Social Media Conversion vs Engagement- Mana yang Lebih Penting?
Dalam dunia digital marketing, media sosial menjadi salah satu alat paling kuat untuk menjangkau audiens. Namun, banyak seringkali saat ingin menilai baik tidaknya suatu campaign yang dibuat harus berpatokan pada social media conversion atau engagement.
Keduanya merupakan indikator keberhasilan kampanye media sosial, tetapi memiliki fokus dan tujuan yang berbeda.
Pada artikel ini akan membahas perbedaan antara engagement dan conversion, serta mana yang lebih penting untuk bisnis.
Apa Itu Social Media Conversion?
Social media conversion adalah usaha yang dilakukan audiens sebagai hasil dari interaksi dengan konten yang telah kamu buat, yang mana biasanya berhubungan langsung dengan tujuan bisnis. Bentuk conversion tersebut meliputi:
1. Pembelian
Membeli produk atau layanan setelah melihat konten.
2. Pendaftaran
Mendaftar untuk webinar, buletin, atau program tertentu yang ditawarkan oleh bisnis mu.
3. Pengunduhan
Mengunduh aplikasi, E-book, atau mengunduh hal lainnya yang menjadi media pemasaran.
4. Permintaan Informasi
Mengisi formulir untuk konsultasi atau untuk melakukan permintaan penawaran.
Mengapa Social Media Conversion Penting?
Conversion secara langsung berhubungan dengan ROI (Return on Investment) dari kampanye media sosial yang telah kamu lakukan.
Meskipun engagement penting untuk membangun hubungan dengan audiens, conversion adalah metrik yang mengukur keberhasilan dalam menggerakkan audiens menuju tindakan yang menghasilkan keuntungan.
Contohnya seperti, sebuah toko online memposting iklan produk dengan tautan ke halaman pembelian. Ketika pengguna mengklik tautan tersebut dan menyelesaikan pembelian, itu dihitung sebagai conversion.
Apa Itu Social Media Engagement?
Social media engagement adalah interaksi yang terjadi antara audiens dengan konten yang telah kamu bagikan di media sosial.
Interaksi ini mencerminkan seberapa baik konten Anda menarik perhatian pengguna. Bentuk dari engagement itu meliputi:
1. Likes
Ditandai dengan icon jempol yang menunjukkan apresiasi terhadap konten.
2. Comments
Komentar atau tanggapan target audience terhadap konten.
3. Shares
Konten yang dibagikan oleh target audience ke jaringan mereka.
4. Clicks
Klik pada tautan (link), gambar, atau video yang dimuat dalam konten.
5. Saves
Konten yang disimpan untuk dilihat kembali suatu saat oleh target audience.
Mengapa Engagement Penting?
Engagement menunjukkan bagaimana audiens merespons konten yang telah kamu bagikan. Tingkat engagement yang tinggi biasanya menunjukkan bahwa konten yang relevan, menarik, dan dapat mendorong loyalitas audiens.
Selain itu, algoritma media sosial seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn cenderung memprioritaskan konten dengan tingkat engagement tinggi, sehingga membantu meningkatkan visibilitas suatu bisnis.
Contoh seperti, sebuah restoran memposting foto makanan spesialnya dan mendapatkan banyak likes, komentar, dan shares. Hal ini menunjukkan bahwa audiens tertarik dengan konten tersebut, bahkan jika mereka belum melakukan pembelian.
Perbedaan Utama antara Social Media Conversion dan Engagement
Secara singkatnya perbedaan antara Social Media Conversion dan Engagement dapat kamu lihat di tabel ini.
Aspek | Engagement | Conversion |
Tujuan | Meningkatkan interaksi dan hubungan | Mendorong tindakan yang menghasilkan hasil bisnis |
Indikator Utama | Likes, comments, shares, clicks | Pembelian, pendaftaran, unduhan |
Fokus Waktu | Jangka panjang (hubungan dengan audiens) | Jangka pendek (hasil langsung) |
Nilai Bisnis | Meningkatkan kesadaran merek | Menghasilkan pendapatan langsung |
Mana yang Lebih Penting untuk Bisnis?
Jawaban atas pertanyaan ini tergantung dari tujuan bisnis yang telah kamu tentukan . Berikut adalah hasil yang akan kamu dapatkan jika mementingkan conversion atau engagement :
Ketika Conversion Lebih Penting
- Menghasilkan Pendapatan Langsung, jika tujuan utama Anda adalah meningkatkan penjualan atau leads, maka conversion adalah metrik utama yang perlu Anda fokuskan.
- Mengukur Keberhasilan Kampanye Berbayar, dalam iklan berbayar di media sosial, seperti Facebook Ads atau Instagram Ads, tingkat conversion adalah indikator keberhasilan yang paling relevan.
Ketika Engagement Lebih Penting
- Membangun Kesadaran Merek (Brand Awareness), jika tujuan Anda adalah meningkatkan eksposur merek dan menarik perhatian audiens baru, fokus pada engagement adalah langkah yang tepat. Engagement membantu menciptakan hubungan emosional dengan audiens.
- Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, audiens yang sering berinteraksi dengan konten Anda cenderung lebih loyal dan menjadi pendukung merek dalam jangka panjang.
Strategi untuk Menyeimbangkan Conversion dan Engagement
Idealnya, bisnis harus memiliki strategi yang seimbang untuk kedua metrik ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencapainya:
1. Buat Konten yang Relevan dan Menarik
Konten berkualitas tinggi dan sesuai dengan behavior dari target audience mu, tidak hanya akan meningkatkan engagement tetapi juga dapat mendorong audiens untuk melakukan tindakan.
2. Gunakan Call-to-Action (CTA)
Tambahkan CTA yang jelas di setiap konten, seperti “Klik tautan untuk membeli sekarang” atau “Daftar untuk diskon eksklusif.”
Buat CTA dengan teknik soft selling dan langsung bisa menyasar apa yang menjadi masalah dari target audience mu.
3. Segmentasi Audiens
Pahami kebutuhan dan preferensi audiens kamu untuk menciptakan kampanye dan konten yang sesuai dengan mereka.
4. Analisis Data
Gunakan alat analitik untuk memantau metrik engagement dan conversion. Identifikasi pola yang membantu meningkatkan kedua aspek ini. Serta buatlah keputusan dan strategi selanjutnya berdasarkan data tersebut.
5 Lakukan A/B Testing
Coba berbagai jenis konten, CTA, atau format iklan untuk melihat mana yang lebih efektif dalam meningkatkan engagement dan conversion.
Jika kamu sudah mengetahui polanya atau sudah menemukan algoritma yang tepat untuk konten mu maka akan lebih mudah untuk merancang strategi selanjutnya.
6.Konsultasi dengan Jasa Agency Penyedia Optimasi Social Media
Jika kamu masih kesulitan untuk memahami bagaimana cara melakukan optimasi pada social media bisnis yang kamu miliki menjadi konversi, maka kamu bisa sepenuhnya untuk menyerahkan management social media bisnis mu kepada Digibos.id.
Social media bisnismu akan dikelola secara profesional dan transparan. Kamu tidak perlu melakukan hal-hal teknik untuk mengelola platform social media bisnismu.
Siap untuk tingkatkan Social Media Conversion mu dan dapatkan lebih banyak pelanggan? Yuk segera konsultasi Di Sini !