fbpx

Contoh Surat Lamaran Kerja dan Cara Menulisnya

digibos.id (Contoh Surat Lamaran Kerja) – Sebagai seorang freshgraduate yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu ada beberapa dokumen yang harus ditujukan kepada perusahaan untuk mengenalkan dirinya. Salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu surat lamaran kerja. Berikut ini akan kita bahas mengenai surat lamaran kerja, cara menulis hingga contohnya. Simak ya!

Contoh Surat Lamaran Kerja

Penjelasan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting yang digunakan untuk mengekspresikan ketertarikanmu pada suatu lowongan pekerjaan. Di dalamnya berisi tentang profil diri dan menjelaskan bagaimana diri kamu sebagai seorang pribadi dan profesional secara singkat. Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan highlight seperti apa prestasi dan keterampilan yang telah diraih namun harus relevan dengan posisi yang dituju.

Surat lamaran kerja yang akan ditujukan kepada perusahaan melalui HRD (Human Resource Development) yang mana merupakan divisi perekrutan yang akan melihat secara langsung bagaimana surat lamaran kerja yang kamu tulis. Oleh karena itu, penting untuk menulis surat lamaran kerja dengan tepat untuk menarik perhatian HRD saat membaca surat lamaran yang kamu kirimkan. Maka dari itu, surat lamaran kerja yang ditulis harus bisa menjelaskan mengapa kamu lebih unggul dari kandidat lain serta mengapa perusahaan harus mengundang kamu untuk melakukan proses interview.

Dokumen yang digunakan untuk mengekspresikan diri ini juga berperan sebagai media yang dapat menunjukkan kualitas pribadi dan kemampuan diri sebagai seorang yang profesional serta menunjukkan keunggulan dalam diri. Kamu juga bisa menambahkan bagaimana tujuan profesional dan aspirasi diri terkait perusahaan yang dituju.  Penting untuk kamu memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan dan relevan dengan posisi yang dilamar.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa menulis surat lamaran kerja harus tetap relevan dengan posisi yang dilamar serta kebutuhan perusahaan. Misalnya, perusahaan sedang membutuhkan seorang designer untuk melancarkan digital marketing, maka dalam hal ini kamu juga perlu menulis keunggulan diri pada bidang tersebut. Dalam hal ini kamu bisa menunjukkan portofolio designer untuk meyakinkan perusahaan dan membuat kamu unggul dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Jika kamu belum memiliki portofolio atau sertifikat digital marketing, kamu bisa mengikuti pelatihan di Digibos yang menyediakan pelatihan digital marketing secara lengkap dan bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan skill dan menunjang karirmu.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan langkah penting dalam mencari pekerjaan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa surat lamaran kerja harus mampu mencerminkan diri, minat terhadap perusahaan, dan mengapa lebih unggul dari kandidat lainnya. Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, berikut ini langkah-langkah untuk menulis contoh surat lamaran kerja.

No.

Bagian dalam Surat

Penjelasan

1.

Header Surat Lamaran

Sertakan alamat di bagian atas kiri surat lamaran.

Tambahkan tanggal di bawah alamat Anda

2.

Alamat Tujuan

Tuliskan nama, jabatan, dan alamat perusahaan yang akan dilamar di sebelah kanan atas surat.

3.

Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang sesuai, seperti “Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat]” atau “Kepada Yang Terhormat [Nama Penerima Surat].”

4.

Paragraf 1: Pengenalan Diri

Tuliskan siapa diri kamu, posisi apa yang kamu lamar, dan bagaimana kamu mengetahui lowongan tersebut (misalnya, melalui situs web perusahaan atau referensi dari seseorang).

5.

Paragraf 2: Penjelasan Mengapa Anda Cocok

Jelaskan mengapa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut dan posisi yang dilamar.

Tekankan kualifikasi yang relevan dengan pekerjan yang dilamar, seperti pendidikan, pengalaman kerja, atau keahlian khusus yang dimiliki.

Gunakan bukti konkret atau contoh yang mendukung pernyataanmu.

6.

Paragraf 3: Motivasi dan Nilai Tambah

Jelaskan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan.

Bicarakan mengenai visi kamu untuk perusahaan dan bagaimana kamu dapat membantu tujuan mereka.

Sebutkan alasan mengapa kamu percaya bahwa perusahaan tersebut cocok dengan tujuan karirmu.

7.

Paragraf 4: Penutup

Sampaikan kesediaan kamu untuk memberikan informasi lebih lanjut atau menjalani wawancara.

Ucapkan terima kasih kepada penerima surat atau perhatiannya.

Tutup dengan salam penutup yang sopan seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih.”

8.

Tanda Tangan

Berikan ruang untuk tanda tangan fisik di bawah salam penutup

Jika kamu mengirimkan surat melalui email, maka kamu dapat menggantinya dengan nama lengkap.

9.

Lampiran

Jika ada dokumen lain yang perlu disertakan, seperti CV atau portofolio, maka sebutkan dalam surat lamaranmu.

10.

Pengecakan dan Koreksi

Pastikan untuk memeriksa surat lamaran secara seksama, memperbaiki kesalahan tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkannya.

Mintalah seseorang untuk membaca ulang surat lamaran kamu untuk memberikan masukan.

11.

Format Surat Lamaran

Gunakan format surat resmi dengan huruf yang mudah dibaca dan ukuran teks yang standar.

12.

Pengiriman Surat Lamaran

Kirim surat lamaran kamu sesuai dengan instruksi yang tertera pada informasi atau iklan lowongan pekerjaan yang kamu dapatkan.

Jika tidak dicantumkan informasinya, maka kamu bisa mengirimkannya melalui email atau pos.

Perlu diperhatikan bahwa surat lamaran yang kamu tulis sudah mencerminkan motivasi, kualifikasi dan minat dengan jelas. Karena ini adalah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik kepada calon perusahaan. Jadi pastikan untuk menghabiskan waktu yang cukup untuk menyusunnya dengan baik dan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja

[Alamat Anda]

[Tanggal]

 

[Alamat Perusahaan]

[Perhatian: Nama Penerima Surat (HRD)]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

 

Kepada Yang Terhormat [Nama Penerima Surat],

Saya menulis surat ini untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi [Nama Posisi] yang saya temukan melalui [sumber informasi, seperti situs web perusahaan atau referensi]. Saya sangat tertarik dengan [Nama Perusahaan] dan keyakinan saya terhadap visi dan misi perusahaan ini mendorong saya untuk bergabung dengan tim yang luar biasa ini.

Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan posisi [Nama Posisi]. Saya lulus dari [Nama Universitas] dengan gelar [Nama Gelar] dan telah bekerja selama [Jumlah Tahun] tahun di bidang [Bidang Pekerjaan]. Pengalaman saya dalam [sebutkan keahlian atau pengalaman yang relevan] telah memungkinkan saya untuk mengembangkan kemampuan [sebutkan keterampilan yang relevan] yang sangat dibutuhkan dalam posisi ini.

Saya sangat menghargai nilai-nilai [Nama Perusahaan], terutama [sebutkan salah satu nilai perusahaan yang relevan]. Saya yakin bahwa komitmen saya terhadap [nilai tersebut] dan kemampuan saya untuk [sebutkan cara Anda akan berkontribusi] akan membuat saya menjadi aset berharga bagi tim Anda.

Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk membahas lebih lanjut bagaimana latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi saya dapat mendukung tujuan [Nama Perusahaan]. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau menyediakan informasi lebih lanjut yang diperlukan. Saya sangat berterima kasih atas pertimbangan Bapak/Ibu terhadap lamaran ini.

 

Hormat saya,

[Tanda tangan Anda (jika mengirim surat fisik)]

[Nama Lengkap Anda]

[Alamat Email] [Nomor Telepon]

Pastikan untuk menyesuaikan surat lamaran ini dengan informasi pribadimu, kualifikasi, dan perusahaan yang dilamar. Serta selalu pastikan untuk memeriksa kembali tata bahasa, ejaan, dan format agar surat lamaran tampak profesional. Selain itu, penting sekali untuk meningkatkan skill yang kamu miliki agar perusahaan yakin bahwa kamu lebih unggul dari kandidat lainnya.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *