fbpx

Cara Kerja SEO untuk Meningkatkan Optimasi Website

digibos.id (Cara Kerja SEO) – SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu upaya yang digunakan untuk mengoptimalkan website agar mudah untuk ditemukan di mesin pencari seperti Google oleh para pengguna. Selain itu, SEO juga merupakan salah satu channel organic yang dapat berkontribusi untuk memberikan impact terhadap bisnis suatu perusahaan. Dalam hal ini, SEO bukan hanya digunakan untuk mencari traffic, namun juga merupakan channel yang menyumbang conversion paling banyak dibandingkan dengan paid channel.

Cara Kerja SEO

Dengan begitu, SEO ini sangat penting untuk perusahaan. Sehingga tidak heran jika saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan SEO campaign. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa SEO dapat diketahui hasilnya secara jangka panjang yang mana bukanlah sebuah channel yang dapat dirasakan secara instan. Lalu, seperti apa cara kerja SEO untuk mengoptimalkan bisnis? Berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara kerja SEO. Simak sampai tuntas!

Sekilas tentang SEO

Sebelum membahasa mengenai cara kerja SEO, perlu diketahui terlebih dahulu sekilas tentang SEO. Secara singkat, SEO merupakan stratagei mengoptimalkan situs web agar mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Tujuan dari strategi ini dilakukan adalah untuk meningkatkan peringkat pada situs web di halaman pencarian, sehingga akan berpotensi untuk mendapatkan traffic dari para pengunjung.

Adapun beberapa teknik dalam proses optimasi SEO, yaitu pemilihan kata kunci yang relevan dengan isi konten, optimasi struktur serta kecepatan website, dan optimasi konten yang sudah ada. Ketiga teknik ini akan berkerja sama untuk menciptakan situs website yang lebih relevan dan sesuai dengan ketentuan mesin pencari. Dengan begitu, SEO ini merupakan suatu bagian penting dari strategi pemasaran online yang efektif. Hal ini karena SEO mampu menjangkau pengunjung yang lebih luas tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan advertising.

Cara Kerja SEO dalam Mengoptimalkan Situs Web

1. Crawling

Cara kerja SEO dalam mengoptimalkan situs web yang pertama adalah crawling. Crawling ini merupakan sebuah proses di mana mesin pencari mengirimkan robot (dikenal sebagai spider atau crawler) untuk menemukan konten baru di sebuah website. Dalam hal ini, crawler akan masuk ke dalam situs web, lalu mengumpulkan setail dari setiap halaman website, termasuk judul, gambar, kaa kunci hingga tautan yang mengarah ke halaman lain.

Pada cara kerja SEO ini, maka SEO akan membantu efisiensi proses crawling dengan cara memperbaiki tautan serta struktur website. Selain itu, juga akan memberikan isyarat kepada mesin pencari untuk melakukan crawling lebih banyak halaman dan mempercepat proses indexing terutama pada konten-konten penting dalam suatu situs web. Dengan begitu, wesbsite akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk menempati urutan teratas dari hasil pencarian.

2. Indexing

Cara kerja SEO yang kedua adalah indexing. Indexing ini merupakan suatu proses mesin pencari menganalisis dan menyimpan data dari suatu halaman web, sehingga dapat tampil dalam hasil perncarian atau dikenal dengan SERP. Ketika melakukan indexing, mesin pencari akan menganalisis beberapa elemen, yaitu struktur website, kata kunci, dan backlink atau tautan dari website lain.

Pada tahap cara kerja SEO ini akan memastikan bahwa struktur website, meta tag, kata kunci dan isi konten telah teroptimasi dengan baik, sehingga proses indexing akan dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Setelah proses indexing selesai, kemudian mesin pencari akan menyimpan halaman-halaman tersebut ke dalam satu database. Lalu tahap terakhir hasil dari proses indexing ini yang akan menjadi penentu peringkat halaman website di SERP.

3. Ranking

Setelah proses crawling dan indexing selesai, cara kerja SEO yang berikutnya akan berfokus pada penempatan peringkat atau ranking situs web. Pada tahapan ini, algoritma mesin pencari akan menilai sebuah halaman web berdasarkan dengan berbagai faktor, antara lain relevansi kata kunci dengan isi konten, kualitas kontes, otoritas situs, kulitas backlink dan ada beberapa faktor lainnya.

Setelah mesin pencari melakukan penilaian, lalu halaman web yang dianggap memiliki kualitas tinggi nantinya akan memiliki potensi untuk muncul di peringkat teratas pencarian berdasarkan dengan query yang relevan dan kata kunci tertentu yang ditulis oleh pengguna. Kemudian, pada tahap ini juga akan bekerja sama dengan cara mengoptimalkan kualitas konten, relevansi kata kunci, backlink dan faktor lainnya yang akan membuat situs web dapat muncul di halaman pertama bahkan ranking pertama hasil pencarian.

4. Calculating Relevancy

Calculating relevancy merupakan suatu proses di mana mesin pencari akan menentukan sejauh mana relevansi halaman web terhadap query atau frasa yang dicari oleh para pengguna. Tahapan ini akan melibatkan SEO untuk beberapa faktor, antara lain:

  • Analisis Kata Kunci: pada faktor ini, mesin pencari akan memeriksa apakah kata kunci yang dicari oleh pengguna terdapat dalam judul, konten, meta deskripsi dan juga URL halaman.
  • Kualitas Konten: Pada proses ini maka akan dilihat apakah situs web telah menyediakan informasi yang bermanfaat dan relevan.
  • Backlink: Backlink atau link dari situs lain dengan otoritas yang lebih tinggi mengarah pada halaman tersebut, namun harus tetap relevan dengan konten yang dibahas.
  • Struktur Website: Faktor selanjutnya yaitu struktur website yang mana penggunaan tag HTML yang tepat seperti penempatan Heading 1, Heading 2 juga akan memengaruhi relevansi konten.
  • Personalisasi: Biasanya, relevansi ini juga dapat dipengaruhi oleh riwayat pencarian pengguna atau lokasi geografis pengguna.

Dari kelima faktor di atas, mesin pencari akan melakukan perhitungan skor relevansi untuk setiap halaman terhadap kata kunci tertentu. Selain itu, faktor-faktor tersebut juga yang akan memberikan pengaruh peringkat suatu halaman web dalam hasil pencarian atau SERP.

5. Retrieving Result

Cara kerja SEO yang terakhir adalah retrieving result. Retrieving result ini merupakan tahap takhir dalam penentuan hasil yang relevan dari suatu halaman web terhadap query yang dicari oleh pengguna. Pada tahap akhir ini, SEO memiliki peran yang cukup penting. Pasalnya, dengan melakukan optimasi kata kunci, backlink dan struktur situs, SEO akan melakukan kerja sama untuk meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian atau SERP.

Pada tahapan ini, SEO juga akan kembali dalam melakukan optimasi beberapa aspek, seperti judul halaman, URL dan meta deskripsi. Ini yang nantinya akan memengaruhi informasi halaman website akan tersaji dalam hasil mesin pencari. Selain itu, SEO juga akan memastikan bahwa situs web telah memiliki UX atau pengalaman pengguna yang baik sehingga memiliki nilai yang berkualitas oleh mesin pencari.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja SEO secara lengkap. Untuk memahami secara lebih dalam mengenai SEO atau Search Engine Optimization, bisa mengikuti pelatihan digital marketing bersama Digibos. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *