fbpx

Pelajari Manfaat Facebook Ads untuk Meningkatkan Promosi Bisnis

digibos.id (Manfaat Facebook ADS) – Pada era serba digital saat ini, pelaku bisnis banyak memanfaatkan advertising untuk melakukan pemasaran. Advertising melalui sosial media memiliki banyak platform yang dapat digunakan yaitu TikTok, YouTube, Instagram dan juga Facebook. Memanfaatkan iklan pada berbagai platform yang tengah digemari oleh masyarakat bertujuan untuk memperkenalkan merek dan juga memperluas pasar.

Manfaat Facebook Ads

Salah satu media yang paling banyak digunakan oleh perusahaan saat ini yaitu Facebook Ads. Apa itu Facebook Ads dan bagaimana cara kerja serta manfaat bagi perusahaan? Berikut ini penjelasannya.

Facebook Ads itu Apa?

Facebook Ads merupakan salah satu platform periklanan digital mandiri yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk membuat dan menjalankan iklan di Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger. Dengan memanfaatkan Facebook Ads, pelaku bisnis bisa menargetkan iklan kepada audiens tertentu berdasarkan minat, perilaku, demografis, usia, gender dan yang lainnya. Periklanan melalui Facebook Ads digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran seperti brand awareness, menaikkan penjualan serta meningkatkan traffic website para pelaku bisnis.

Adapun tujuan menjalankan Facebook Ads untuk menjalankan bisnis berikut ini:

  • Meningkatkan brand awareness

Adanya iklan yang berlalu lalang di gadget masyarakat, mereka akan mulai sadar mengenai merek dan produk yang ditawarkan.

  • Menjangkau audiens lebih luas

Facebook dengan penggunanya yang lebih dari 2 miliar pengguna aktif dapat menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.

  • Meningkatkan penjualan produk

Setelah masyarakat mulai sadar akan merek dan produk yang ditawarkan, maka tidak menutup kemungkinan jika mereka akan melakukan pembelian.

  • Memiliki hasil yang terukur

Facebook Ads menyediakan fitur untuk memantau traffic ketika iklan ditayangkan, sehingga hal ini akan membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap konten yang diiklankan.

  • Fleksibilitas dalam Anggaran Iklan

Pengiklan memiliki kendali penuh atas anggaran iklan mereka dan dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan, sehingga mereka dapat menjalankan kampanye iklan yang hemat biaya.

Manfaat Facebook Ads untuk Bisnis

1. Memiliki Sasaran Konsumen Luar Biasa

Facebook memberikan peluang yang besar bagi sebuah bisnis untuk menjangkau khalayak yang luar biasa. Dengan ini, pelaku bisnis dapat menampilkan iklan kepada audiens yang telah ditentukan sebelumnya. Pemilihan target ini dapat berdasarkan lokasi geografis, usia, minat, jenis kelamin, dan berbagai kriteria lain yang dapat disesuaikan.

Alat pengeditan kuat dari Facebook memudahkan pelaku bisnis dalam mempromosikan iklan di media sosial. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, fitur ini akan membantu dalam mengatur kampanye iklan dengan lebih baik. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat mengintegrasikan fitur pelacakan ke halaman akun perusahaan untuk mengincar pelanggan. Ini akan membantu dalam memahami produk mana yang menarik minat masyarakat.

2. Mampu Menganalisis Situasi

Saat mengelola halaman penggemar di Facebook, pengiklan dapat mengamati aktivitas yang terjadi di beranda. Dari informasi yang ditemukan di beranda tersebut, maka dapat menyesuaikan promosi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pengiklan juga dapat melakukan analisis terhadap profil orang yang akan menjadi target promosi pada bisnis. Bahkan, tanpa usaha analisis manual, Facebook memiliki kemampuan untuk menganalisis data tersebut dengan lebih canggih.

3. Meningkatkan Citra Merek

Pengguna Facebook secara rutin melihat pemberitahuan di beranda mereka beberapa kali sehari. Oleh karena itu, penting untuk secara teliti membangun citra merek perusahaan dengan branding yang optimal. Meskipun mungkin hanya sedikit pengguna yang benar-benar mengklik halaman penggemar bisnis perusahaan, namun tingkat visibilitas iklan akan membantu dalam membangun kepercayaan. Oleh karena itu, bijaklah dalam melihat peluang untuk mengembangkan citra merek yang kuat bagi akun perusahaan pengiklan.

4. Meningkatkan Penjualan Tanpa Batasan Geografis

Keuntungan berikutnya dari Facebook Ads adalah pengiklan memiliki kebebasan untuk mempromosikan bisnis tanpa dibatasi oleh jarak. Pengiklan atau pelaku bisnis dapat memperluas visibilitas merek tanpa menghiraukan seberapa jauhnya, karena tidak ada pembatasan geografis yang mengikat. Selain itu, pengiklan juga tidak terikat oleh batasan waktu. Semuanya menjadi lebih fleksibel ketika menggunakan Facebook Ads.

5. Penargetan yang Akurat

Manfaat terpenting dari penggunaan Facebook Ads adalah kemampuan untuk memahami target promosi perusahaan secara mendalam. Dalam Facebook Ads, pelaku bisnis dapat mengarahkan promosi bisnis kepada audiens yang sangat relevan.

Contohnya, jika kamu ingin mempromosikan brand kosmetik, Facebook secara otomatis akan mengarahkan iklan kamu kepada audiens wanita yang sesuai. Sebaliknya, jika kamu mempromosikan produk obat kuat, target audiensnya akan difokuskan pada pria. Selain itu, jika kamu berbagi informasi tentang wilayah Gorontalo, Facebook Ads dapat membantu untuk menargetkan iklan berdasarkan lokasi geografis tersebut. Ini memastikan bahwa pesanmu sampai ke audiens yang benar-benar relevan.

Langkah-langkah Mendaftar Facebook Ads bagi Pemula

1. Buat Akun Pengelola Bisnis Facebook

Daftar akun pengelola bisnis Facebook, yang merupakan layanan gratis yang memungkinkan pelaku bisnis untuk mengelola iklan Facebook dan aset bisnis lainnya.

2. Tentukan Tujuan Kampanye

Pertimbangkan apa yang ingin dicapai dengan iklan yang dijalankan. Apakah kamu ingin meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan, atau menghasilkan prospek baru? Pilih tujuan yang sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan.

3. Atur Anggaran

Tentukan berapa banyak anggaran yang akan dialokasikan untuk kampanye iklan. Sesuaikan anggaran ini dengan tujuan dan target audiens perusahaan.

4. Pilih Target Audiens

Sesuaikan target audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan faktor lainnya. Dengan menargetkan audiens yang tepat, pengiklan dapat meningkatkan efektivitas kampanye dalam mencapai tujuan pemasaran.

5. Buat Iklan

Pilih format iklan yang sesuai dengan tujuan perusahaan, tulis teks iklan yang menarik perhatian, dan pastikan materi iklan relevan dengan audiens target yang disasarkan.

6. Atur Jadwal Iklan

Tentukan kapan dan berapa lama iklan akan ditayangkan. Kamu juga dapat menjalankan iklan sepanjang waktu atau memilih waktu dan hari tertentu dalam seminggu. Sesuaikan jadwal iklan dengan kebiasaan dan aktivitas target audiens menggunakan sosial media.

7. Tinjau dan Luncurkan Iklan

Sebelum meluncurkan iklan, pastikan untuk meninjau kembali semua elemen iklan. Periksa apakah semuanya sudah sesuai dengan tujuan dan anggaran yang telah ditetapkan. Setelah yakin, luncurkan kampanye iklan.

Bagaimana Cara Mempelajari Facebook Ads?

Digital marketing merupakan kunci ilmu untuk memaksimalkan penggunaan Facebook Ads. Memahami kinerja digital marketing untuk melakukan strategi pemasaran saat ini merupakan salah satu strategi yang perlu diterapkan oleh perusahaan. Pasalnya, perkembangan teknologi saat ini memaksa para pelaku bisnis untuk turut menyesuaikan dengan perkambangan dan kebutuhan pasar.

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai digital marketing, kamu bisa mengikuti pelatihan digital marketing bersama Digibos. Digibos menyediakan program pelatihan digital marketing dengan kelas intensif yang dibimbing langsung oleh tutor berpengalaman yang telah ahli dalam bidangnya. Untuk menghubungi Digibos lebih lanjut, kamu bisa menghubungi contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *