fbpx

SEO Marketing: Penjelasan Lengkap Strategi SEO untuk Bisnis

digibos.id (SEO Marketing) – Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam menghadapi strategi pemasaran di era digital seperti saat ini. Kinerja SEO yang maksimal akan membantu konsumen untuk menemukan produk/layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, meningkatkan kepercayaan konsumen dengan brand perusahaan, dan berpotensi untu mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan. Pada SEO sendiri, terdapat berbagai macam pendekatan untuk menggunakannya sebagai salah satu strategi pemasaran, serta dapat dipadupadankan dengan aspek pendekatan lain untuk memaksimalkan strategi pemasaran di era digital saat ini.

Pada kesempatan kali ini. Kami akan membahas mengenai SEO marketing. Berikut penjelasannya secara lengkap.

SEO marketing

Apa yang Dimaksud dengan SEO Marketing?

Search Engine Optimization atau SEO memiliki arti yaitu optimasi mesin pencari. Hal ini mengau pada sebuah proses untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas organik di situs web. SEO memiliki fokus untuk meletakkan website atau blog pada halaman pertama mesin pencari Google dengan keyword yang telah ditentukan. Untuk mengoptimalkan kinerja SEO perlu keterampilan dan ketekunan, seperti keterampilan anlisis, strategis dan kompetitif.

Sebuah laman mesin pencari yang susah untuk dipahami dengan berbagai kompetitor yang juga ingin berada di halaman pertama Google, mengharuskan seorang SEO untuk memiliki keterampilan dalam menganalisa dan menentukan keyword terbaik yang dapat digunakan untuk melancarkan strategi. Kebutuhan pasar yang berubah-ubah atau tidak menentu, maka perlu untuk memahami strategi digital marketing yang juga berguna untuk mengoptimalkan kinerja SEO.

Indikator utama, kinerja SEO marketing dapat dikatakan berhasil adalah ketika posisi website dengan keyword tertentu semakin tinggi yang ditemukan pada mesin pencari. Semakin tinggi website tersebut maka akan semakin tinggi lalu lintas organik yang dihasilkan, yaitu semakin tinggi viewers yang mengunjungi website hingga berpotensi untuk membeli produk yang dipasarkan.

Jenis-jenis SEO Marketing

SEO Marketing dibagi menjadi tiga startegi, yaitu SEO On-page, SEO Off-page dan juga Technical SEO. Seperti apa penjelasan dan perbedaannya? Berikut ini akan kita bahas.

1. SEO On-page

SEO On-page merupakan salah satu jenis SEO marketing yang merupakan elemen terbesar dalam pengelolaannya. SEO On-page adalah sebuah cara pengoptimalan yang dilakukan di dalam situs web dan isi kontennya. SEO On-page merupakan aktivitas yang berkaitan dengan mengoptimasi on-page website seperti isi konten, optimasi keyword, internal link dengan artikel yang relevan, optimasi konten artikel maupun visual serta brand awareness perusahaan.

Jenis pendekatan ini sangat penting untuk mengikat konsumen mengunjungi website perusahaan. Biasanya, SEO On-page akan dikelola para digital marketer seperti content writer, SEO Specialist serta content marketing.

2. SEO Off-page

Jika dalam SEO On-page kita yang akan mengendalikan situs web melalui isi konten yang disajikan, maka SEO Off-page ini setengahnya akan dikendalikan oleh mesin pencari. Strategi yang digunakan dalam SEO Off-page ini seperti link building, meningkatkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) atau bisa dengan bekerjasama dengan website lain yang sudah memiliki DA PA tinggi dan dipercaya oleh mesin pencari dengan cara mencantumkan tautan (backlink) yang akan menuju website perusahaan untuk mengenalkan produk. Strategi tersebut dapat digunakan untuk membantu agar website dapat dengan cepat berada di halaman pertama Google.

3. Technical SEO Marketing

Selain SEO On-page dan Off-page, jenis pendekatan ketiga dari SEO marketing adalah technical SEO. Technical SEO ini melihat beberap aspek yang menggambarkan kestabilan sebuah website. Biasanya, teknik ini dikelola oleh web developer, front-end developer dan SEO Specialist. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan UX (User Experience) sehingga pengguna bisa nyaman ketika mengaksesnya. Aspek-aspek penting diantaranya adalah struktur, kecepatan, XML Sitemap, dan tampilan website.

Strategi Mengoptimalkan SEO Marketing

1. Penelitian Kata Kunci (Keyword Research)

Mulai untuk meriset kata kunci yang relevan dengan produk/layanan yang ditawarkan perusahaan. Melakukan research keyword bisa dengan menggunakan SEO tools seperti Google Keyword Planner atau SEMrush yang bisa digunakan untuk mencari tahu apa yang sedang dicari oleh calon konsumen.

2. Optimasi On-Page

Memastikan bahwa setiap halaman di situs website dioptimalkan dengan kata kunci yang relevan. Hal ini termasuk dengan mengoptimalkan judul, deskripsi, URL, meta deskripsi dan isi konten tersebut. Serta memastikan bahwa konten yang ditulis informatif, relevan dan berkualitas tinggi. Hindari menggunakan pemborosan kata kunci yang terlalu berlebihan dan mengoptimalkan dengan SEO friendly.

3. Pengembangan Konten Berkualitas

Membuat konten yang menarik dan bermanfaat agar bisa menarik perhatian pembaca. Konten yang dimaksud bisa berupa artikel, video, infografis atau konten-konten yang lainnya. Selalu up-to-date dengan tren yang terjadi di sosial media namun juga harus sesuai dan relevan dengan produk/layanan dari perusahaan.

4. Link Building - SEO Marketing

Memanfaat kinerja backlink dari situs web yang memiliki kualitas tinggi dan terkait dengan niche perusahaan. Tautan balik dapat membantu untuk meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari.

5. Optimasi Kecepatan dan Pengalaman Pengguna

Memastikan situs web memiliki kecepatan loading yang cepat dan pengalaman pengguna yang baik. Mesin pencari akan mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam peringkat situs web.

6. Optimasi Mobile - SEO Marketing

Memastikan situs web dioptimalkan untuk perangkat mobile. Banyak pencarian sekarang yang dilakukan melalui perangkat seluler oleh calon pelanggan, serta mesin pencari memberikan peringkat yang lebih baik kepada situs web yang responsif terhadap perangkat mobile.

7. Analisis dan Pelacakan

Menggunakan alat analitik seperti Google Analytic untuk memonitor kinerja situs web. Terus memantau perubahan dalam peringkat kata kunci, lalu lintas organic dan konversi. Dengan data yang diperoleh, teruslah mengoptimalkan strategi SEO sesuai dengan kebutuhan.

8. Sosial Media dan Promosi Konten

Salah satu strategi efektif yang dapat dilakukan adalah dengan membagikan konten melalui sosial media dan mempromosikan situs web di platform sosial terkait dengan produk/layanan dari perusahaan.

9. Penyelidikan Pesaing (Competitor Analysis)

Mempelajari strategi pemasaran SEO dari pesaing perusahaan. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang peluang yang mungkin terlewatkan atau perubahan yang perlu dilakukan.

10. Kontinuitas dan Kesabaran

SEO bukanlah jenis pekerjaan yang langsung dapat dirasakan kinerjanya. Strategi SEO merupakan strategi jangka panjang yang kinerjanya membutuhkan waktu, jadi dibutuhkan kesabaran untuk mengoptimalkan situs web agar menjadi lebih optimal di mata mesin pencari.

Selain itu, perlu diingat bahwa algoritma mesin pencari terus berubah. Selalu tetap terinformasi tentang perkembangan terbaru dalam dunia SEO dan siap untuk menyesuaikan strategi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan memahami calon pelanggan, akan membantu meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari dan mengoptimalkan strategi SEO yang digunakan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai SEO marketing beserta strategi pengoptimalannya. Pemasaran di dunia digital marketing saat ini membutuhkan banyak strategi karena kebutuhan pasar yang berubah-ubah. Perlu untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di era disrupsi seperti saat ini agar perusahaan mampu bersaing di dunia digital. Oleh karena itu, saat ini Digibos memahami kesulitan yang terjadi. Digibos menyediakan pelatihan digital marketing untuk meningkatkan visibilitas perusahaan serta mencapai target perusahaan. Jangan ragu untuk menghubungi Digibos demi meningkatkan dan mencapai tujuan perusahaan.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *