fbpx

Cara Membuat Website Bisnis dan Langkah Pembuatannya

digibos.id (Cara Membuat Website Bisnis) – Sebagai pelaku bisnis, terutama yang bergerak di bidang online bisnis. Keberadaan website menjadi poin utama yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis. Ini berguna untuk melancarkan strategi pemasaran yang akan digunakan. Hal ini melihat dari penggunaan internet yang terus meningkat, sehingga calon pelanggan lebih banyak mencari tahu suatu bisnis atau brand melalui media sosial ataupun website perusahaan.

Cara Membuat Website Bisnis

Website perusahaan ini berfungsi untuk menunjukkan kepada target pasar mengenai apa saja produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan adanya website bisnis ini, maka akan memudahkan calon pelanggan untuk mencari tahu tentang sebuah brand. Selain itu, juga dapat melakukan transaksi jual-beli dengan menggunakan website dari pelaku bisnis.

Namun, masih banyak pelaku bisnis yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat website bisnis. Terutama bagi pelaku bisnis pemula yang baru mulai terjun ke digital marketing. Nah, artikel ini akan membahas mengenai cara membuat website bisnis agar mampu bertahan dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. Serta beberapa langkah dalam pembuatannya. Simak ya!

Mengenal Apa itu Website Bisnis?

Website bisnis adalah suatu tempat berupa situs yang dapat digunakan untuk mencantumkan informasi mengenai profil pribadi maupun perusahaan atau bisnis maupun topik-topik menarik lainnya. Secara teknis, keberadaan website ini mengacu pada sebuah kumpulan halaman yang akan terikat satu sama lain pada internet. Halaman-halaman yang tercantum di dalamnya akan dikelompokkan menjadi satu kesatuan dan diberi nama atau alaman online yang unik.

Laman web ini biasanya berisi mengenai informasi-informasi maupun layanan yang tersedia dari suatu bisnis serta produk yang ditawarkan. Informasi yang disajikan dalam bentuk berbeda seperti teks maupun kombinasinya dengan beberapa objek lain seperti gambar, video, audio ataupun animasi. Dalam hal ini, penjual dapat melakukan proses penjualan dengan pembeli secara digital melalui situs web tersebut.

Membuat website bisnis bagi para pelaku bisnis bertujuan untuk memberikan informasi serta layanan melalui situs web kepada calon pelanggan, audiens dan yang lainnya. Fungsi utama dari adanya website binsis ini adalah untuk menyampaikan informasi secara spesifik, relevan serta bermanfaat kepada para audiens atau pengguna dari mesin pencari. Maka dari itu, website difokuskan untuk menyalurkan informasi yang dapat ditindak lanjuti oleh para pengguna seperti tutorial, tips dan trik dalam melakukan atau memperbaiki sesuatu, memberikan edukasi atau materi dan yang lainnya.

Cara Membuat Website Bisnis untuk Pemula

1. Mengenali Komponen Dasar Membuat Website Bisnis

Cara pertama yang dapat dilakukan dalam membuat website bisnis yaitu mengenali komponen dasar dalam membuat website bisnis. Hal ini termasuk pada tujuan pembuatan website itu sendiri, produk atau layanan yang akan ditawarkan, serta informasi yang akan disampaikan di dalamnya. Mengetahui tujuan dari pembuatan website tersebut nantinya akan memudahkan dalam mengoptimalkan website yang sudah ada.

2. Melakukan Registrasi Nama Domain dan Menggunakan Website Builder

  • Pilihlah platform pembuat situs web yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan dapat membantu dalam proses pembuatan situs web. Ada berbagai pilihan platform pembuat situs web yang tersedia, masing-masing dengan kelebihan dan kelemahan sendiri, oleh karena itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih platform yang sesuai.
  • Pastikan sudah memiliki akun untuk platform pembuat situs web tersebut sebelum melanjutkan dengan proses pemilihan nama domain atau registrasi domain. Jika memilih WordPress sebagai platform pembuat situs web, Bluehost bisa menjadi pilihan yang baik.
  • Saat memilih nama domain, pastikan untuk memilih nama yang unik dan relevan dengan konten yang akan disajikan di situs website bisnis.
  • Pilihlah desain dari template yang tersedia yang sesuai dengan preferensi bisnis, dan sesuaikan desain tersebut dengan tema situs web bisnis jika diperlukan. Jika template yang ada masih belum memenuhi ekspektasi, maka dapat melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan.
  • Isi situs web bisnis dengan informasi penting sebagai pengantar kepada pengunjung situs.
  • Sebelum mempublikasikan situs web secara online, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian terhadap situs web yang sudah selesai dibuat.
  • Setelah semuanya siap, maka dapat melakukan publikasi situs web di internet.

3. Membuat Desain Website untuk Bisnis

Cara membuat website bisnis berikutnya dapat dilakukan dengan membuat desain yang mana nantinya akan membantu dalam membuat template. Desain yang dipilih bisa mencari referensi dari website lain atau juga ikut serta dalam menentukannya. Namun, pastikan untuk membuat desain website yang sesuai dengan gaya brand bisnis, sehingga calon pelanggan yang mengunjungi situs web tersebut tidak merasa asing dengan desain yang digunakan. Singkatnya, desain yang digunakan dapat disesuaikan dengan produk atau layanan yang ditawarkan agar calon pelanggan mengetahui apa produk atau layanan yang ditawarkan melalui desain tersebut.

4. Menambahkan Plugin

Plugin merupakan template yang disiapkan untuk membuat website menjadi lebih lengkap. Plugin ini menjalin kerja sama dengan tema website yang akan dipilih untuk menyediakan fungsionalitas yang diinginkan pemilik website. Beberapa diantaranya seperti formulir kontak, filter untuk komentar, maupun alat pengoptimalan mesin pencari atau SEO. Plugin ini dapat ditambahkan dengan mudah pada menus website, namun ada beberapa plugin yang bersifat berbayar.

5. Optimasi dan Membuat Konten

Setelah memiliki website bisnis, hal utama yang penting untuk dilakukan adalah membuat konten di laman situs web dan juga melakukan optimasi. Optimasi situs website ini berguna agar audiens dapat menemukan website bisnis di mesin pencari seperti Google. Membuat konten yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan akan menambah informasi kepada audiens mengenai bisnis yang dijalankan.

Namun, bukan hanya membuat konten saja, melakukan optimasi untuk situs website juga sangat penting dilakukan. Hal ini karena banyaknya pengguna situs web dari para pesaing, sehingga mengharuskan pelaku bisnis untuk dapat berada di halaman utama mesin pencari. Pasalnya, jika laman website berada di halaman pertama, maka akan lebih mudah untuk ditemukan para audiens. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memilih situs web agar berada di halaman utama.

Hal tersebut dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan menggunakan strategi SEO. SEO (Search Engine Optimization) ini berfungsi untuk membantu konten di halaman web agar teroptimasi dan dapat ditemukan di mesin pencari. SEO ini salah satu strategi utama yang harus dipahami oleh pemilik website. Karena ketika membuat konten yang menarik juga memerlukan SEO agar mesin pencari lebih mudah mengetahui konten yang diunggah.

Nah, untuk mempelajari lebih lengkap mengenai SEO. Kalian bisa mengikuti pelatihan SEO bersama Digibos. Digibos akan membantu para pelaku bisnis untuk bisa mulai memasarkan produknya melalui platform digital. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *