fbpx

Pengertian Digital Marketing: Manfaat dan Strateginya

pengertian digital marketing

digibos.id (Pengertian Digital Marketing) – Digital marketing sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis atau pengusaha. Pada era saat ini, salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran yang lebih luas adalah dengan digital marketing. Melakukan pemasaran secara online saat ini sudah menjadi tren bagi para pelaku bisnis, sebab berkembangnya teknologi yang semakin pesat lebih memudahkan msyarakat untuk mencari informasi melalui gadget. Banyak perusahaan yang semakin berlomba-lomba untuk menjaring pasar yang lebih luas lagi di dunia digital. Pemasaran digital tidak hanya bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tetapi juga dapat meningkatkan brand awareness suatu produk.

Berikut pengertian digital marketing beserta manfaat dan jenis-jenisnya secara lengkap.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing atau pemasaran digital merupakan strategi yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa di media digital seperti gadget, televisi, radio dan lain sebagainya. Pemasaran yang dilakukan yakni berupa iklan di media sosial ataupun TV yang menjelaskan suatu produk atau jasa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut para ahli, digital marketing adalah penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung koneksi internet untuk mencpai target perusahaan. Jadi, digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan dan terget pasar dari suatu perusahaan.

Perkembangan teknologi saat ini menjadikan perusahaan lebih banyak menggunakan sistem berbasis internet untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi. Kemudahan teknologi yang disediakan membuat para pelaku bisnis beralih dari pemasaran offline menjadi pemasaran online. Tetapi peralihan tersebut juga mengharuskan pelaku bisnis adaptasi dengan perkembangan tersebut, sehingga tidak sedikit pelaku bisnis yang panik dan kesulitan dalam menghadapi perkembangan teknologi dan pemasaran yang terjadi.

Masyarakat saat ini lebih gemar untuk melakukan transaksi secara online karena dianggap lebih mudah dan tidak menguras banyak tenaga dibanding dengan berbelanja secara offline. Selain itu, penggunaan internet yang semakin meningkat pesat juga menjadi pemicu akan perkembangan pemasaran digital marketing bagi masyarakat.

Tujuan Digital Marketing

Setelah pengertian digital marketing, berikut tujuan dari digital marketing adalah untuk meningkatkan angka penjualan, meningkatkan kualitas relasi serta komunikasi pelaku bisnis dengan para konsumennya, awareness produk, memperluas pasar dan lain sebagainya. Suatu hal yang penting yakni meningkatkan relasi dan komunikasi pelaku bisnis dengan konsumennya adalah memiliki pelanggan dalam jangka panjang sehingga kredibilitas perusahaan naik karena telah dipercaya dan menjalin hubungan dengan baik. Selain itu, digital marketing merupakan upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis agar bisa survive di era globalisasi.

Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis

1. Memilah Target Pasar

Dalam dunia digital marketing, terdapat beberapa tools digital marketing yang telah disediakan dan didesain sedemikian rupa. Tools tersebut bisa membantu Anda untuk memperoleh data yang akurat mengenai preferensi pengguna terkait pasar tertentu atau produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda bisa memilah target pasar sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Penilaian Strategi Berdasarkan Data

Setelah strategi diterapkan, Anda bisa melihat dan mengevaluasi analisis dari pemasaran yang digunakan. Secara lengkap ditampilkan data-data seperti tingkat keberhasilan iklan, jumlah pengguna yang membuka iklan dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran yang digunakan sebelumnya. Serta dengan adanya data yang akurat, maka bisa meningkatkan efektivitas iklan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia digital tidak memiliki batasan apapun yang berarti tidak terbatas waktu dan ruang. Yang mana semua orang di dunia ini dapat mengakses apapun yang mereka inginkan. Digital marketing merupakan salah satu metode yang tepat untuk mengenalkan produk atau jasa perusahaan agar menjangkau pasar yang lebih luas karena bisa terhubung dengan pelanggan dari manapun dan kapanpun tanpa batas.

4. Menekan Biaya Pemasaran

Salah satu hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan tentu saja perihal biaya yang akan dikeluarkan jika melakukan pemasaran. Dengan adanya pemasaran digital, akan lebih menekan biaya pemasaran. Sebab perusahaan tidak perlu lagi untuk mencetak poster atau membuang-buang budget untuk pemasaran yang belum jelas dan belum tentu bisa menjaring target.

Digital marketing dengan biaya yang dapat disesuaikan oleh perusahaan sendiri serta memiliki target pasar yang jelas akan lebih efektif digunakan di era saat ini.

5. Mengenalkan dan Meningkatkan Brand

Hal utama dari keuntungan menggunakan digital marketing adalah semakin banyak dan semakin luas pelanggan yang mengenal brand perusahaan. Masyarakat umumnya mencari produk atau jasa terlebih dahulu di internet sebelum memutuskan untuk membeli produk yang dibutuhkan. Oleh karena itu, munculnya brand perusahaan Anda di internet akan semakin dikenal oleh masyarakat luas dari penjuru dunia.

Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran, bisnis Anda akan mudah untuk ditemukan oleh pelanggan serta kredibilitas brand yang ditawarkan akan semakin meningkat dan menghasilkan penjualan bagi perusahaan.

Penerapan Strategi Digital Marketing

Terdapat beberapa strategi pemasaran digital yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan produk melalui platform digital. Sesuai dengan yang telah kami uraikan di atas, platform-platform yang digunakan dalam pemasaran digital melibatkan saluran komunikasi yang kita jumpai hampir setiap hari, baik itu melalui internet maupun telepon.

Pemasaran digital melibatkan berbagai strategi, tergantung pada jenis platform yang digunakan. Saat ini, beberapa bentuk strategi pemasaran digital yang umum digunakan adalah:

1. Pemasaran Melalui Mesin Pencari (Search Engine Marketing/SEM)

Salah satu bentuk pemasaran digital ini melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan Facebook. Konsep SEM terbagi menjadi dua bagian, yaitu Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization/SEO) dan Iklan Berbayar per Klik (Pay-per-Click/PPC).

  • Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Metode ini dilaksanakan dengan memaksimalkan konten pemasaran digital agar tampil di halaman pertama hasil pencarian Google tanpa perlu membayar biaya kepada penyedia iklan. Untuk informasi lebih rinci, silakan merujuk ke artikel kami mengenai SEO dan panduan penerapannya.

  • Iklan Berbayar per Klik (PPC)

Tidak seperti SEO, PPC melibatkan pembayaran sejumlah biaya kepada penyedia iklan agar materi pemasaran digital selalu terpampang di bagian atas hasil pencarian ketika calon pelanggan mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan. Hasil dari strategi PPC biasanya diberi tanda “Ad” atau “Iklan”.

2. Influencer/Afiliasi

Strategi digital marketing ini melibatkan pihak lain yaitu individu yang telah berpengaruh di platform digital atau media sosial, lalu mereka akan mempromosikan produk Anda di platform mereke seperti Instagram, tiktok, youtube atau yang lainnya. Pemasaran melalui pengaruh dilakukan dengan memberikan kompensasi kepada individu berpengaruh di platform digital, kemudian mereka akan mempromosikan produk Anda kepada pengikut-pengikut mereka di media sosial atau platform lainnya.

Pemasaran afiliasi melibatkan mitra kerja sama, dan Anda memberikan pembayaran komisi kepada mitra tersebut ketika mereka berhasil menjual produk Anda. Sebagai contoh, Hostinger memiliki program afiliasi untuk memperluas jangkauan pemasaran produk secara lebih luas.

3. Social Media Marketing

Pemasaran melalui media sosial adalah strategi pemasaran yang dilakukan melalui platform-platform media sosial, baik dengan mengoptimasi konten yang Anda bagikan ataupun dengan membayar untuk iklan di platform tersebut.

Anda dapat mempromosikan bisnis Anda melalui berbagai platform seperti TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube. Hampir semua platform media sosial saat ini menyediakan opsi untuk mempromosikan bisnis melalui layanan iklan yang mereka tawarkan.

4. Content Marketing

Seperti namanya, pemasaran konten merupakan taktik pemasaran yang melibatkan berbagai bentuk konten, baik melalui pembuatan, pengelolaan, maupun publikasi konten tersebut. Menggunakan beragam konten ini untuk mengajak pengguna agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Salah satu metode efektif untuk menerapkan pendekatan pemasaran digital ini adalah dengan membuat situs web pribadi, dimana dapat memilih domain yang sesuai dan memanfaatkan layanan web hosting terbaik. Setelah memiliki situs web, terutama yang dioptimasi untuk mesin pencari (SEO-friendly), kemudian dapat mengoptimalkan konten di dalamnya sehingga muncul di halaman pertama hasil pencarian, yang akan meningkatkan eksposur bisnis secara luas.

5. Email Marketing

Pemasaran lewat surel adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan mengirim pesan-pesan surel kepada pelanggan (langganan).

Inti dari strategi ini bukan hanya mengirimkan pesan-pesan surel semata, melainkan bagaimana cara perusahaan membuat isinya menarik sehingga pelanggan merasa tertarik untuk membaca dan bahkan mengklik tautan promosi yang ada di dalam surel. Berbagai alat pemasaran melalui surel dapat digunakan untuk menciptakan pesan surel yang menarik perhatian.

6. Pemasaran Mobile

Penggunaan perangkat mobile atau seluler dalam strategi pemasaran digital dijalankan tanpa harus bergantung pada koneksi internet. Pemasaran mobile sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yakni telemarketing dan pemasaran melalui pesan singkat (SMS marketing).

  • Telemarketing

Taktik pemasaran digital ini melibatkan komunikasi melalui telepon, dengan menghubungi nomor ponsel pelanggan. Sebagai contoh, industri seperti perbankan atau pembiayaan kerap menggunakan pendekatan ini. Selain itu, telemarketing juga terbukti efektif untuk menjaga hubungan pelanggan, karena memberikan kesan yang lebih pribadi dan istimewa bagi pelanggan.

  • Pemasaran melalui Pesan Singkat (SMS Marketing)

Metode ini memanfaatkan layanan pesan singkat (SMS) untuk mengirimkan pesan promosi secara massal kepada nomor ponsel pelanggan. Walaupun penggunaan SMS untuk komunikasi telah menurun, beberapa perusahaan masih mengadopsi metode ini untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Keuntungan utama dari pemasaran melalui SMS dalam strategi digital adalah kemampuan para pemasar untuk menyebarkannya dengan cepat dan biaya yang lebih rendah, melalui apa yang dikenal sebagai “SMS Blast”.

7. Radio Advertising

Iklan radio juga termasuk dalam strategi pemasaran digital. Meskipun radio dulunya merupakan hiburan utama, namun sekarang teknologi telah mengizinkan pendengaran radio melalui internet, membuat metode ini tetap efektif untuk memasarkan produk.

8. TV Advertising

Selain radio, televisi juga tetap populer sebagai media untuk pemasaran digital. Dengan iklan televisi, Anda dapat membeli slot waktu untuk beriklan dan mempromosikan produk. Semakin terkenal suatu acara yang ditayangkan, umumnya semakin mahal pula biaya iklannya. Berbagai jenis iklan ditampilkan, seperti iklan saat jeda acara, iklan berjalan (running text), atau iklan yang terintegrasi langsung dalam acara (sponsor). Jika Anda ingin beriklan di televisi, Anda dapat memanfaatkan jasa agensi periklanan. Biaya yang diperlukan bervariasi, tergantung pada stasiun televisi, waktu penayangan, dan jenis iklan.

Kunci utama agar berhasil dalam dunia digital marketing selain memahami lebih lanjut mengenai pengertian digital marketing adalah bagaimana menciptakan konten yang menarik dan bisa terus terbenam di pikiran calon pelanggan. Perlu untuk memproduksi konten yang menarik dan meyakinkan agar pelanggan dapat memilih produk dari perusahaan Anda daripada perusahaan kompetitor.

Untuk menyukseskan pemasaran digital perusahaan, kami siap membantu dalam memberikan pelatihan secara intensif dengan mengupas tuntas tips dan trik untuk menyelami dunia digital marketing secara lebih luas lagi. Jangan ragu untuk menghubungi Digibos yang akan membantu untuk menyukseskan strategi digital marketing secara tepat.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *