Tugas Social Media Marketing Specialist, Tak Cuma Scroll Sosmed
digibos.id (Tugas Social Media Marketing Specialist) – Media sosial kini menjadi tempat atau platform yang diandalkan dan ampuh untuk menjalankan strategi pemasaran. Pasalnya platform pada zaman ini menyediakan banyak peluang dan banyak digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia.
Akan tetapi, penggunaan media sosial untuk marketing tidak semudah hanya posting-posting saja. Karena itu, saat ini hadir profesi yang banyak peminatnya bernama social media marketing specialist. Apa saja tugas-tugasnya? Artikel ini akan membahas lengkap tugas dari seorang marketer media sosial.
Apa itu Social Media Marketing?
Sebelum membahas tugas social media marketing specialist, mari mengetahui marketing media sosial terlebih dulu. Social media marketing adalah salah satu bentuk memanfaatkan platform media sosial untuk promosi produk atau jasa untuk mencapai tujuan pemasaran bisnis. Selain itu, terdapat aktivitas berupa membangun interaksi dengan audiens.
Beberapa platform social media yang umum digunakan untuk marketing adalah Instagram, Facebook, Tiktok. Tak hanya itu, Twitter, YouTube, dan LinkedIn kini juga dimanfaatkan untuk menjalankan strategi tersebut.
Lalu, apa tujuan dari social media marketing?
- Meningkatkan brand awareness.
- Menaikkan trafik dari website.
- Meningkatkan konversi atau penjualan.
- Membangun komunitas dengan pelanggan.
- Membangun engagement atau keterikatan dengan audiens.
Menurut berbagai sumber, social media marketing telah ada setidaknya lebih dari 10 tahun yang lalu dan terus beradaptasi seiring dengan perkembangan teknologi. Kurang lebih bersamaan dengan lahirnya platform-platform media sosial yang kini dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk alias menghasilkan uang.
Apa Saja Tugas Social Media Marketing Specialist?
Misi utama profesi ini adalah mencapai tujuan bisnis dengan cara memanfaatkan kecanggihan media sosial melalui berbagai aktivitas. Tugas seorang social media marketing specialist adalah sebagai berikut.
1. Riset Perilaku Konsumen
Seorang social media marketing specialist harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan audiens atau calon konsumen. Hal ini penting agar kamu dapat mengembangkan strategi yang efektif sehingga apa yang dilakukan tidak sia-sia. Selain itu, riset adalah bentuk adaptasi terhadap perubahan teknologi yang semakin pesat ini.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk riset adalah dengan menggunakan analisis data internal berupa metrik platform. Misalnya Instagram Insight, Twitter Analytics, atau Facebook Insight.
2. Mencari Informasi Terkini
Tugas social media marketing specialist selanjutnya adalah mencari informasi yang terkini. Oleh karena itu seorang marketer ini harus peka terhadap isu-isu up to date yang bisa dijadikan sebagai referensi konten.
Caranya adalah dengan selalu memantau tren atau berita agar tidak ketinggalan. Di antaranya melalui pemantauan hashtag, follow akun brand atau influencer, atau bisa juga dengan memanfaatkan tools yang bisa merekam percakapan online. Misalnya Hootsuite, Sprout Social, dan lain-lain.
3. Merencanakan Desain Konten
Selain merencanakan, tugas social media specialist adalah turut dalam pembuatan konten. Sehingga diperlukan kemampuan seperti copywriting untuk caption agar bisa mengkomunikasikan pesan dengan jelas kepada audiens.
Akan tetapi, social media marketing specialist tidak boleh disamakan dengan desainer grafis. Kemampuan desain hanya menjadi nilai tambah jika kamu ingin terjun dalam dunia digital marketing.
4. Menjalankan Campaign
Membuat campaign plan merupakan tugas social media marketing specialist yang tak kalah penting. Campaign atau kampanye menjadi strategi digital marketing yang efektif karena kini dapat dilakukan di platform media sosial mana saja.
Tahap dalam menjalankan campaign yaitu perencanaan, kreasi konten, pelaksanaan, sampai dengan analisis dan optimasi. Karena itu, seorang marketer ini perlu tahu tujuan campaign, target audiens, serta platform yang digunakan untuk campaign.
5. Mengelola Media Social
Pada bagian ini, mengelola media sosial dilakukan secara lengkap. Mulai dari perencanaan strategi hingga analisis aktivitas yang dilakukan dalam platform.
Tak hanya itu, social media marketing specialist harus saling terkoneksi dengan dengan followers atau audiens. Sehingga engagement rate akan baik, serta algoritma platform akan lebih mudah dalam mengenali akun media sosial perusahaan atau bisnis.
6. Menjadwalkan Konten
Menjadwalkan konten media sosial merupakan tugas social media marketing specialist yang penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar konten yang diposting tidak asal-asalan.
Tips menjadwalkan konten di antaranya yaitu dengan memahami perilaku audiens (apa, jam berapa, hari apa), menetapkan tujuan, membuat kalender konten. Selain itu, tentukan frekuensi posting dan tentukan jenis konten.
7. Posting Konten
Selain merencanakan dan menjadwalkan konten, social media marketing specialist memiliki tugas untuk posting konten. Ini menjadi tugas yang mudah namun harus tetap diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan.
Sebelum posting, jangan lupa untuk meninjau konten dengan cara membaca ulang kembali dan memperhatikan ejaan, tata bahasa, atau tanda baca.Gunakan alat bantu jika diperlukan untuk memastikan konten tidak ada kesalahan. Agar menarik dan sesuai dengan karakter audiens, sesuaikan kembali tone of voice.
8. Social Media Ads
Dalam strategi marketing, penggunaan ads atau iklan juga krusial selain mengandalkan konten organik. Di sini seorang social media specialist wajib tahu bagaimana cara efektif menjalankan iklan di berbagai platform yang digunakan.
Yakni mulai dari perencanaan strategi iklan, proses pembuatan iklan, penyesuaian target audiens, dan pelaksanaan campaign. Setelah ada tugas untuk optimasi campaign serta membuat laporan hasil.
9. Membangun Komunitas
Salah satu tugas social media marketing specialist yang pennting adalah mebangun komunitas. Tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan traffic, impressions,serta followers.
Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat konten yang mengundang audiens untuk berinteraksi dan merespon komentar dengan cepat dan personal. Kamu juga bisa membuat program yang melibatkan partisipasi seperti giveaway atau program customer loyalty.
10. Laporan Kegiatan Social Media
Laporan merupakan hal penting yang harus dikerjakan oleh berbagai profesi, termasuk social media marketing specialist. Adanya laporan bertujuan untuk bahan evaluasi dan pertimbangan ke depannya.
Apa saja yang ada di laporan social media marketing specialist? Salah satunya adalah ringkasan metrik utama, analisis audiens, serta kinerja konten. Agar semakin lengkap, kamu bisa melaporkan seperti kinerja campaign, rekomendasi strategi, dan visualisasi data semacam data atau grafik.
Skill Apa yang Harus Dimiliki?
Dalam menjalankan tugas social media marketing specialist, tentu saja membutuhkan berbagai keahlian untuk menjalankan tanggung jawabnya secara efektif. Ini adalah skill yang harus dimiliki.
- Pemahaman platform media sosial – fitur, dan algoritmanya.
- Komunikasi yang baik – menulis dengan baik, berinteraksi dengan audiens, penyampaian pesan dengan jelas.
- Kreativitas yaitu membuat konten dan visual yang menarik, berpikir out of the box.
- Copywriting – menulis secara persuasif.
- Kurasi konten – memilih, mengatur, dan membagikan konten yang paling menarik.
- Manajemen proyek.
- Analytics thinking.
- Ingin belajar, dan masih banyak lagi.
Dari sekian banyak, tugas social media marketing specialist yang paling penting adalah membangun dan menjaga hubungan dengan audiens. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan bisnis dan marketing. Serta menjadi jembatan antara bisnis (brand) dengan audiens di dunia digital.
Kamu bisa menjadi social media specialist dengan cara belajar dasar-dasar digital marketing secara lengkap di digibos.id. Dapatkan ilmu yang bermanfaat dalam bootcamp dan pelatihan bersama ahlinya.