemat biaya dan waktu pemasaran serta memberika user experience kepada pelanggan yang baik dan lebih efisien. Iklan atau advertising yang dilakukan akan lebih terarah, sehingga mampu menarik target ROI (Return on Investment) dengan lebih cepat.

4. Menganalisa Feedback dari Konsumen

Memanfaatkan AI marketing, pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk menganlisis komentar atau feedback dari pelanggan mengenai konten marketing yang sedang dijalankan. Misalnya, ketika pelanggan melakukan komplain di media sosial, teknologi AI akan lebih cepat untuk mendeteksinya. Dengan begitu, pelaku bisnis akan lebih mudah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

5. Promosi yang Lebih Strategis

Teknologi AI marketing membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan jenis dan target marketing yang lebih strategis. Hal ini dikarenakan teknologi AI mampu memberikan informasi yang lebih luas mengenai pencarian kata kunci, profil user ataupun data-data lainnya yang mampu menunjang keberlangsung proses marketing. Dengan data-data yang diberikan oleh AI, maka pelaku bisnis akan lebih mudah dan luas dalam mencari peluang promosi.

Tantangan AI Marketing bagi Bisnis

1. Membutuhkan Keahlian Teknis

Mengimplementasikan AI marketing tentu memerluka keahlian teknis yang tinggi agar bisa sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. hal ini termasuk pada memahami algoritma AI, mengelola dan merancang infrastruktur teknologi yang diperlukan serta menerapkan model AI secara efektif. Untuk memaksimalkan penggunaan AI memang membutuhkan seorang ahli khusus, namun hal ini dapat diatasi dengan menghadirkan ahli AI, melatih tim internal atau mengikuti pelatihan dalam bidang AI marketing seperti Digibos yang menyediakan bootcamp untuk meningkatkan kemampuan digital marketing.

2. Data Berkualitas yang Terbatas

Menggunakan AI marketing juga memerlukan data dengan kualitas yang tinggi. Namun, banyak perusahaan yang tidak mampu atau kesulitan untuk mendapatkan dan mengumpulkan data yang relevan. Maka hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk menerapkan strategi pemasaran.

3. Khawatir terhadap Batasan Privasi

Ketika menggunakan AI marketing, penting untuk memperhatikan masalah privasi. Hal ini karena penggunaan data pelanggan yang sensitif dan pengambilan keputusan yang otomatis maka dapat menimbulkan kekhawatiran atas privasi yang tidak disengaja. Maka dari itu, perusahaan perlu memastikan dan memberika perhatian penuh terhadap kepatuhan peraturan privasi, transparansi dalam penggunaan data serta mempertimbangkan implikasi etis dalam penggunaan AI marketing.

4. Bergantung pada Data Historis

Tantangan berikutnya dalam penggunaan AI marketing adalah seringkali AI marketing mengandalkan data historis untuk mengidentifikasi pola dan tren yang terjadi. Oleh karena itu, bagi pelaku bisnis pemula yang belum memiliki data historis yang cukup, hal ini akan menjadi sebuah hambatan. Tanpa memiliki data yang cukup, akan berdampak pada AI yang tidak dapat menghasilkan data yang akurat atau tidak relevan.

5. Evaluasi dan Pengukuran

Tantangan berikutnya bagi pelaku bisnis adalah ketika mengevaluasi dan mengukur keberhasilan AI marketing. Hal ini dikarenakan AI marketing yang melibatkan proses yang kompleks, mengukur dampak serta efektivitasnya bisa sulit. Pelaku bisnis perlu untuk mengembangkan metrik yang relevan, mampu mengamati tren yang berlangsung serta melakukan analisis lanjutan untuk memahami dampak sebenarnya dari pengimplementasioan AI marketing.

6. Perubahan Tren atau Budaya

Mengadopsi AI marketing akan sering memerlukan perubahan budaya serta perusahaan yang signifikan. Dalam hal ini, bisnis dapat memastikan bahwa karyawan memiliki perubahan yang cukup tentang AI marketing. Oleh sebab itu, pelaku bisnis perlu untuk mengadakan pelatihan dan pendidikan untuk membangun kapabilitas internal.

Mudah kan mengenal AI Marketing untuk memperlancar proses pemasaran serta meningkatkan penjualan? Untuk memahami lebih dalam mengenai marketing, kamu bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos sebagai spesialis digital marketing terbaik di Indonesia. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *