Kemajuan teknologi mempengaruhi lowongan pekerjaan yang tersedia. Pemilik usaha maupun brand owner berlomba-lomba menggaet customer mereka dengan berbagai cara. Salah satunya adalah konten media sosial. Siapa sangka, ternyata pembuatan konten tersebut memerlukan seorang ahli atau profesional yang disebut sebagai Content Planner.
Content planner adalah seseorang yang bertugas untuk membuat perencanaan terkait konten yang akan dipublikasikan. Dalam hal ini, ia biasanya termasuk dalam tim marketing. Konten-konten yang dihasilkan dapat berupa gambar, video, suara, dan lain-lain.
Seorang content planner tentunya tidak bekerja sendiri. Terdapat berbagai profesi lain, seperti content writer, content creator, designer grafis, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, planner adalah seorang perencana, bukan eksekutor. Berikut tugas-tugasnya!
Baca juga: Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
Sebagai perencana, tugas dari perencana konten tidaklah sederhana. Berikut paparannya!
Setiap brand atau perusahaan memiliki jenis audiens yang berbeda. Seorang content planner harus mengetahui dengan baik pihak yang menjadi tujuan pasar mereka. Konten yang sesuai dengan target audiens dapat berpengaruh pada terbangunnya citra yang baik bagi brand atau perusahaan.
Adanya content plan mempermudah dalam proses produksi. Tim lain yang bekerja sama dapat memahami lebih jelas terkait detail dari konten yang akan dihasilkan.
Selain kesesuaian dengan audiens, judul atau topik yang sesuai dengan kemauan pasar pun dapat menjadi salah satu faktor pembantu agar konten tersebut menjangkau pengguna lebih luas.
Dalam membuat rencana konten, content planner membutuhkan alat bantu agar daftar rencana mereka tertata dengan rapi. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan adalah hootsuite, buffer, canva, dan lain-lain. Untungnya, tools tersebut tersedia dalam versi gratis!
Setelah content plan berhasil dibuat, ia memiliki tanggung jawab untuk mengecek secara berkala agar konten yang dihasilkan sesuai dengan jadwal.
Menjadi content planner membutuhkan beberapa skill tertentu yang harus dipelajari. Berikut daftar skillnya!
Seorang perencana konten harus mampu memahami kebutuhan, minat, dan perilaku audiens untuk menciptakan konten yang relevan
Hal ini dibutuhkan untuk merancang strategi yang sejalan dengan tujuan bisnis, sehingga identitas brand tetap sama
Bekerja secara terorganisir dapat membantu kelancaran pencapaian tujuan
Memahami audiens tentunya harus digandeng dengan kemampuan analitis. Tujuannya adalah mengenal secara baik audiens yang menjadi target pasar.
Content planner biasanya bekerja dengan banyak pihak, sehingga membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif.
Memiliki perencana konten dalam tim sama seperti memiliki harta karun yang berharga karena manfaatnya akan sangat banyak. Simak di bawah ini!
Konten yang konsisten dapat berpengaruh pada engagement dan membantu membangun kepercayaan audiens. Dalam kata lain, citra brand pun akan turut terpengaruhi.
Perencana konten juga membantu tim untuk bekerja lebih efisien dengan menghindari pekerjaan dadakan yang dapat merusak jadwal.
Seorang content planner dapat menganalisis data performa untuk memberikan wawasan tentang hal yang berhasil dan perlu dilakukan.
Tim akan dipastikan memiliki pemahaman yang baik atas job desk atau tugas mereka, sehingga menciptakan lingkungan kerja sehat dan harmonis.
Ada hal-hal yang perlu menjadi bahan perhatian apabila ingin berkarir dalam bidang ini. Berikut tipsnya!
Dunia digital yang terus berubah membuat seorang content planner harus mengikuti perkembangan terbaru.
Memanfaatkan alat, seperti Google Sheets, Trello, atau Asana dapat membantu pekerjaan kamu lebih teratur.
Kerja sama yang baik dapat mempengaruhi cara komunikasi. Cara komunikasi dapat menjadi penyebab munculnya konflik. Membangun tim yang solid dapat menghindari konflik-konflik dalam prosesnya.
Selalu menggunakan data sebagai keputusan membuat strategi atau sebagai bahan evaluasi.
Content planner menjadi jasa yang akan sangat membantu dalam perkembangan bisnis. Salah satu penyedia jasa yang terbukti mampu meningkatkan kualitas strategi konten adalah digibos.id.
Dengan tagline-nya sebagai solusi digital terbaik, digibos.id memberikan banyak pelayanan yang dapat membangun bisnismu. Selain perencanaan konten, mereka pun menawarkan jasa pengelolaan media sosial secara menyeluruh.
Kamu dapat berinvestasi dengan menggunakan jasa content planner diigibos.id daripada mengerjakan semuanya sendiri. Jadi jangan buang waktu dan kunjungi digibos.id sekarang.
Baca juga: Relationship Marketing, Strategi Meningkatkan Penjualan