digibos.id (Pengertian Reach) – Dalam dunia digital marketing, ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Ini berguna untuk meningkatkan efektivitas kinerja konten atau iklan di sosial media. Selain engagement, ada pula reach yang merupakan jumlah total orang-orang yang sudah melihat konten di sosial media. Reach merupakan salah satu informasi penting ataupun data-data penting dalam dunia digital marketing untuk mengetahui keberhasilan strategi yang telah dibuat. Selain itu, ini juga dapat digunakan untuk merancang strategi marketing berikutnya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai pengertian reach, berikut ini artikelnya.
Pengertian Reach
Pengertian reach adalah total jumlah pengguna sosial media yang sudah melihat kontenmu. Misalnya, ketika kamu memiliki pengikut atau followers sebanyak 1.000, kemudian konten yang kamu sebarkan mendapatkan 1.000 penonton, maka konten tersebut memiliki reach ke 1.000 pengguna sosial media. Reach ini akan bertambah ketika pengguna yang melihat konten tersebut bukan pengguna yang sama. Dalam artian, ketika pengguna yang sama melihat konten tersebut sebanyak lebih dari satu kali, maka tidak akan terhitung reach.
Kegunaan reach dalam dunia digital marketing tentu akan memudahkan pelaku bisnis dalam merancang strategi sosial media marketing. Pasalnya, data-data dan informasi penting yang ada di dalamnya mampu menjadi acuan dalam merancang strategi marketing berikutnya. Untuk membuat strategi, pelaku bisnis harus menggunakan strategi marketing yang tidak hanya bagus, namun harus juga memiliki daya tarik yang tinggi dalam menjangkau pengguna dalam kurun yang lama. Konten yang menarik akan mengundang lebih banyak pengguna dalam menonton dan menyukai konten tersebut.
Pada Facebook, reach terbagi menjadi tiga jenis yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan strategi yang sesuai. Berikut ini jenis reach yang ada di Facebook:
- Organik: Pada jenis ini menggambarkan angka jumlah pengguna yang telah melihat konten-konten sosial media secara gratis di beranda sosial media.
- Berbayar: Reach berbayar ini menampilkan angka yang menggambarkan jumlah pengguna yang melihat konten berbayar di sosial media-mu, ini biasanya melalui Facebook Ads ataupun iklan.
- Viral: Pada jenis yang ketiga ini, reach yang ditampilkan di dalamnya akan menampilkan jumlah pengguna yang telah melihat halaman atau postingan di bagian story atau post yang dapat dibagikan oleh pengguna lain dengan cara share, klik atau komentar.
Manfaat Mengukur Reach dalam Digital Marketing
Pada strategi sosial media, penting untuk dapat menjalin komunikasi secara langsung bersama dengan target pelanggan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Menjalin komunikasi bersama calon pelanggan akan mampu meningkatkan visibilitas brand-mu di mata pelanggan. Maka dari itu, reach merupakan hal penting agar pelanggan potensial dapat mengetahui lebih dalam mengenai brand atau promosi yang dimiliki serta dapat melakukan komunikasi dengan baik antara brand dan juga pelanggan. Seperti yang kita tahu, bahwa di era serba digital dan modern saat ini, mengetahui minta pelanggan merupakan hal yang sulit karena pelanggan dapat dengan mudah berpindah dari satu konten ke konten lainnya.
Itulah mengapa, pelaku bisnis harus mampu mempertahankan pelanggannya untuk menikmati konten yang disajikan dan tetap membeli produk atau layanan dari brand-mu. Meskipun menetapkan target yang spesifik itu hal yang penting, namun berusaha untuk tetap mengembangkan reach secara lebih luas lagi juga harus bisa dilakukan oleh pelaku bisnis agar lebih maju. Selain itu, hingga saat ini, tren pelanggan yang selalu mengalami perubahan sehingga pelaku bisnis juga harus terus mengikuti perubahan tersebut. Maka dari itu, pelaku bisnis juga harus selalu mampu untuk mengukur tingkat kesuksesan pada strategi yang dilakukannya guna mengetahui apakah strategi yang digunakan selama ini sudah efektif dalam menyampaikan pesan promosi serta mampu menarik pelanggan baru.
Manfaat dalam mengukur reach adalah untuk menilai kesuksesan strategi yang telah digunakan untuk content marketing yang telah dilakukan oleh perusahaan. Ketika konten tersebut belum efektif, maka dibutuhkan evaluasi dan juga perbaikan di dalamnya. Namun, jika hasil dari konten tersebut sudah sangat efektif, maka dapat dilakukan pengembangan terhadap reach yang didapatkan agar bisa semakin luas dan komunikasi bersama pelanggan menjadi lebih efektif. Hal ini juga akan menjaga hubungan antara pelanggan dengan pelanggan.
Berikut manfaat mengukur reach:
1. Menilai Jangkauan Kampanye Pemasaran
Mengukur reach membantu bisnis mengevaluasi seberapa efektif kampanye pemasaran mereka dalam mencapai audiens target. Ini memungkinkan perusahaan untuk melihat seberapa luas pesan atau promosi mereka disebarkan dan apakah pesan tersebut mencapai sasaran yang diinginkan.
2. Mengidentifikasi Potensi Pertumbuhan
Dengan memantau reach, bisnis dapat melihat tren jangkauan dari waktu ke waktu. Informasi ini membantu dalam mengidentifikasi potensi pertumbuhan di pasar, mengetahui apakah jangkauan meningkat atau menurun, serta menyesuaikan strategi untuk memaksimalkan potensi audiens yang dapat dijangkau.
3. Memahami Efektivitas Platform atau Media
Mengukur reach membantu dalam mengevaluasi efektivitas platform atau media yang digunakan. Bisnis dapat mengetahui platform mana yang paling efektif dalam mencapai audiens target mereka dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik ke platform atau saluran yang memberikan jangkauan terbaik.
4. Optimalisasi Pesan dan Konten
Data reach membantu bisnis memahami jenis konten atau pesan apa yang paling efektif dalam menarik perhatian audiens. Dengan mempelajari respons dan tanggapan yang diterima dari berbagai kampanye, bisnis dapat mengoptimalkan pesan mereka untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan.
5. Pengukuran ROI (Return on Investment)
Reach merupakan bagian dari pengukuran ROI dalam pemasaran. Dengan memahami seberapa jauh pesan atau kampanye telah menjangkau audiens, bisnis dapat menilai apakah investasi mereka dalam upaya pemasaran memberikan hasil yang diharapkan atau tidak.
Mengukur reach penting karena membantu bisnis memahami seberapa luas pengaruh dan dampak dari upaya pemasaran mereka. Dengan informasi yang diperoleh dari pengukuran reach, bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan mencapai audiens yang lebih luas secara efektif.
Cara Mengukur Reach
Cara yang dapat digunakan untuk menghitung angka reach adalah dengan membagi nilai impression dan juga frequency. Impression merupakan jumlah konten yang ditampilkan di sosial media. Untuk menghitung angka reach yaitu dengan menjumlah berapa kali suatu konten terekspos pada satu orang pengguna sosial media. Pada beberapa platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram sudah terdapat angka impression yang didapatkan dengan membuka data analitik dari suatu konten yang diposting. Namun, jika angka tidak ditampilkan maka kamu bisa menggunakan rumus berikut ini untuk menghitungnya:
Impression = biaya / (klik per impression/1.000)
Selain itu, untuk menghitung frequency, kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus berikut ini:
Frequency = impressions / jumlah pengguna
Memantau angka reach dan juga impression akan mendapatkan lebih banyak informasi terkait dengan performa iklan dan juga konten yang sudah dibuat. Karena hal ini akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mengetahui effective frequency yaitu berapa kali para pengguna harus melihat sebuah iklan hingga melakukan respon terhadap iklan yang disajikan. Memahami hal ini berdasarkan informasi reach dan impression menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari titik kejenuhan pengguna ketika sudah menonton suatu iklan tersebut beberapa kali. Hal ini dapat menjadi bentuk evaluasi bagi pelaku bisnis untuk menghadirkan iklan yang lebih menarik dan informatif kepada pengguna sosial media.
Nah, itulah pengertian reach yang memiliki peran penting dalam dunia digital marketing. Adanya reach mampu melancarkan strategi marketing bagi pelaku bisnis agar lebih efektif dan juga meningkatkan komunikasi antara pelanggan dan brand. Untuk mempelajari lebih banyak lagi mengenai digital marketing, kamu bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.
Let us know what your brand needed?
we will get back to you.
Content Writer & SEO Specialist