digibos.id (Konten Local SEO) – Mempelajari SEO atau Search Engine Optimization tentunya harus memahami aspek-aspek yang ada di dalamnya. SEO saat ini telah menjadi salah satu alat yang diandalkan ketika ingin mendapatkan audiens gratis dari search engine. Salah satu aspek dalam SEO yang perlu dipahami untuk meningkatkan traffic perusahaan adalah local SEO. Mungkin beberapa perusahaan sudah mulai menerapkan strategi ini, namun tidak sedikit pula yang masih beranggapan bahwa strategi ini tidak terlalu penting dalam keberlangsungan suatu bisnis.
Padahal, saat ini local SEO telah memegang peranan penting untuk mengembangkan bisnis. Hal ini telah dilansir dari Hubspot, bahwa 46% user mencari informasi lokal melalui mesin pencari seperti Google. Dalam artian, sebagai pelaku bisnis tentunya tidak boleh mengabaikan strategi ini.
Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai local SEO dan konten local SEO, jenis dan cara kerjanya, berikut ini penjelasannya. Simak ya!
Local SEO merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk optimasi bisnis atau layanan di pencarian lokal search engine sehingga pelaku bisnis dapat memaksimalkan visibilitas biaya atau layanan tersebut. Local SEO ini dapat dirasakan ketika audiens mencari toko, café, restoran terdekat dengan menggunakan search engine. Misalnya ketika audiens memasukkan kata kunci, seperti “Café aesthetic di Bandung”, “Toko jas hujan terdekat” ataupun yang lainnya.
Telah dilansir dari Hubspot, bahwa 46% pengguna mesin pencari khususnya Google ini telah melakukan pencarian lokal dan sebanyak 79% pengguna mobile yang telah melakukan pencarian lokal berujuang pembelian secara offline. Dengan begitu, adanya optimasi local SEO ini sangat penting untuk mengoptimasi suatu bisnis di mesin pencari. Hal ini dapat membantu para audiens untuk menemukan kebutuhan atau keinginannya dengan mudah.
Setelah mengetahui mengenai local SEO, selanjutnya yaitu konten local SEO. Konten local SEO merupakan konten yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pencarian lokal. Konten local ini dapat berupa artikel teks, video maupun gambar yang dapar muncul di website, halaman landing page, Google Bussiness Profile ataupun dalam postingan YouTube.
Untuk membuat konten local SEO agar terlihat unik dan berbeda adalah dari cara pelaku bisnis dalam merancang sebuah konten, yaitu bagaimana konten dapat ditampilkan secara lebih spesifik di daerah tertentu. Misalnya, ketika seorang pelaku bisnis yang memiliki usaha gym dan ingin memasarkan sesuai lokasi tempat bisnis tersebut berada. Dengan begitu, pengelola bisnis harus membuat konten yang berkaitan dengan gym yang dapat menargetkan kata kunci seperti “Tempat gym Bandung”, ataupun membuat konten-konten rekomendasi tempat gym terbaik, cara memulai olahraga di tempat gym, ataupun yang lainnya.
Dengan cara tersebut, pelaku bisnis dapat menarik kesimpulan bahwa sebuah konten lokal dengan konten biasa akan sangat berbeda dari segi intent maupun cara dalam melakukan perancangan. Di mana konten biasa yang ditujukan kepada para audiens yang lebih umum, sedangkan konten local SEO ini ditujukan kepada audiens yang lebih spesifik yang berada di dekat tempat bisnis berada.
No. | Jenis Konten | Penjelasan |
1. | Konten Peta (Map Content) | Termasuk alamat bisnis, jam operasional, nomor telepon, dan instruksi arah. Konten ini membantu mesin pencari memahami lokasi fisik bisnis dan meningkatkan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian lokal. |
2. | Tulisan Blog Lokal (Local Blog Posts) | Menulis blog tentang berita, acara, atau topik lokal dapat membantu menarik audiens lokal. Ini juga bisa menjadi cara untuk menampilkan pengetahuan tentang daerah setempat dan menarik perhatian calon pelanggan di wilayah tersebut. |
3. | Ulasan dan Testimoni Lokal (Local Reviews and Testimonials) | Meminta ulasan dari pelanggan lokal dan menampilkan testimoni mereka di situs web pelaku bisnis atau platform ulasan seperti Google My Business dapat membantu meningkatkan otoritas bisnis di mata mesin pencari dan calon pelanggan. |
4. | Optimasi Kata Kunci Lokal (Local Keyword Optimization) | Menggunakan kata kunci yang relevan dengan lokasi bisnis dalam konten, termasuk di judul, meta deskripsi, dan konten itu sendiri, membantu mesin pencari memahami bahwa bisnis relevan untuk pencarian lokal. |
5. | Halaman Lokal di Situs Web (Local Landing Pages) | Membuat halaman khusus untuk setiap lokasi bisnis dengan informasi yang relevan seperti alamat, jam operasional, nomor telepon, dan deskripsi bisnis, dapat membantu meningkatkan visibilitas lokal. |
6. | Optimasi Google My Business (GMB Optimization) | Mengoptimalkan profil Google My Business pelaku bisnis dengan informasi bisnis yang lengkap, gambar yang relevan, dan memperbarui secara teratur dengan posting atau berita lokal, dapat membantu bisnis muncul di hasil pencarian lokal dan di Google Maps. |
7. | Peta Interaktif (Interactive Maps) | Menambahkan peta interaktif ke situs web bisnis dengan menandai lokasi bisnis dan tempat-tempat penting lainnya di sekitarnya dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung situs dan meningkatkan otoritas lokal bisnis di mata mesin pencari. |
8. | Konten Media Sosial Lokal (Local Social Media Content) | Posting konten yang relevan dengan komunitas lokal bisnis di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter dapat membantu membangun hubungan dengan audiens lokal dan meningkatkan eksposur bisnis di tingkat lokal. |
Melakukan optimasi terhadap local SEO, mesin pencari seperti Google sudah memberikan beberapa petunjuk dan sinyal peringkat yang dapat diperhatikan secara langsung ketika audiens mencari pencarian lokal. Adapun faktor sinyal peringkat yang dapat berkontribusi ke local SEO, yaitu:
Cara kerja Local SEO melibatkan serangkaian langkah dan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di hasil pencarian lokal. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam cara kerja Local SEO:
Itulah penjelasan secara lengkap mengenai local SEO dan konten local SEO, jenis dan juga cara kerjanya. Untuk memahami secara lebih lengkap mengenai SEO, Anda dapat mengikuti pelatihan bersama Digibos dengan menghubungi contact di bawah ini.
we will get back to you.