fbpx

Customer Loyalty: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

digibos.id (Customer Loyalty) – Pada indikator bisnis, customer atau pelanggan memiliki peran penting dalam kelancaran strategi yang dilakukan. Terutama dalam hal kesetiaan pelanggan atau customer loyalty. Hal ini merupakan suatu nilai yang memiliki makna tentang bagaimana pelanggan dapat menikmati produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Semakin baik customer loyalty pada sebuah brand, maka pelanggan akan semakin setia pada suatu produk atau brand. Secara tidak langsung, hal ini akan sangat berdampak pada kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Customer Loyalty

Ketika seorang pelanggan sudah nyaman dengan produk atau layanan dari suatu brand, maka mereka akan terus melakukan transaksi secara berkala. Bahkan bisa juga, mereka merekomendasikan suatu brand atau produk ke orang lain secara sukarela. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan iklan dan testimoni secara gratis. Oleh karena itu, sebuah bisnis yang memiliki customer loyalty dengan baik, tentu dalam kondisi apapun sebuah bisnis akan tetap bertahan dan mampu berkembang dengan pesat.

Pengertian Customer Loyalty

Customer loyalty atau loyalitas pelanggan merupakan sebuah perwujudan dari kesetiaan pelanggan terhadap sebuah brand, produk atau layanan secara terus-menerus. Hal ini karena sebuah brand telah berhasil dalam memberikan kepuasan tinggi dan citra yang positif di benak pelanggan. Ketika pelanggan sudah loyal terhadap sebuah brand, maka mereka tidak akan keberatan untuk merekomendasikan produk atau layanan ke orang lain agar mereka dapat merasakan kepuasan yang sama.

Pelanggan yang loyal akan melakukan transaksi secara teratur, bahkan membeli produk lain, atau layanan lain dari brand yang sama. Pasalnya, semakin tinggi loyalitas pelanggan maka mereka akan semakin kebal terhadap produk kompetitor. Biasanya mereka tidak memiliki waktu untuk mencoba produk kompetitor, atau merasa sudah aman dan nyaman dengan produk dari satu brand. Maka dari itu, penting bagi sebuah brand untuk memperhatikan customer loyalty agar sebuah brand tetap berjalan dengan lancar.

Manfaat Utama Customer Loyalty Bagi Bisnis

1. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Customer loyalty mampu membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan dan pendapatannya. Seorang pelanggan yang menunjukkan perilaku sebagai pelanggan yang loyal akan cenderung untuk membeli produk atau layanan dari suatu brand secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan hingga pendapatan perusahaan.

2. Meminimalisir Biaya Pemasaran

Adanya pelanggan yang loyal terhadap suatu brand dan mempertahankan pelanggan tersebut akan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan mencari pelanggan baru. Karena, memiliki pelanggan yang loyal akan cenderung merekomendasikan suatu produk atau layanan dari suatu brand kepada orang lain agar dapat merasakan manfaat yang sama. Hal ini karena pelanggan tersebut telah memiliki pengalaman penggunaan yang baik, sehingga dapat membantu perusahaan dalam memperoleh pelanggan baru tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

3. Mampu Meningkatkan Reputasi Merek

Customer loyalty akan cenderung memberikan ulasan atau testimoni positif mengenai sebuah produk dari suatu perusahaan, sehingga akan dapat membantu dalam meningkatkan reputasi brand di mata pelanggan lain. Selain itu, adanya pelanggan yang loyal juga cenderung mampu mengatasi suatu masalah atau ketidaknyamanan dari sebuah produk atau layanan secara internal. Serta mereka tidak memiliki untuk membuat ulasan negatif di media sosial atau platform e-commerce.

Cara Meningkatkan Customer Loyalty

1. Membuat dan Meningkatkan Loyalty Program

Loyalty program merupakan suatu program yang ditawarkan oleh suatu brand untuk memberikan insentif atau hadiah kepada pelanggan yang sudah bertahan dan setia terhadap brand dengan melakukan pembelian berulang kali. Membuat dan meningkatkan loyalty program ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk dapat meningkatkan customer loyalty.

Loyalty program yang dilakukan oleh brand dapat berupa diskon, hadiahm atau poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah yang lainnya. Dengan menggunakan cara ini, perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan serta membangun hubungan baik jangka panjang dengan para pelanggan.

2. Menjadi Pendengar bagi Pelanggan

Menjadi pendengar atas keluhan pelanggan merupakan kunci utama dalam meningkatkan customer loyalty. Pasalnya, pelanggan yang merasa didengar dan dihargai akan cenderung lebih loyal dan puas dengan sebuah brand. Mereka akan merasa dihargai sebagai pelanggan dan perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat mendengarkan pelanggan dengan cara melakukan survei pelanggan, media sosial atau forum pelanggan. Dengan begitu, nantinya perusahaan akan dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta memiliki inovasi untuk meningkatkan kulitas produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

3. Menjaga Kualitas Produk

Produk dari sebuah brand merupakan poin penting yang mampu mendasari customer loyalty. Kualitas terbaik dari suatu produk yang akhirnya membuat pelanggan melakukan transaksi berulang kali. Oleh karena itu, menjaga kualitas produk atau layanan dari sebuah brand sangatlah penting untuk meningkatkan customer loyalty. Pasalnya, seorang pelanggan yang puas dengan kualitas produk atau jasa cenderung akan lebih loyal dan tidak akan ragu untuk memperkenalkan produk tersebut kepada orang terdekatnya agar dapat menggunakan produk yang sama dan mampu merasakan pengalaman yang menyenangkan pelanggan.

Untuk dapat memastikan produk sebuah brand selalu dalam kondisi yang optimal sangat dijual, perusahaan dapat menjaga kualitas produk atau jasa dengan cara melakukan pengujian kualitas secara teratur, memperbaiki cacat atau jasa yang ditemukan, serta mampu memperbarui produk atau jasa agar tetap relevan dengan berbagai kebutuhan pelanggan dan keinginan pelanggan.

4. Melakukan Inovasi Produk Bisnis

Melakukan inovasi produk bisnis merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan customer loyalty. Pelanggan akan cenderung tertarik ketika sebuah brand selalu berinovasi dan menawarkan produk atau jasa yang baru dan menarik. Dengan melakukan inovasi produk dengan mengembangkan produk atau jasa baru, menawarkan fitur baru pada produk atau jasa yang sudah ada, atau memperbarui tampilan suatu produk. Inovasi apapun yang dilakukan oleh sebuah brand akan memperkuat daya tarik pelanggan terhadap brand dan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai customer loyalty, manfaat bagi bisnis serta cara meningkatkannya. Pada dasarnya, untuk meningkatkan pelanggan yang loyal perlu untuk memahami strategi yang dilakukan terutama dalam bentuk digital marketing.

Maka, sebelum mulai meningkatkan customer loyalty, coba pahami terlebih dahulu strategi digital marketing melalui pelatihan bersama Digibos. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *