fbpx

Content Planner - Peran Utama dalam Mengelola Strategi Konten

Kemajuan teknologi mempengaruhi lowongan pekerjaan yang tersedia. Pemilik usaha maupun brand owner berlomba-lomba menggaet customer mereka dengan berbagai cara. Salah satunya adalah konten media sosial. Siapa sangka, ternyata pembuatan konten tersebut memerlukan seorang ahli atau profesional yang disebut sebagai Content Planner.

content planner

Pengertian Content Planner

Content planner adalah seseorang yang bertugas untuk membuat perencanaan terkait konten yang akan dipublikasikan. Dalam hal ini, ia biasanya termasuk dalam tim marketing. Konten-konten yang dihasilkan dapat berupa gambar, video, suara, dan lain-lain.

Seorang content planner tentunya tidak bekerja sendiri. Terdapat berbagai profesi lain, seperti content writer, content creator, designer grafis, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, planner adalah seorang perencana, bukan eksekutor. Berikut tugas-tugasnya!

Baca juga: Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tugas

Sebagai perencana, tugas dari perencana konten tidaklah sederhana. Berikut paparannya!

  1. Riset kebutuhan konsumen

Setiap brand atau perusahaan memiliki jenis audiens yang berbeda. Seorang content planner harus mengetahui dengan baik pihak yang menjadi tujuan pasar mereka. Konten yang sesuai dengan target audiens dapat berpengaruh pada terbangunnya citra yang baik bagi brand atau perusahaan.

  1. Membuat content plan

Adanya content plan mempermudah dalam proses produksi. Tim lain yang bekerja sama dapat memahami lebih jelas terkait detail dari konten yang akan dihasilkan.

  1. Menentukan judul atau topik konten

Selain kesesuaian dengan audiens, judul atau topik yang sesuai dengan kemauan pasar pun dapat menjadi salah satu faktor pembantu agar konten tersebut menjangkau pengguna lebih luas.

  1. Merancang kalender konten

Dalam membuat rencana konten, content planner membutuhkan alat bantu agar daftar rencana mereka tertata dengan rapi. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan adalah hootsuite, buffer, canva, dan lain-lain. Untungnya, tools tersebut tersedia dalam versi gratis!

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran rencana konten

Setelah content plan berhasil dibuat, ia memiliki tanggung jawab untuk mengecek secara berkala agar konten yang dihasilkan sesuai dengan jadwal.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Menjadi content planner membutuhkan beberapa skill tertentu yang harus dipelajari. Berikut daftar skillnya!

  1. Pemahaman mendalam tentang audiens

Seorang perencana konten harus mampu memahami kebutuhan, minat, dan perilaku audiens untuk menciptakan konten yang relevan

  1. kemampuan berpikir strategis

Hal ini dibutuhkan untuk merancang strategi yang sejalan dengan tujuan bisnis, sehingga identitas brand tetap sama

  1. Organisasi yang baik

Bekerja secara terorganisir dapat membantu kelancaran pencapaian tujuan

  1. Kemampuan analitis

Memahami audiens tentunya harus digandeng dengan kemampuan analitis. Tujuannya adalah mengenal secara baik audiens yang menjadi target pasar.

  1. Komunikasi yang efektif

Content planner biasanya bekerja dengan banyak pihak, sehingga membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif.

Manfaat Memiliki Content Planner dalam Tim

Memiliki perencana konten dalam tim sama seperti memiliki harta karun yang berharga karena manfaatnya akan sangat banyak. Simak di bawah ini!

  1. Konsistensi konten

Konten yang konsisten dapat berpengaruh pada engagement dan membantu membangun kepercayaan audiens. Dalam kata lain, citra brand pun akan turut terpengaruhi.

  1. Efisiensi Operasional

Perencana konten juga membantu tim untuk bekerja lebih efisien dengan menghindari pekerjaan dadakan yang dapat merusak jadwal.

  1. Pengukuran hasil yang lebih baik

Seorang content planner dapat menganalisis data performa untuk memberikan wawasan tentang hal yang berhasil dan perlu dilakukan.

  1. Pengelolaan tim yang lebih baik

Tim akan dipastikan memiliki pemahaman yang baik atas job desk atau tugas mereka, sehingga menciptakan lingkungan kerja sehat dan harmonis.

Tips Menjadi Content Planner

Ada hal-hal yang perlu menjadi bahan perhatian apabila ingin berkarir dalam bidang ini. Berikut tipsnya!

  1. Selalu update dengan tren industri

Dunia digital yang terus berubah membuat seorang content planner harus mengikuti perkembangan terbaru.

  1. Gunakan tools pendukung

Memanfaatkan alat, seperti Google Sheets, Trello, atau Asana dapat membantu pekerjaan kamu lebih teratur.

  1. Bangun hubungan yang baik dengan tim

Kerja sama yang baik dapat mempengaruhi cara komunikasi. Cara komunikasi dapat menjadi penyebab munculnya konflik. Membangun tim yang solid dapat menghindari konflik-konflik dalam prosesnya.

  1. Fokus pada data

Selalu menggunakan data sebagai keputusan membuat strategi atau sebagai bahan evaluasi.

Tingkatkan Strategi Bisnismu Sekarang!

Content planner menjadi jasa yang akan sangat membantu dalam perkembangan bisnis. Salah satu penyedia jasa yang terbukti mampu meningkatkan kualitas strategi konten adalah digibos.id

Dengan tagline-nya sebagai solusi digital terbaik, digibos.id memberikan banyak pelayanan yang dapat membangun bisnismu. Selain perencanaan konten, mereka pun menawarkan jasa pengelolaan media sosial secara menyeluruh.

Kamu dapat berinvestasi dengan menggunakan jasa content planner diigibos.id daripada mengerjakan semuanya sendiri. Jadi jangan buang waktu dan kunjungi digibos.id sekarang.

Baca juga: Relationship Marketing, Strategi Meningkatkan Penjualan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *