fbpx

Mengenal Product Knowledge untuk Meningkatkan Penjualan

digibos.id (Mengenal Product Knowledge) – Untuk melancarkan proses pemasaran suatu produk atau layanan bisnis, memperkenalkan produk terlebih dahulu dengan memberikan pemahaman yang baik mengenai sebuah produk kepada pelanggan merupakan langkah pertama yang mesti dilakukan oleh pelaku bisnis. Pasalnya, proses pemasaran dan penjualan akan sulit untuk dilakukan jika tidak melakukan langkah ini maka akan kesulitan. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis perlu untuk memastikan bahwa produk yang dipasarkan telah memiliki product knowledge yang baik kepada calon konsumen.

Mengenal Product Knowledge

Mengenal Product Knowledge bagi Bisnis

Product knowledge atau pengetahuan produk merupakan sekumpulan informasi mengenai suatu produk bisnis. Dalam artian, segala informasi tersebut berkaitan dengan produk yang dipasarkan sehingga dapat mendorong terjadinya penjualan oleh konsumen. Mengenal product knowledge ini bagi konsumen merupakan segala informasi yang diterima yang berkaitan dengan produk yang akan dibeli, seperti harga, fitur, terminology sehingga memicu keinginan untuk membeli suatu produk tersebut.

Dalam dunia bisnis, product knowledge ini berfungsi sebagai dasar informasi mengenai bagaimana pelanggan mengenal dan dekat dengan produk pada bisnis. Dengan begitu, bagian pemasaran suatu produk harus benar-benar menguasai produk tersebut agar segala informasi dapat disampaikan dan diterima dengan baik oleh calon pelanggan. Hal ini juga dapat meningkatkan brand image atau citra merek suatu produk tetap baik jika menyampaikan product knowledge dengan baik. Menyampaikan segala informasi dengan baik dan konsisten serta sesuai dengan deskripsi sebuah produk, maka akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk pada bisnismu. Ini juga merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan ketika menjalankan proses pemasaran.

Oleh karena itu, sebuah bisnis perlu dan penting untuk mengenali product knowledge dengan baik karena memuat informasi-informasi yang dapat mendorong serta menggugah keinginan calon pelanggan untuk membeli produk yang dipasarkan. Hal ini memudahkan tim bisnis dalam mempresentasikan sebuah produk kepada konsumen. Ketika tim pemasaran mampu menyampaikan informasi produk dengan baik maka akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Selain itu, tim bisnis juga dapat meningkatkan skill dalam penjualannya. Dengan begitu, tim bisnis harus berani menyampaikan segala informasi dengan penuh percaya diri karena semakin detail calon pelanggan mengenal sebuah produk maka akan semakin kuat keinginan mereka untuk membelinya.

Manfaat Mengenal dan Menerapkan Product Knowledge

1. Meningkatkan Skill Komunikasi

Memiliki skill komunikasi yang baik dalam bisnis merupakan hal yang penting untuk menyampaikan serta memahami informasi suatu produk secara tepat dan juga akurat. Akan tetapi, jika seorang tim pemasaran memiliki komunikasi yang kurang baik, maka dikhawatirkan informasi tersebut tidak mampu tersampaikan dengan baik dan bisa terjadi misscomunication. Maka dari itu, dengan memahami product knowledge, tim pemasaran akan mampu melakukan komunikasi yang baik ketika berhadapan langsung dengan calon konsumen, sehingga calon konsumen akan yakin dengan produk yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Brand Image

Sebagai pelaku bisnis tentu menginginkan image perusahaan yang baik dan konsisten di mata pelanggan. Terlebih jika kualitas yang diberikan dalam sebuah produk sudah sangat maksimal untuk diberikan dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, mengetahui lebih dalam mengenai sebuah produk agar dapat disampaikan dengan baik kepada pelanggan merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan brand image. Brand image yang baik dan konsisten akan menjadikan perusahaanmu lebih unggul dari para pesaing.

3. Menumbuhkan Kepercayaan Diri pada Brand

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan mengurangi rasa cemas terhadap produk yang dihasilkan. Ketika tim pemasaran memahami product knowledge dengan baik dan secara detail maka akan meningkatkan rasa percaya diri dalam menjalankan proses pemasaran kepada calon pelanggan. Dengan begitu, akan memperbesar peluang agar produk dapat terjual secara lebih luas lagi.

4. Menumbuhkan Brand Awareness

Manfaat berikutnya dari mengenal dan memahami product knowledge adalah menumbuhkan brand awareness suatu produk. Pasalnya, brand awareness sendiri juga sangat penting bagi bisnis karena calon pelanggan akan cenderung beli sebuah produk dari brand yang sudah dikenalnya. Calon pelanggan akan lebih memprioritaskan sebuah produk dari brand yang sudah tidak asing lagi bagi mereka. Maka dari itu, pada era digital saat ini, pelaku bisnis lebih banyak memanfaatkan sosial media untuk membangun brand awareness yang kuat bagi produk mereka dan menghasilkan kepercayaan konsumen.

5. Meningkatkan Keyakinan dan Kepercayaan Konsumen

Ketika tim pemasaran berhasil membangun persepsi calon pelanggan dan menumbuhkan rasa percaya konsumen terhadap sebuah brandmu, maka akan menumbuhkan rasa ingin membeli kembali atau repurchase yang akan dilakukan oleh konsumen. Selain itu, juga dapat memberikan peluang untuk  brandmu dikenal secara lebih luas lagi oleh calon konsumen lain. Pasalnya, tidak jarang mereka yang merasa puas dengan sebuah produk akan memberikan testimoni yang baik serta memungkinkan mereka untuk mempromosikan produk tersebut kepada orang lain. Hal tersebut bisa menjadi suatu proses promosi gratis yang dampaknya akan baik kepada sebuah brand.

Tips Melakukan Product Knowledge untuk Meningkatkan Penjualan

1. Melakukan Sosialisasi Rutin

Setiap konsumen memerlukan sarana untuk mengenal, mengakui dan juga menyesuaikan diri. Oleh karena itu, tim pemasaran juga harus mengadakan sosialiasi untuk menyampaikan informasi produk secara detail dan mampu memenuhi kebutuhkan kon sumen. Sehingga kebutuhan konsumen dapat diberikan dengan baik dan tepat sasaran serta perusahaan dapat mengikuti keinginan pasar.

2. Memahami Informasi Produk secara Detail

Sebelum melakukan pemasaran dan memberikan pengetahun produk kepada konsumen, pastikan bahwa mampu memahami informasi produk secara detail serta dapat menyampaikan dengan baik kepada calon pelanggan. Ketika tim pemasaran mampu menyampaikan informasi dengan baik seperti karakteristik, manfaat, fungsi, kekurangan dan kelebihan suatu produk secara detail dan terpercaya maka akan memberikan rasa percaya oleh konsumen terhadap produk dari sebuah brand yang dipasarkan.

3. Membuat Strategi Kreatif

Membuat strategi yang kreatif serta terus memantau gerak gerik kompetitor dan juga mengikuti tren yang terus berkembang di internet juga diperlukan oleh tim pemasaran. Hal ini akan bertujuan untuk menumbuhkan ide-ide atas strategi yang kreatif untuk mengembangkan produk agar menjadi yang lebih baik lagi. Pasalnya, product knowledge merupakan suatu poin penting yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis dan disampaikan secara langsung oleh tim pemasaran guna mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan penjualan. Dengan begitu, perusahaan harus memastikan bahwa tim pemasaran memiliki kemampuan dalam menyampaikan product knowledge dengan baik karena memberikan dampak yang cukup besar terhadap suatu bisnis.

Sudah mengenal product knowledge dan manfaatnya bagi perusahaan kan? Sekarang sudah saatnya untuk mengeksekusi hal tersebut guna menjadikan sebuah brand menjadi lebih unggul dibanding dengan kompetitor. Selain itu juga mampu meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan perusahaan. Untuk memahami lebih banyak mengenai pemasaran melalui digital, kamu bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos yang akan mengupas tuntas tips dan trik menjadi unggul dalam pemasaran digital. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *