fbpx

Mau Jadi Content Manager? Wajib Kuasai 10 Skill Ini!

content manager

Menjadi seorang Content Manager handal tidak hanya memproduksi konten. Posisi ini membutuhkan kombinasi berbagai keterampilan, mulai dari soft skill hingga hard skill. Untuk menjalankan pekerjaan dengan efektif.

10 Skill Wajib Content Manager!

Inilah 10 skill wajib yang harus dimiliki seorang manager content agar tetap sukses dalam dunia digital yang kompetitif.

1. Kemampuan Menulis dan Storytelling

Kemampuan menulis modal utama seorang manager content, karena posisi ini bertanggung jawab membuat konten yang informatif, menarik, dan mudah dipahami. 

Kemampuan Storytelling yang kuat akan membantu audiens terhubung secara emosional dengan konten yang dibuat. Manager content harus bisa penyesuaian gaya komunikasi yang sesuai dengan target audience bisnisnya.

2. Pemahaman SEO (Search Engine Optimization)

Setelah konten dibuat tentunya content tersebut harus mudah ditemukan, tentu skill dasar-dasar SEO harus dikuasai seperti riset kata kunci, optimasi On-Page, atau membuat konten yang ramah di mesin pencarian. Karena dengan pengoptimalan SEO sangat bermanfaat untuk mendatangkan traffic organik pada website bisnis.

3. Kemampuan Analisis Data

Seorang manager content bertanggung jawab untuk membuat strategi dan keputusan, tentunya dalam merancang strategi diperlukan kemampuan analisis data untuk menyimpulkan informasi yang didapatkan.

Ini juga menuntut untuk dapat menggunakan tools analisis seperti google analytic, karena seorang manajer konten harus harus menganalisis engagement rate, bounce rate, konversi, dan lainnya.

4. Manajemen Proyek dan Waktu

Mengelola berbagai proyek konten secara bersamaan memerlukan keterampilan manajemen proyek seperti membuat timeline konten, mengatur deadline, dan mengkoordinasikan tim kreatif.

Ada beberapa tools yang bisa digunakan seperti, Trello, Asana, Monday.com, atau Notion untuk membantu manajemen proyek lebih efisien.

5. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam pembuatan konten, karena konten yang kreatif akan lebih menarik banyak perhatian audience. Seorang manajer konten harus terus berinovasi untuk menciptakan ide-ide konten yang original dan fresh yang sesuai dengan target audience.

6. Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi

Sebagai penghubung antara desain grafis, copywriting, dan tim marketing, komunikasi yang efektif menjadi kunci utama. Komunikasi yang lancar dapat membantu terutama untuk memberikan brief konten yang efektif, memimpin rapat, dan koordinasi dengan tim.

7. Memahami Platform Media Social

Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tentunya  wajib untuk memahami bagaimana kebiasaan audience di setiap platform sosial medianya, trend yang sedang hype, dan konten apa yang harus dimuat untuk setiap platform sosial media.

8. Penguasaan Tools Content Management System (CMS)

Menguasai CMS seperti WordPress atau HubSpot adalah tools penting bagi posisi ini karena perlu memahami cara, mengunggah dan mengedit konten, mengatur navigasi website, mengoptimalkan konten secara teknis. Dengan menguasai tools CMS lebih memudahkan untuk mengetahui keberjalanan konten pada website.

9. Kemampuan Desain Dasar

Meskipun bukan seorang desainer grafis, seorang manajer content perlu memahami elemen desain seperti, membuat visual sederhana menggunakan Canva atau Adobe Spark, memahami pentingnya layout, warna, dan tipografi dalam konten, memberikan arahan desain yang jelas kepada tim kreatif.

10. Adaptasi terhadap Tren dan Teknologi Baru

Dunia konten digital selalu berkembang secara cepat. Seorang manager content harus bisa beradaptasi dengan cepat untuk mengikuti perkembangan teknologi AI dalam pembuatan konten, menerapkan tren konten, seperti podcast atau konten interaktif dan perlu untuk terus belajar melalui kursus atau komunitas profesional.

Mulai dari mana untuk menjadi Content Manager?

Jika kamu ingin menjadi seorang content manager mulailah dari entry level entah itu menjadi content creator ataupun social media specialist, karena jika sudah mencoba menjalani role itu akan lebih mudah melihat peluang-peluang dan menjadi seorang manager content. 

Posisi ini memerlukan beberapa kombinasi keterampilan baik teknis, manajerial, ataupun kreatif, jika sudah memiliki 10 skill di atas kamu akan menjadi seorang manager content yang handal.

Jika kamu ingin belajar beberapa keterampilan untuk menjadi seorang content manager kamu bisa mengikuti pelatihan SEO Specialist, copywriting, dan social media specialist di Digibos.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *