fbpx

Scale Up Bisnis: Srategi Menjalankan Marketing

digibos.id (Scale Up Bisnis) – Menjalankan sebuah bisnis dan mencapai suatu kestabilan yang matang merupakan suatu kebanggan bagi perusahaan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ketika sebuah bisnis berjalan di tempat dan berkembang dengan lambat. Hal ini tentu membutuhkan strategi yang matang agar bisnis bisa berkembang dengan pesat di tengah banyaknya perubahan yang terjadi. Nah, itulah saatnya sebuah bisnis melakukan scale up bisnis. Scale up bisnis merupakan salah satu langkah untuk membuat sebuah bisnis kecil yang kemudian bertumbuh lebih besar, dengan menggunakan sistem yang lebih matang serta profit yang lebih menjanjikan.

Scale Up Bisnis

Pasalnya setiap perusahaan tentu akan tumbuh dari bisnis yang kecil, namun sebagian dari perusahaan berhasil melakukan scale up bisnis yang akhirnya menjadi perusahaan yang sangat besar. Akan tetapi, scale up tidak semudah yang dibayangkan, dalam hal ini pemimpin perusahaan perlu untuk mengenali apakah sebuah bisnis telah siap untuk melakukan scale up dan menentukan sebuah strategi yang tepat agar proses scale up berjalan dengan lancar. Berikut ini pengertian dan strategi lengkap mengenai scale up bisnis.

Pengertian Scale Up Bisnis

Scale up bisnis merupakan suatu langkah yang digunakan oleh perusahaan untuk mempersiapkan serta mendukung pertumbuhan bisnis agar dapat berkembang lebih besar lagi mulai dari sisi sistem, sumber daya, proses, teknologi hingga mitra. Sebuah perusahaan yang sudah siap untuk menjalankan scale up bisnis akan mampu untuk berkembang tanpa terhambat, namun hal ini membutuhkan perencanaan dan juga pendanaan yang tepat.  Pasalnya, metode scale up ini yang digunakan harus mampu mendorong perusahaan mendapatkan sebuah penghasilan yang lebih besar tanpa adanya peningkatan sumber daya dan biaya yang tidak terlalu besar.

Jika disederhanakan, pengertian scale up bisnis yaitu cara yang perlu untuk dilakukan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan target pasar dalam persaingan kompetitor yang semakin ketat. Adapun perusahaan yang siap untuk melakukan scale up adalah perusahaan yang telah memiliki trafik penjualan yang konsisten dan bisa menekan adanya risiko dengan baik namun memiliki keterbatasan sumber daya. Maka dari itu, perlu bantuan dari para ahli di bidangnya untuk memastikan kualitas produk dapat meningkat dan siap untuk bersaing dengan kompetitor.

Fungsi dan Tujuan Scale Up bagi Perkembangan Bisnis

Scale up bisnis memiliki fungsi utama yaitu menjadikan sebuah usaha yang masih berskala kecil mampu berkembang menjadi sebuah bisnis dengan skala yang lebih besar. Hal ini perlu untuk dilakukan agar sebuah perusahaan mampu melipatgandakan keuntungan yang akan berdampak pada kesejahteraan seluruh pelaku bisnis di dalamnya. Selain itu, scale up ini juga penting dilakukan agar sebuah bisnis dapat berkembang dan menghadapi sebuah tantangan penyempitan pasar yang terus menerus terjadi karena kompetitor baru yang terus bermunculan.

Adapun tujuan dalam melakukan scale up bisnis bagi perkembangan yaitu:

  • Meningkatkan pendapatan dan juga keuntungan bisnis.
  • Meminimalisir risiko pengurangan pangsa pasar karena munculnya kompetitor lain.
  • Memperbesar peluang untuk memenangkan dalam persaingan dengan kompetitor.
  • Mempertahankan posisi brand sebagai pemiliki pangsa pasar dalam persaingan bisnis.

Tahapan dalam Scale Up

1. Perencanaan

Tahapan pertama dalam melakukan scale up bisnis yaitu tahapan perencanaan yang merupakan tahapan paling krusial. Hal ini merupakan awal di mana pertimbangan untuk melakukan scale up akan terjadi. Pada tahapan ini terdapat proses diskusi yang melibatka pertimbangan seputar jumlah penawaran yang masuk, langkah pemasaran, dana, sumber daya dan juga sarana yang dibutuhkan.

2. Suntikan Biaya Awal

Setelah tahapan pertama sudah matang, maka pelaku bisnis pun akan membutuhkan suntikan biaya awal atau modal agar proses scale up ini dapat berjalan dengan lancar. Biaya awal ini bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis dari investor atau penjualan aset berharga yang mampu mecukup kebutuhan dalam pengembangan bisnis.

3. Target yang Jelas

Tahapan ketiga dalam melakukan scale up adalah dengan menentukan target yang jelas. Dengan demikian, proses pengembangan bisnis dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. selain itu, target scale up juga harus realistis agar dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi sektor bisnis yang perlu untuk ditingkatkan efektivitas dan kualitasnya.

4. Standarisasi Produk

Dalam melakukan scale up bisnis, perusahaan perlu untuk memastikan kualitas produk agar tetap terjaga. Dalam hal ini jangan sampai bisnis berkembang menjadi lebih besar namun terjadi penurunan kualitas yang signifikan. Pasalnya, nama besar suatu perusahaan dicerminkan dari produk yang dihasilkan. jika kualitasnya terjamin, maka tingkat penjualan pun akan terus meningkat seiring dengan ukuran bisnis yang semakin besar pula.

Strategi Melakukan Scale Up Bisnis

1. Memahami Sistem Bisnis yang Sedang Terjadi

Sebuah sistem bisnis akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan target yang diinginkan. Dalam hal ini, perusahaan dapat mengatur proses dan juga aktivitas bisnis secara lebih terkelola, misalnya untuk anggaran, pendapatan, marketing dan operasional. Selain itu, agar sebuah sistem bisnis senantiasa dapat berjalan mulus dan berkelanjutan, maka perlu melakukan asemen untuk segala aspeknya. Berikut ini beberapa indikator yang dapat digunakan untuk menilai sistem bisnis yaitu:

  • Tingkat konversi penjualan
  • Margin keuntungan perusahaan
  • Anggaran pengeluaran yang diperlukan, misalnya untuk web hosting
  • Proses yang dapat diotomatiskan

Pasalnya, sistem bisnis memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini dengan memprediksi pertumbuhan bisnis, mulai dari angkat penjualan dan juga pelanggan baru hingga pendapatan bulanan, perusahaan dapat menetapkan target yang lebih realistis.

2. Merancang Tujuan yang Jelas

Merancang suatu tujuan yang objektif dalam sebuah proses scale up merupakan hal penting lainnya yang wajib untuk ditetapkan. Nantinya, tujuan ini akan menuntun perusahaan dalam proses pengembangan ke arah yang benar dan fokus pada target utamanya. Dengan demikian, untuk menjaga tujuan scale up bisnis, perusahaan dapat menggunakan konsep SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-bound).

Selain itu, perusahaan juga dapat mencoba untuk membagi target bisnis berdasarkan dengan waktu pencapaiannya, misalnya target jangka panjang dan target jangka pendek. Perusahaan juga dapat menggunakan sistem OKR yang mana dapat membantu untuk memantau dan juga mengukur target yang berhasil diraih.

3. Meningkatkan Operasional

Ketika perusahaan sudah mampu dalam meningkatkan produktivitas dan juga angka penjualan, maka perusahaan dapat memulai dengan melakukan peningkatan dan juga penyempurnaan pada operasional bisnis. Membuat sistem manajem operasi yang baik dan efektif dapat membantu perusahaan dalam memaksimalkan produk, layanan, dan juga mampu memperhatikan pelanggan. Dengan begitu, kualitas produk yang dihasilkan akan lebih terjaga dan juga berpotensi untuk menarik lebih banyak pelanggan.

4. Mengoptimalkan Tingkat Konversi

Tingkat konversi merupakan presentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang diinginkan oleh perusahaan, mulai dari mengklik tombol tertentu, mengisi formulir, hingga melakukan pembelian pada produk atau layanan yang ditawarkan. Sebagian besar website memiliki banyak sekali target konversi dengan angka yang berbeda-beda. Semakin meningkatkan konversi, maka perusahaan akan memperoleh lebih banyak pendapatan, menghemat biaya akuisi dan juga menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Dengan begitu, bisnis akan terus tumbuh secara berkelanjutan.

Itulah pengertian scale up bisnis yang merupakan sebuah strategi dalam menjalanka pemasaran hingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Untuk memahami lebih banyak mengenai konsep bisnis, kalian bisa mengikuti pelatihan digital marketing bersama Digibos dengan menghubungi melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *