digibos.id (Social Media Campaign) – Dalam dunia marketing atau pemasaran, ada banyak sekali strategi dan platform yang dapat digunakan. Terlebih, saat ini sedang marak menggunakan platform digital untuk melancarkan strategi pemasaran di era yang serba digital. Salah satu platform yang digunakan yaitu social media. Hal ini karena banyaknya pengguna social media yang lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan informasi di dalamnya.
Menggunakan social media untuk pemasaran biasa disebut dengan social media campaign yang merupakan salah satu aktivitas digital marketing yang saat ini telah marak digunakan oleh para pelaku bisnis. Secara garis besar, akivitas ini fokus dilakukan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan yang lainnya. Platform-platform tersebut saat ini sangat sering digunakan untuk melancarkan strategi marketing bagi para pelaku bisnis. Hal ini karena informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para pengguna media sosial.
Namun, sebelum membuat kampanye media sosial, perlu untuk memahami definisi dan cara pengaplikasiannya. Berikut ini penjelasan mengenai social media campaign secara lebih detail.
Definisi Social Media Campaign
Social media campaign merupakan suatu kegiatan marketing yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan, mengenalkan brand dan yang lainnya dengan tujuan tertentu dalam periode waktu tertentu. Kampanye media sosial bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan juga engagement dengan target audiens melalui media sosial yang sudah direncanakan sebelumnya. Dalam hal ini, social media campaign biasanya memiliki tema tersendiri yang ditentukan berdasarkan hasil riset yang mendalam sebelum melakukan kampanye. Tema yang digunakan cenderung dibuat relevan dengan target audiens agar target audiens semakin tertaik dengan brand yang melakukan kampanye tersebut.
Dalam melakukan kampanye media sosial, pelaku bisnis tentu membutuhkan riset terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Menentukan target audiens akan memudahkan pelaku bisnis dalam merelevansikan produk atau layanan yang ditawarkan dengan audiens yang membutuhkan hal tersebut. Ini juga memudahkan pelaku bisnis untuk menjaring lebih banyak pelanggan hingga meningkatkan penjualan bagi sebuah brand.
Manfaat Social Media Campaign bagi Bisnis
1. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu manfaat dalam melakukan social media campaign bagi bisnis adalah meningkatkan brand awareness. Pasalnya, pengguna media sosial hingga saat ini terus meningkat dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial untuk melakukan kampanye memiliki berbagai manfaat bagi bisnis. Ini berarti bahwa media sosial merupakan platform yang tepat untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Dengan media sosial, pelaku bisnis dapat memperkenalkan brand secara lebih luas kepada mereka dengan lebih cepat dan mudah untuk dibandingkan menggunakan media konvensional.
2. Menghemat Biaya
Social media campaign merupakan salah satu aktivitas marketing yang tidak terlalu banyak memakan biaya atau dapat menghemat biaya pemasaran. Hal ini karena pelaku bisnis cukup membuat konten-konten yang relevan dan menarik bagi target audiens, maka tidak membutuhkan biaya yang tinggi untuk melakukannya. Pelaku bisnis hanya akan mengeluarkan biaya ketika ingin melakukan pemasaran berbayar atau advertising di media sosial.
3. Meningkatkan Engagement
Fitur yang ada di media sosial mampu untuk membuat pelaku bisnis dan penggunanya dalam berinteraksi secara realtime dan kapan saja. Melakukan interaksi melalu direct massage, komentar ataupun melakukan interaksi lainnya seperti like, share dan lain sebagainya. Ini akan membuat pelaku bisnis membangun hubungan yang kuat dengan target audiens maupun pelanggan. Selain itu, target audiens juga dapat memberikan feedback atas konten yang diunggah.
Jenis-jenis Social Media Campaign
1. Campaign Launching Product
Setiap perusahaan tentu akan melakukan promosi secara gencar ketika sedang merilis produk terbarunya. Melalui kampanye produk, perusahaan lebih fokus terhadap konten yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai produk yang baru dirilis. Hal ini dilakukan agar audiens semakin mengenal dan mengetahui manfaat pada produk tersebut.
Dengan begitu, pelaku bisnis ketika menggunakan jenis kampanye ini, maka dapat memaksimalkannya dengan berkolaborasi bersama influencer media sosial. Eksposur mereka yang lebih luas akan berpotensi dalam menjangkau lebih banyak target audiens sehingga produk tersebut akan semakin dikenal oleh audiens secara lebih luas.
2. User Generated Content (UGC)
Dalam hal ini, pelanggan akan membagikan pengalaman mereka ketika menggunakan produk suatu bisnis. Pengalaman tersebut dibagikan ke media sosial dalam bentuk konten dan dengan mencantumkan tagar tertentu, biasanya nama kampanye. Singkatnya, user generated content ini biasa dikenal dengan testimoni produk, yang mana pelanggan membagikan pengalaman pribadinya ketika menggunakan produk tersebut ke media sosial.
Pada jenis kampanye ini akan menguntungka kedua belah pihak. pasalnya, perusahaan akan mendapatkan konten marketing secara gratis dan mengetahui seberapa efek produknya pada pelanggan secara langsung. Selain itu, pelanggan juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di halaman media sosial perusahaan.
3. Giveaway
Seperti yang diketahui bahwa giveaway merupakan salah satu jenis yang sering digunakan oleh perusahaan. Ini berguna untuk mengikat target audiens dan meningkatkan engagement media sosial perusahaan. Pada jenis ini, hasil yang mudah diukur adalah dilihat dari banyaknya komentar, like, share hingga pengikut yang terus bertambah. Namun, jenis ini memiliki kelemahan yaitu kedatangan audiens yang kurang relevan atau giveaway hunter. Mereka hanya mengincar kesempatan giveaway saja tanpa peduli dengan brand tersebut.
4. Brand Awareness Campaign
Jenis ini merupakan jenis social media campaign yang memiliki tujuan untuk meningkatkan ketertarikan target audiens terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Di sisi lain, kampanye jenis ini juga bertujuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan lama seingga menjaga eksistensi brand. Dengan menggunakan kampanye jenis ini, pelaku bisnis dapat menentukan bagaimana brand dapat tampil di hadapan target audiens. Serta dapat mempengaruhi pandangan target audiens mengenai brand dan juga meyakinkan bahwa mereka akan selalu mengingat brand tersebut.
Cara Merencanakan Social Media Campaign
Mengembangkan Pesan yang Menarik dan Relevan
Membuat pesan yang menarik dan relevan untuk target audiens. Pesan yang disampaikan harus secara jelas , singkat dan mudah diterima oleh audiens. Bisa menggunakan video, gambar ataupun konten visual lainnya.
Gunakan Platform Media Sosial yang Tepat
Banyaknya platform media sosial saat ini, namun memiliki karakteristik dan audiens yang berbeda. Oleh karena itu, gunakan platform yang paling relevan dengan target audiens yang dituju.
Atur Jadwal untuk Posting
Mengatur jadwal untuk posting sangat perlu untuk diperhatikan oleh pelaku bisnis. Namun, pelaku bisnis harus tetap konsisten dalam melakukan posting konten. Ini dilakukan agar target audiens tetap berinteraksi dengan brand.
Itulah penjelasan mengenai social media campaign mencakup definisi, jenis dna juga cara untuk merencanakannya. Dengan memahami social media campaign secara lebih detail, maka strategi yang dilakukan akan lebih potensial bagi bisnis. Hal ini perlu untuk memahami secara lebih detail mengenai digital marketing untuk melancarkan strategi pemasaran sebuah bisnis.
Ikuti pelatihan bersama Digibos untuk meningkatkan pemahaman dan membantu bisnis dalam melancarkan dan meningkatkan penjualan. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.
Let us know what your brand needed?
we will get back to you.
Content Writer & SEO Specialist