fbpx

Pengertian Facebook Ads untuk Meningkatkan Bisnis

digibos.id (Pengertian Facebook Ads) – Pada era pemasaran digital saat ini, ada banyak sekali strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya. Terlebih penggunaan media sosial yang terus menerus meningkat hingga hari ini. Oleh karena itu perusahaan telah mulai meluncurkan strategi untuk terus meningkatkan brand awareness perusahaan melalui sosial media marketing. Karena dampak dari memperkenalkan brand melalui sosial media bagi perusahaan sangat besar sekali. Melihat banyaknya pengguna sosial media yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan smartphone.

Pengertian Facebook Ads

Salah satu platform yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menampilkan brand-nya di sosial media adalah Facebook Ads. Facebook Ads saat ini telah menjadi salah satu platform periklanan atau advertising yang paling populer di kalangan perusahaan yang ada di Indonesia. Banyaknya pengguna Facebook dan kemudahan untuk mengoperasikan Facebook Ads menjadi alasan utama platform ini semakin diminati oleh perusahaan. Pasalnya, Facebook Ads juga memberikan banyak manfaat bagi bisnis dalam mengembangkan dan mempromosikan produk yang ditawarkan.

Namun, sebelum itu sudahkah kamu paham mengenai pengertian Facebook Ads secara detail? Berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian Facebook Ads untuk meningkatkan Bisnis dengan cepat dan efektif. Simak ya!

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads merupakan sebuah layanan iklan berbayar yang telah disediakan oleh Facebook yang berfungsi untuk membantu bisnis dalam mempromosikan brand mereka. Iklan yang dibuat dan ditampilkan melalui Facebook Ads akan menyebar pada pengguna Facebook, Messenger, Instagram atau beberapa media sosial lain yang masih berada di dalam naungan meta.

Dalam hal ini, iklan yang ditampilkan dapat difilter sesuai dengan target pasar yang diharapkan oleh perusahaan. Pengguna Facebook Ads dapat menargetkan pengguna Facebook berdasarkan kriteria yang mencakup usia, demografi, minat, perilaku dan juga lokasi geografis. Penargetan audiens ini dapat memudahkan perusahaan untuk mendapatkan target yang potensial yang sesuai dengan produk perusahaan. Dengan begitu, maka perusahaan akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk meningkatkan penjualan, lalu lintas website serta mampu membangun kesadaran merek bagi penggunanya. Selain itu juga ada banyak sekali manfaat Facebook Ads yang bisa kamu baca di sini.

Jenis-jenis Facebook Ads

Facebook Ads memiliki berbagai macam jenis yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja iklan bagi perusahaan dan bisnis. Berikut ini jenis-jenis Facebook Ads:

No.

Jenis

Penjelasan

1.

Video Ads

Salah satu jenis dari Facebook Ads adalah Video Ads yang dapat diunggah pada news feed atau stories yang berisi iklan berbasis video. Pada jenis iklan ini dengan durasi yang lebih panjang, maka bisa juga ditampilkan sebagai iklan in-stream.

2.

Image Ads

Jenis berikutnya yaitu menggunakan konten gambar yang merupakan kategori paling umum dalam Facebook Ads yang dapat diidentifikasikan. Untuk membuat Image Ads, kamu perlu untuk mengunggah gambar dan deskripsi ke halaman Facebook.

3.

Lead Ads

Jenis iklan Facebook Ads ini hanya dapat diakses melalui perangkat seluler karena tujuan khususnya yaitu untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan kontak mereka. Ini dapat digunakan untuk membuat pengguna bergabung ke bulletin bisnismu, mencoba produk atau menghubungi dengan segera.

4.

Collection Ads

Selain Lead Ads, Collection Ads juga hanya dapat diakses melalui perangkat seluler. Pelanggan dapat mengklik hingga lima gambar atau video yang disajikan untuk membeli barang atau layanan oleh perusahaan.

5.

Carousel Ads

Carousel Ads merupakan salah satu jenis iklan Facebook Ads yang dapat menampilkan sejumlah foto atau video hingga 10. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan URL unik untuk setiap gambar atau video tersebut.

6.

Instant Experience Ads

Instant Experience Ads ini biasa disebut dengan istilah Canvas. Jenis iklan ini merupakan format iklan dengan satu halaman penuh yang menyerupai landing page dan hanya dapat diakses melalui perangkat seluler.

7.

Poll Ads

Jenis iklan ini membuat gaya iklan dengan gaya polling. Yang mana polling dua opsi merupakan satu-satunya jenis yang dapat diterima. Biasanya jenis iklan ini hanya menjadi tambahan opsional untuk iklan konvensional yang dapat ditambahkan pada iklan gambar atau video perusahaan.

Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Memaksimalkan Bisnis

1. Membuat Halaman Bisnis

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan iklan berbayar melalui Facebook Ads adalah membuat halaman bisnis sebagai profil usaha kamu di Facebook ataupun Instagram. Setelah profil berhasil dibuat, kamu baru bisa masuk ke akun Facebook Ads Manager untuk membuat dan meluncurkan iklan.

2. Memilih Tujuan Iklan

Setelah selesai membuat halaman bisnis, kamu bisa mulai untuk menetukan tujuan iklan dengan cara klik tab ‘campaigne’ kemudian klik ‘create’ pada halaman utama Facebook Ads Manager. Setelah itu, kamu bisa memilih tujuan iklan seperti traffic, engagement, brand awareness, atau lain sebagainya.

3. Memberi Nama Kampanye Iklan

Jangan lupa untuk memberikan nama pada kampanye iklan kamu. Pada tahap ini, kamu juga bisa memanfaatkan fitur A/B split test yang digunakan sebagai langkap percobaan. Jika kamu sudah pernah membuat iklan di Facebook Ads sebelumnya, kamu juga bisa menoptimalkan anggaran yang digunakan.

4. Mengatur Akun Iklan

Jika kamu baru pertama kali menggunakan Facebook Ads, kamu diharuskan untuk menggunakan langkah ini. Dalam langkah ini, kamu diharuskan untuk memasukkan rincian data negara, zona waktu dan mata uang. Serta isilah kolom-kolom yang tertera dengan benar karena digunakan untuk pembayaran iklan.

5. Mengatur Target Audiens

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur target audiens yang ingin disasar. Kamu bisa memulai untuk memilih lokasi geografis, usia, jenis kelamin, dan bahasa yang digunakan. Kamu harus menyelaraskan target audiens dengan bisnis yang ditawarkan.

6. Mengatur Penempatan Iklan

Mengatur penempatan iklan sangat berguna agar kamu bisa menentukan posisi strategi yang kamu inginkan untuk mempromosikan brand-mu.

7. Mengatur Anggaran dan Jadwal Iklan

Langkah berikutnya yang paling penting adalah kamu diharuskan untuk mengatur jumlah anggaran yang ingin dibayarkan untuk meluncurkan iklan. Dari Facebook sendiri tidak ada patokan harga khusus, sehingga kamu bisa membayar iklan dan mengaturnya sesuai dengan kemampuan bisnismu. Selain itu, pastikan kamu sudah mengatur jadwal penayangan iklan dan durasinya.

8. Meluncurkan Iklan

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunggah konten berupa video, gambar, atau carousel. Pada tahap ini, jangan lupa untuk melengkapi teks dan komponen-komponen pada iklan lainnya. Jika perlu, kamu bisa melakukan pengaturan jika dibutuhkan agar iklan yang ditampilkan bisa tampil sesuai ekspektasimu.

Setelah membaca pengertian Facebook Ads untuk meningkatkan bisnismu. Mulailah untuk mencoba mempraktikkan kinerja Facebook Ads untuk meningkatkan bisnismu dengan menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Karena ada banyak sekali manfaat Facebook Ads untuk perkembangan bisnis yang lebih pesat.

Jika kamu ingin lebih banyak belajar untuk meningkatkan bisnis, kamu bisa mengikuti bootcamp Digital Marketing bersama Digibos dengan menghubungi melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *