fbpx

Apa Itu Brand Recall? Kenali Strategi Jitu Brand Diingat Konsumen

Ingin brand Anda selalu diingat konsumen? Pahami apa itu brand recall, contohnya, dan juga indikator penting yang ada didalamnya. Temukan strategi jitu untuk membangun brand recall yang kuat sehingga anda dapat memenangkan persaingan brand dalam dunia pemasaran di era sekarang!

Di dunia bisnis yang penuh dengan persaingan sekarang, brand recall menjadi salah satu kunci untuk memenangkan hati konsumen. Jika konsumen dapat mengingat merek Anda saat mereka memikirkan kategori produk tertentu, maka Anda telah memiliki keunggulan yang lebih besar dibandingkan dengan pesaing Anda. Namun, bagaimana cara yang paling efektif untuk membangun brand recall yang kuat? Bagaimana contoh pengaplikasinya? Apa saja indikator yang perlu diperhatikan?. Mari kita cari tahu apa itu brand recall dan bagaimana brand recall dapat mempengaruhi dunia bisnis di era sekarang.

Apa Itu Brand Recall?

Brand recall merupakan suatu keterampilan pelanggan untuk dapat mengingat merek yang Anda tanpa bantuan dari orang lain. ketika mereka memikirkan kategori produk tertentu. Misalnya, ketika seseorang memikirkan “mie instan,” tentu saja merek yang langsung terlintas di pikiran masyarakat Indonesia ialah Indomie. Itulah salah contoh brand recall yang kuat. Ini berarti merek tersebut memiliki tempat khusus di memori konsumen, membuat mereka lebih cenderung memilih produk dari merek tersebut.

Tujuan utama dari brand recall adalah menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan kategori produk di benak konsumen, sehingga mereka secara otomatis mengingat merek Anda saat mereka membutuhkan produk yang relevan.

Pengaruh Brand Recall Terhadap Sebuah Produk

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, salah satu faktor penting yang menentukan kekuatan sebuah brand adalah brand recall, yaitu kemampuan konsumen untuk mengingat brand Anda ketika mereka membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mengapa brand recall penting? Brand recall memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pemasaran sebuah produk, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Kesadaran Brand

Konsumen yang mengingat brand Anda pasti akan mempertimbangkan produk Anda ketika mereka sedang membutuhkan sebuah produk yang memang mereka ingin gunakan.

2. Memperkuat Loyalitas

Pelanggan yang tahu serta mengingat tentang brand Anda cenderung akan lebih setia dan akan terus membeli produk Anda ketika mereka membutuhkan nya.

3. Mempermudah Proses

Pembelian Konsumen yang mengingat brand Anda akan lebih mudah menemukan dan membeli produk Anda di tengah banyaknya pilihan di pasaran.

4. Meningkatkan Nilai Brand

Brand recall yang kuat dapat meningkatkan nilai brand Anda di mata konsumen, sehingga Anda dapat menjual produk Anda dengan harga yang lebih tinggi.

Indikator Brand Recall

Untuk melihat lebih jauh tentang seberapa kuat brand recall Anda, ada beberapa indikator penting yang dapat Anda pantau untuk mengetahui perkembangannya, diantaranya adalah:

1. Awareness Survey

Cara paling standar untuk mengetahui sekuat apa brand recall dari produk Anda ialah melalui sebuah survei kesadaran brand. Dalam tes survei ini, pelanggan diarahkan untuk menyebutkan merek pertama yang muncul pada otak mereka ketika mereka memikirkan kategori barang tertentu. Semakin sering brand atau merek Anda disebutkan, semakin kuat brand recall Anda.

2. Market Share

ketika pelanggan bisa selalu mengingat brand Anda, mereka cenderung akan lebih sering membeli produk Anda. Hal ini biasanya berhubungan dengan peningkatan pangsa pasar, karena konsumen yang mengingat merek cenderung lebih loyal dan kembali membeli.

3. Customer Engagement

Tingkat interaksi dan keterlibatan konsumen dengan merek Anda di media sosial, kampanye pemasaran, atau program loyalitas juga dapat menjadi indikator brand recall yang kuat.

4. Word of Mouth

Jika konsumen secara spontan membicarakan merek Anda kepada orang lain, ini menunjukkan bahwa merek Anda ada di benak mereka, yang berarti brand recall Anda efektif.

Baca Juga: Rahasia Content Creator Sukses

Brand Recall VS Brand Recognition 

Apa itu Brand Recall Banyak orang sering kali tidak bisa  membedakan antara  brand recall dan brand recognition. Meskipun kedua hal tersebut terkesan hampir sama di dalam ingatan konsumen, ada beberapa perbedaan penting antara keduanya, yaitu:

1. Brand Recall

Perbedaan yang paling dasar dari kedua hal tersebut ialah, kalau brand recall itu merupakan suatu situasi dimana pelanggan mampu untuk mengingat merek Anda tanpa bantuan dari siapapun termasuk dari bantuan visual. Ini menunjukkan kedalaman keterlibatan dan keakraban konsumen dengan merek Anda perkenalkan di pasaran.

2. Brand Recognition

Di sisi lain, brand recognition adalah kemampuan konsumen untuk mengenali merek Anda dengan bantuan visual atau auditif yaitu dimana saat mereka melihat sebuah elemen merek seperti logo, nama, atau slogan. Konsumen mungkin tidak dapat mengingat merek secara spontan, tetapi mereka akan mengenalinya ketika mereka melihatnya. Contoh paling umum adalah ketika Anda melihat logo Apple atau McDonald’s dan langsung mengenali mereknya, meskipun Anda tidak secara aktif memikirkan kategori produk tersebut sebelumnya.

Brand Recall Contoh

Untuk memahami lebih baik mengenai konsep brand recall, berikut merupakan beberapa contoh brand recall dari brand-brand ternama yang ada di Indonesia:

1. Aqua

Sebagai brand air minum dalam kemasan yang dominan, Aqua menjadi pilihan utama bagi banyak orang dan mudah diingat. Aqua memiliki brand recall yang kuat, Ketika Anda merasa haus dan membutuhkan air minum, Aqua adalah salah satu brand pertama yang terlintas di benak masyarakat Indonesia untuk direkomendasikan kepada Anda.

2. Gojek

Sebagai platform transportasi online yang populer, Gojek menjadi pilihan utama bagi banyak orang ketika ingin naik transportasi online dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, Gojek memiliki brand recall yang kuat serta mudah untuk diingat. Ketika Anda membutuhkan transportasi yang cepat dan mudah, Gojek adalah salah satu pilihan utama yang direkomendasikan masyarakat Indonesia untuk Anda gunakan ketika ingin pergi ke mana-mana.

3. Sari Roti

Slogan “Roti Tawar Terbaik” dan kemasan yang khas membuat Sari Roti mudah diingat. Sari Roti, adalah salah satu brand roti tawar yang cukup terkenal di Indonesia, juga memiliki brand recall yang kuat. Ketika Anda membutuhkan roti tawar untuk sarapan atau camilan, Sari Roti adalah salah satu pilihan utama untuk Anda bisa santap di pagi hari.

Strategi Membangun Brand Recall yang Kuat

Dalam meningkatkan sebuah brand recall harus mempunyai strategi yang baik dan efektif. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda diterapkan dalam membangun sebuah brand recall:

1. Brand Consistency

Buatlah pemasaran brand dan merek yang konsisten. Dalam hal ini artinya promosi brand harus selalu sama di berbagai platform, baik itu dari segi warna, logo, maupun tagline dari merek yang Anda pasarkan. Hal tersebut dapat membuat konsumen dapat lebih mudah untuk mengingat brand ataupun merek yang sedang Anda pasarkan.

2. Storytelling yang Kuat

Storytelling dari sebuah merek sangatlah berpengaruh terhadap brand recall . Hal ini dikarenakan ketika merek mempunyai story yang menarik perhatian, dari hal tersebut dapat membuat sebuah merek cenderung lebih mudah untuk diingat. Cerita yang menyentuh emosi atau memiliki nilai sosial bisa membuat konsumen lebih terhubung dengan merek Anda.

3. Frekuensi Iklan

Salah satu cara untuk meningkatkan brand recall adalah dengan meningkatkan frekuensi iklan. Merek yang terus muncul di berbagai media cenderung lebih mudah diingat oleh konsumen.

4. Sponsorship dan Event

Berpartisipasi dalam acara atau menjadi sponsor acara besar dapat membantu merek Anda berada di depan konsumen dalam situasi yang relevan dan diingat dalam konteks yang positif.

5. Program Loyalitas

Membangun program loyalitas yang menarik dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek Anda, sehingga mereka lebih cenderung mengingat dan memilih produk Anda kembali di masa mendatang.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis brand recall merupakan suatu hal yang sangat penting. menunjukkan kedalaman keterlibatan dan keakraban konsumen terhadap merek Anda promosikan, yang dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan membedakan merek Anda dari pesaing. Untuk membangun brand recall yang kuat, Anda perlu menerapkan strategi yang konsisten dan terarah, seperti menjaga konsistensi merek, menceritakan kisah yang kuat, meningkatkan frekuensi iklan, berpartisipasi dalam sponsorship dan event, serta membangun program loyalitas yang menarik. Dengan memantau indikator brand recall seperti survei kesadaran merek, pangsa pasar, keterlibatan pelanggan, dan word of mouth, Anda dapat mengevaluasi seberapa kuat brand recall Anda dan terus mengoptimalkan strategi untuk memastikan merek Anda selalu diingat konsumen di era pemasaran yang semakin kompetitif. Anda dapat cek website digibos.id untuk mengatahui info mengenai digital marketing dan juga artikel menarik lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *