fbpx

Apa itu SEO Specialist? Tugas dan Skillnya untuk Perusahaan

digibos.id (Apa itu SEO Specialist) – Dunia pekerjaan saat ini memiliki banyak sekali istilah sejalan dengan perkembangan zaman. Salah satu jenis pekerjaan yang bergerak di bidang digital marketing ini adalah SEO specialist. Apa itu SEO specialist? SEO atau Search Engine Optimization specialist merupakan pekerjaan yang semakin banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Pasalnya, bidang pekerjaan ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan dan mencapai target penjualan.

Apa itu SEO Specialist

Dengan begitu, tidak heran jika banyak sekali orang yang ingin belajar dan mengembangkan kemampuan sebagai seorang SEO specialist. Lalu, apa itu SEO specialist? Berikut ini tugas dan skillnya untuk perusahaan. Simak ya!

Apa itu SEO Specialist?

Sebenarnya, apa itu SEO specialist? Dan mengapa banyak orang yang ingin mengembangkan kemampuan menjadi seorang SEO specialist?

SEO specialist merupakan sebuah profesi yang berkutat dalam bidang optimasi mesin pencarian atau search engine seperti Google yang bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran perusahaan. Sebagai seorang SEO specialist memiliki tugas untuk melakukan research keywords atau pencarian kata kunci yang sesuai dengan situs perusahaan. SEO specialist juga harus memperhatikan konten dalam sebuah situs, tampilan gambar, hingga rutin untuk melakukan monitor performa situs.

Sebagai seorang SEO specialist dalam perusahaan biasanya dituntut untuk mampu meningkatkan traffic dan ranking pencarian dari sebuah website perusahaan dengan berbagai macam trik atau teknik-teknik SEO. Ini bermaksud untuk meningkatkan brand awareness dan visibilitas website di search engine seperti Google.

Banyaknya perusahaan yang membutuhkan seorang SEO specialist untuk meningkatkan optimasi website perusahaan. Maka, tidak heran jika besaran gaji yang diberikan kepada mereka juga tidak sedikit. Rata-rata gaji SEO specialist adalah besaran Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Hal ini karena mempelajari dan meningkatkan kemampuan untuk seorang SEO specialist juga tidak mudah. Terlebih ketika teknologi yang terus berkembang dan algoritma mesin pencari yang berubah-ubah.

Apa saja Tugas SEO Specialist?

1. Melakukan Analisis Situs Web

Salah satu tugas SEO specialist adalah melakukan analisis situs website. Tugas ini merupakan cara untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi peringkat sebuah website pada mesin pencari. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang akan dianalisis yaitu struktur website, kecepatan, performa serta user experience. Dari identifikasi inilah nantinya yang akan seorang SEO specialist dalam proses pengembangan strategi.

2. Mengembangkan Strategi SEO

Setelah seorang SEO specialist melakukan analisis terhadap situs website, tugas selanjutnya yaitu membuat strategi SEO. Strategi SEO ini dimulai dari pengoptimasian kecepatan website, membuat tampilan website SEO friendly, memilih kata kunci yang akan ditargetkan, membangun link building serta masih banyak lagi. Strategi ini berfungsi untuk menjaga kestabilan peringkat situs web di mesin pencari. Dengan penggunaan strategi yang tepat, maka  peringkat yang didapatkan akan stabil.

3. Melakukan Optimasi Konten

Tugas SEO specialist yang berikutnya adalah melakukan optimasi terhadap konten dengan menggunakan keyword yang relevan dan berdasarkan pada hasil intensi dari pencarian dalam mesin pencari. Dalam hal ini, SEO specialist harus memastikan bahwa sebuah konten pada website yang relevan dengan hasil pencarian serta berkualitas. Melakukan optimasi konten ini dapat berupa pemilihan judul, menambahkan meta deskripsi yang tepat, penggunaan kata kunci pada konten serta struktur internal link.

4. Mengoptimalkan Struktur Website

Sebagai seorang SEO specialist, tugasnya tidak hanya melakukan optimasi konten, SEO specialist juga perlu untuk melakukan optimasi struktur website. Tujuan dalam mengoptimalkan struktur wbsite ini adalah memastikan website dapat di navigasikan dengan mudah, baik oleh user atau juga robot mesin pencari. Proses ini dapat meliputi pembuatan sitemap, mengatur struktur dalam URL yang SEO friendly, penggunaan tag heading dan juga pengorganisasian konten.

5. Memanfaatkan Strategi Backlink

Memanfaatkan dan mengembangkan strategi backlink ini memiliki tujuan untuk membangun otoritas website di mata mesin pencari. Dalam hal ini, seorang SEO specialist akan mencari peluang untuk mendapatkan tautan dari sebuah situs website lain yang masih relevan dengan website yang mereka miliki. Hal ini biasanya teknik yang digunakan adalah guest posting, kerja sama dengan blogger dan juga mencari direktori bisnis.

6. Melakukan Analisis dan Pelaporan

Tugas berikutnya dari seorang SEO specialist adalah melacak dan juga menganalisis strategi campaign SEO yang sudah dijalankan. Dalam tugas ini biasanya akan dibantu dengan menggunakan tools analitik guna memantau traffic, ranking keyword serta tingkat konversi. Dari hasil pemantauan ini kemudian akan dituangkan dalam bentuk laporan yang komprehensif mengenai perkembangan dan juga pencapaian target.

Skill yang Dibutuhkan SEO Specialist untuk Perusahaan

1. Kemampuan untuk Analitik

Seorang SEO specialist diharuskan untuk memiliki kemampuan dalam melakukan analitik, karena kemampuan inilah yang akan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Seorang SEO specialist ini akan melakukan keyword research, situs website, riset kompetitor hingga sampai tren yang sedang berkembang.

2. Menguasai Penggunaan Tools SEO Analytics

Dalam pekerjaan SEO specialist ini juga tidak akan lepas dari penggunaan tools analytics. Tools inilah yang nantinya akan membantu dalam melakukan optimasi SEO. Dengan begitu, akan sangat penting bagi seorang SEO specialist untuk mampu menggunakan SEO ttols analytics seperti Google Analytics, Ahrefs, Semrush, Google Search Console, Ubersuggest dan yang lainnya. Tools ini tentunya juga akan membantu SEO specialist dalam melakukan analisis terhadap website yang kemudian melakukan optimasi situs website.

3. Kemampuan Copywriting

Kemampuan lainnya dari seorang SEO specialist yaitu kemampuan copywriting atau menulis. Kemampuan menulis dalam artikel SEO friendly dibutuhkan untuk membantu mengoptimasi konten dalam situs website. Konten tulisan yang akan ditulisa nantinya harus mudah untuk dipahami, memiliki kata kunci yang ditargetkan, mampu menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan user serta menggunakan teknik-teknik on-page SEO. Hal ini berguna untuk menggaet traffic serta menjaring lebih banyak audiens.

4. Kemampuan Komunikasi

Skill lainnya yang penting untuk dimiliki oleh seorang SEO specialist yaitu kemampuan komunikasi secara lisan maupun tulisan. Kemampuan komunikasi ini akan berguna untuk berinteraksi dengan sesama tim SEO, iklan, developer ataupun blogger yang nantinya akan bekerja sama untuk membangun website yang optimal. Seorang SEO specialist ini harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan konsep serta teknik dengan jelas dan efektif kepada orang yang mungkin tidak atau belum memiliki pemahaman mengenai SEO.

Jadi, apa itu SEO specialist? Singkatnya seorang SEO specialist adalah mereka yang melakukan optimasi terhadap website perusahaan, penulisan konten hingga melakukan optimasi konten. Nah, untuk kalian yang ingin meningkatkan skill menjadi SEO specialist, kalian bisa mengikuti kursus SEO bersama Digibos.

Digibos merupakan perusahaan yang fokus terhadap pengembangan skill digital marketing terutama SEO. Daftar pelatihannya sekarang juga dan jadilah SEO specialist terbaik. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *