fbpx

Social Media Marketing: Seluk Beluk Hingga Strategi untuk Bisnis

digibos.id (Social Media Marketing) – Pada era digital saat ini, keberadaan media sosial tidak hanya bermanfaat untuk bersosialisai atau mencari relasi kepada masyarakat saja. Namun, sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan keberadaan media sosial untuk membantu perusahaan tumbuh secara lebih luas dan dikenal oleh masyarakat serta meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang tertarik dengan potensi social media marketing sebagai salah satu strategi yang digunakan.

Social Media Marketing

Berbeda dengan digital marketing yang mencakup segala upaya pemasaran melalui online seperti SEO marketing dan sejenisnya, social media marketing hanya berfokus pada penggunaan platform media sosial saja. Meskipun keduanya merupakan upaya yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan produk melalui internet, namun keduanya memiliki tujuan dan ruang lingkup yang berbeda.

Pengertian Social Media Marketing

Secara singkat, social media marketing merupakan salah satu upaya pemasaran yang dilakukan melalui media sosial. Social media marketing memanfaatkan pemasaran melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, X dan sejenisnya. Berikut penjelasan lebih detail mengenai media sosial marketing. Umumnya, proses marketing yang dilakukan adalah dengan menggunakan konten. Konten yang dimaksud dapat berupa gambar, video, tulisan atau sejenisnya yang dapat membantu untuk berinteraksi dengan konsumen.

Hubspot menyatakan bahwa social media marketing merupakan sebuah aksi pembuatan konten untuk disajikan ke media sosial. Sedangkan, Neil Patel menyatakan bahwa social media marketing merupakan sebuah proses yang menarik perhatian banyak orang agar terikat dengan konten yang disajikan hingga tertarik untuk mencoba produk perusahaan.

Media sosial akan selalu berhubungan dengan konten yang disajikan. Oleh karena itu, perlu untuk menyajikan konten yang dapat menarik perhatian penonton. Sebab, pada era digital saat ini telah banyak sekali bahkan hampir setiap orang menerima informasi melalui media sosial. Dengan memaksimalkan proses marketing melalui social media akan memberikan banyak dampak terhadap penjualan perusahaan. Karena keberadaan social media saat ini sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, mulai dari gaya hidup, kebutuhan dan yang lainnya.

Melalui social media marketing akan dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas dari berbagai kalangan. Dengan begitu, tentu akan meningkatkan brand awareness perusahaan sehingga penjualan juga akan meningkat karena produk telah dikenal oleh masyarakat. Namun, sama halnya dengan proses digital marketing lainnya, media sosial marketing juga membutuhkan perencanaan, eksekusi, pengelolaan dan evaluasi yang matang hingga berhasil. Prosesnya pun tidak bisa langsung dinikmati dalam waktu dekat. Akan tetapi, strategi pemasaran ini dapat memberikan dampak jangka panjang untuk perusahaan jika prosesnya dilakukan dengan maksimal.

Pentingnya Social Media Marketing bagi Perkembangan Bisnis

Berikut ini peran penting social media marketing bagi perkembangan perusahaan:

1. Menjaring Konsumen dan Menjaga Hubungan Baik

Peran penting yang pertama dari social media marketing adalah dapat menjaring calon konsumen. Menyajikan konten produkmu di sosial media akan membuat calon konsumen mudah menemukan produkmu. Pasalnya, saat ini calon konsumen ketika ingin membeli sebuah produk akan melihat populartiasnya terlebih dahulu di sosial media. Semakin popular produk tersebut, maka calon konsumen akan semakin yakin untuk membelinya. Oleh karena itu, tetap eksis di sosial media akan membantu untuk dapat menjaring calon konsumen lebih luas lagi.

Selain untuk menjaring konsumen, eksis di sosial media juga akan mempertahankan hubungan baik bersama mereka. Karena media sosial merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan cepat dan mudah. Ketika kamu eksis membuat konten di sosial media, konsumen bisa melakukan komentar di postinganmu ataupun bisa menulis pesan secara pribadi di sosial media. Mereka bisa leluasa mempertanyakan tentang produkmu di sosial media dan kamu bisa langsung menjawab pertanyaan konsumen dengan mudah.

2. Mempelajari Strategi Kompetitor - Social Media Marketing

Media sosial sudah menjadi salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, maka dari itu banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk menjaring calon konsumen. Selain perusahaanmu yang menggunakan strategi ini, tentu perusahaan kompetitor juga tengah menjalankannya. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari strategi yang digunakan oleh kompetitor dan bisa digunakan untuk bahan evaluasi bagi perusahaanmu. Coba untuk mempelajari konten-konten apa saja yang digunakan oleh kompetitor sehingga bisa menjaring banyak konsumen.    

3. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan banyaknya pengguna media sosial, maka sebuah produk akan diakui keberadaannya ketika sudah mendapatkan nama di media sosial. Hal itu dapat diraih dengan mengunggah konten di media sosial secara terus menerus hingga mendapatkan perhatian dari penonton. Namun, untuk mendapatkan perhatian tersebut, tentu konten yang disajikan harus kreatif dan menarik agar penonton semakin penasaran dengan perusahaanmu. Semakin sering perusahaan mengunggah konten di sosial media, maka akan semakin diingat oleh masyarakat. Karena platform sosial media saat ini menjadi platform yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat.

4. Meningkatkan Penjualan - Social Media Marketing

Selain meningkatkan brand awareness, tujuan utama dari strategi pemasaran adalah dapat meningkatkan penjualan. Dengan strategi social media marketing, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Hal ini bisa didapatkan melalui penawaran dari perusahaan seperti, promo menarik atau menunjukkan keunggulan produk. Dengan begitu, calon konsumen akan mulai tertarik dengan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyajikan konten-konten yang dapat menarik perhatian calon konsumen serta menonjolkan produk dengan keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

5. Hemat Biaya Promosi

Dibandingkan dengan bentuk pemasaran lainnya, pemasaran sosial media merupakan salah satu strategi pemasaran dengan biaya yang sangat minim. Jika menggunakan strategi pemasaran yang tradisional seperti mencetak baliho, menyebarkan flyer, atau yang sejenisnya, akan mengeluarkan biaya promosi yang cukup mahal, bukan?

Nah, keberadaan media sosial sebagai salah satu bentuk promosi dapat dimanfaatkan dengan baik karena hematnya biaya promosi. Karena untuk meng-upload konten di sosial media tidak dikenakan biaya alias gratis. Kamu hanya akan mengeluarkan biaya ketika konten yang kamu sajikan di-iklankan menggunakan fitur yang disediakan oleh platform media sosial.

Strategi Social Media Marketing

Setelah mengetahui mengenai pengertian dan pentingnya social media marketing bagi perkembangan bisnis. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan strategi tersebut agar maksimal.

1. Riset Konsumen - Social Media Marketing

Sebelum menjalankan social media marketing, kamu harus melakukan riset konsumen terlebih dahulu. Karena kamu harus tahu produkmu cocok untuk siapa dan mengapa mereka membutuhkan produkmu. Jika tidak melakukan riset konsumen, kamu bisa salah sasaran dalam menerapkan strategi social media marketing.

Riset yang dimaksud adalah kamu harus memahami karakteristik calon konsumen, serta apa yang sedang mereka butuhkan. Hal-hal tersebut mengenai umur, permasalahan yang dialami konsumen dan bagaimana kamu memberikan solusi, serta platform apa yang sedang digemari oleh calon konsumen.

2. Menentukan Tujuan Promosi

Setelah mengetahui target pasar dari produkmu, kamu juga harus menentukan tujuan promosi yang akan kamu lakukan. Apakah promosi yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, meningkatkan penjualan atau yang lainnya? Dengan menentukan tujuan dari promosi yang akan dilakukan, akan mempermudah untuk membuat konten yang tepat.

3. Melakukan Riset Kompetitor

Selain melakukan riset konsumen, kamu juga harus melihat bagaimana kompetitor menjalankan strategi pemasarannya melalui sosial media. Dengan melakukan riset kompetitor, kamu akan mengetahui apakah performa strategi yang kamu jalankan sudah lebih baik dari mereka. Jika belum, hal tersebut bisa untuk bahan evaluasi berikutnya serta bisa dikembangkan lebih baik lagi.

4. Menentukan Platform Sosial Media

Setiap media sosial memiliki karakteristik dan pengguna yang berbeda-beda. Misalnya, platform Instagram akan lebih banyak menampilkan gambar beserta tulisan untuk konten-kontennya, sedangkan platform TikTok akan lebih banyak menampilkan video yang menarik untuk penontonnya. Oleh karena itu, sebelum melakukan strategi promosi melalui media sosial kamu harus memastikan platform mana yang akan digunakan agar tidak salah sasaran.

5. Menyajikan Konten yang Menarik

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, hal yang paling utama adalah bagaimana kamu bisa menyajikan konten menarik yang dapat menggaet konsumen untuk membeli produkmu. Konten yang menarik juga harus disesuaikan dengan target pasar serta platform yang digunakan.

6. Menggunakan Fitur Iklan - Social Media Marketing

Setelah membuat konten yang menarik, langkah yang bisa kamu lakukan agar calon konsumen mengerti keberadannmu di sosial media, kamu bisa menggunakan fitur iklan. Fitur ini terdapat di beberapa platform sosial media seperti TikTok Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya. Menggunakan iklan di sosial media akan menjaring calon konsumen secara lebih luas lagi dengan target yang telah kamu sesuaikan. Akan tetapi, fitur ini memerlukan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, perusahaan biasanya menggunakan fitur iklan ketika penjualan perusahaan sedang menurun atau mengalami masalah-masalah lain. Maka untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, fitur iklan ini kadang diperlukan.

7. Mengukur Performa Social Media Marketing

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah melihat dan mengukur bagaimana performa pemasaran sosial media yang telah dijalankan. Terdapat beberapa metrik di platform media sosial yang bisa diukur, diantaranya: impressions, engagement, reach, share dan yang lainnya. Dengan mengukur perform aini, kamu bisa mengetahui apakah konten yang sedang dijalankan berjalan dengan baik atau membutuhkan pembaharuan.

Demikian pemahaman mengenai social media marketing. Social media marketing merupakan salah satu dari beberapa praktik digital marketing yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan secara online. Jika ingin menguasai praktik-praktik lain dalam dunia digital marketing, kini Digibos hadir untuk membantu pemasaran secara online di era digital seperti saat ini. Ikuti pelatihan digital marketing di Digibos yang akan dibantu oleh mentor berpengalaman untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *