Mau Jadi Social Media Officer? Kuasai 8 Tools Ini!

social media officer

Selain harus mempunyai beberapa skill, menjadi Social Media Officer juga harus menguasai beberapa tools untuk mendukung pekerjaannya agar menjadi lebih optimal dan efisien. Artikel ini akan membahas 8 tools yang wajib dimiliki oleh seorang media social officer.

Apa Itu Social Media Officer?

Social Media Officer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan pengelolaan social media dari mulai proses perencanaan strategi konten hingga proses produksi konten di social media. 

Jika kamu orang yang sangat update dengan trend di social media dan senang untuk membuat konten, itu dapat menjadi modal awal untuk berkarir di menjadi social media officer.

Namun jika kamu ingin berkarir menjadi social media specialist dan masih bingung untuk memulai dari mana, kamu bisa mengikuti kelas digital marketing dari Digibos.id.

7 Tools Bikin Pekerjaan Social Media Officer Jadi Optimal dan Efisien

Inilah 7 tools yang wajib dikuasai oleh social media officer :

1. Canva

Canva adalah platform berbentuk website desain grafis yang mudah digunakan dan praktis untuk digunakan, bahkan untuk pemula. Dengan Canva, kamu bisa membuat konten visual seperti poster, infografik, hingga story Instagram dengan cepat karena di dalamnya sudah ada ribuan template design yang tinggal kamu edit sesuai dengan seleramu.

2. Hootsuite

Untuk mengelola banyak akun media sosial, Hootsuite adalah salah satu tools terbaik. Kamu bisa menjadwalkan postingan, memantau performa, hingga menganalisis data dalam satu platform saja.

3. Google Analytics

Jika ingin mengetahui dampak kampanye media sosial terhadap trafik website, Google Analytics adalah tools yang tepat. Tools ini membantu melacak data pengunjung dan perilaku mereka di website.Google analytics merupakan tools gratis dari google.

4. Buffer

Buffer adalah alternatif lain untuk manajemen media sosial. Dengan fitur seperti jadwal posting dan analitik, tools ini sangat membantu pekerjaan Social Media terutama untuk manajemen konten dan statistiknya.

5. Trello atau Asana

Manajemen project sangat penting, terutama jika kamu bekerja dalam tim. Trello dan Asana adalah tools yang populer untuk mengorganisir tugas dan memastikan semua berjalan sesuai jadwal.

Dengan Trello atau asana kamu bisa memantau project yang sedang berlangsung secara realtime, tools ini juga sangat efisien jika kamu mengerjakan project secara team.

6. Keyword Research Tools

Konten di Social media harus mudah di temukan oleh audience sehingga menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi atau kata kunci yang potensial pada setiap konten yang akan dibuat.

Menempatkan kata kunci yang potensial pada konten social media akan mengoptimalkan hasil tayang konten pada mesin pencarian seperti google.

Tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs akan membantumu menemukan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas kontenmu, namun tools tersebut kebanyakan berbayar.

Tapi tidak perlu khawatir karena google pun menyediakan tools serupa yang membantu untuk menemukan kata kunci yang potensial yaitu dengan google keyword planner.

7. Sprout Social

Sprout Social adalah tools lengkap yang menggabungkan fitur manajemen media sosial, analitik, dan customer relationship management (CRM), fitur-fitur yang didalamnya sangat cocok untuk membantu manajemen database dari customer agar dapat mudah untuk melakukan follow up.

8. CapCut

Di era konten video, CapCut menjadi salah satu tools penting untuk editing video secara cepat dan mudah. Kamu bisa menambahkan teks, efek, dan musik dengan sederhana ataupun menggunakan template-template yang sudah tersedia dan siap pakai. Selain itu CapCut sudah dilengkapi dengan beberapa AI yang semakin memudahkan untuk pengeditan konten video.

Itulah 9 tools yang bisa kamu coba untuk menjadi social media specialist menguasai tools-tools di atas tidak hanya mempermudah pekerjaanmu, tapi juga meningkatkan kualitas hasil kerja, dan setiap tools memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing Jadi, mulailah eksplorasi tools ini agar kamu lebih siap menjadi Social Media Officer yang handal!

Mau Jadi Social Media Officer Mulai dari Mana?

Tentunya profesi ini memerlukan pengetahuan tentang digital marketing dari mulai fundamental hingga penggunaan toolnya. Setiap social media memiliki karakteristiknya masing-masing, membuat satu konten di social media A belum tentu disukai dan cocok dengan audience di social media B. 

Kemampuan untuk copywriting pun diperlukan di posisi ini. Bagi pemula belajar digital marketing terasa membingungkan karena tidak tahu harus mulai dari mana. Tapi tidak perlu khawatir.

Kamu bisa memulai perjalan mencapai karir impianmu menjadi social media officer dengan bimbingan dari Digibos.id. Tutor-tutor yang berpengalaman dan handal dapat membantu kamu untuk mempelajari digital marketing lebih cepat. 

Kelas juga tersedia untuk offline dan online, jadi bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kesibukan kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *