digibos.id (Industri Kreatif) – Di Indonesia saat ini telah kehadiran industri kreatif yang semakin marak dengan berbagai macam inovasi baru. Industri kreatif yang berjalan di Indonesia sendiri memiliki fokus pada terciptanya suatu barang atau jasa yang prosesnya mengandalkan keahlian, bakat, kreativitas serta inovasi yang memiliki daya jual yang tinggi. Dengan adanya potensi industri kreatif saat ini yang semakin meningkat pun berpengaruh terhadap perekonomian nasional dan global.
Itulah mengapa hal ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah karena mampu memperbaiki perekonomian. Hingga saat ini, kegiatan ini di Indonesia menjadi tanggung jawab Kemenparekraf. Untuk memahami mengenai industri kreatif secara lebih lanjut lagi. Mari kita bahas melalui artikel ini.
Pengertian Industri Kreatif
Industri kreatif merupakan suatu proses menciptakan sebuah ide dan kreativitas yang dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya hingga nantinya akan menjadikan produk ekonomi. Produk ekonomi ini nantinya diharapkan untuk mendapatkan keuntungan namun tidak mengeksploitasi sumber daya alam secara berlebih.
Harapannya, kegiatan ini akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru yang mampu menyejahterakan masyarakat dan membangkitkan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, kehadiran ekonomi perlu untuk terus dikembangkan agar dapat menjadi salah satu penopang perekonomian bangsa. Jika hal ini terus berkembang maka akan mampu untuk bersaing dengan negara-negara lainnya.
Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia
Potensi industri kreatif di Indonesia erat kaitannya dengan perkembangan ekonomi kreatifnya sendiri, yang telah melibatkan berbagai upaya dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai hasil dari upaya ini, Indonesia saat ini diakui sebagai pelopor dalam industri kreatif global. Ini tercermin dalam pertumbuhan yang signifikan dari sektor ekonomi kreatif Indonesia setiap tahun.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat bahwa Indonesia memainkan peran inisiatif dalam mendorong pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di seluruh dunia. Tahun 2022 diprediksi menjadi periode yang signifikan dan penuh tantangan bagi sektor ekonomi kreatif Indonesia. Ini disebabkan oleh deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menetapkan tahun 2021 sebagai Tahun Internasional Ekonomi Kreatif melalui Resolusi Umum PBB No. 74/198. Selain itu, Indonesia juga memimpin dalam mengusulkan resolusi PBB yang mendukung perkembangan ekonomi kreatif global.
Peningkatan potensi industri kreatif di Indonesia diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi global yang lebih baik. Oleh karena itu, sektor bisnis dan usaha dalam industri kreatif di Indonesia menjadi peluang yang menjanjikan dalam beberapa tahun mendatang.Kemenparekraf juga telah mengkategorikan subsektor ekonomi kreatif menjadi dua kelompok utama, yaitu subsektor unggulan dan subsektor prioritas. Subsektor unggulan mencakup kriya, kuliner, dan fashion, sementara subsektor prioritas mencakup film, animasi, video, musik, serta aplikasi dan pengembangan permainan.
14 Jenis Industri Kreatif
1. Fashion
Sektor produksi pada bagian ini adalah meliputi produksi pakaian, konsultasi gaya, aksesoris hingga pembuatan produk pakaian yang telah dibuat dan siap untuk digunakan. Hingga saat ini, fashion merupakan salah satu yang memiliki pasar yang sangat luas dengan adanya tren yang terus berkembang.
2. Kuliner
Jenis kegiatan industri kreatif berikutnya yaitu kuliner. Kuliner mencakup pembuatan, produksi dan distribusi makanan khas dari daerah tertentu. Kuliner ini merupakan salah satu sektor yang paling menjanjikan karena termasuk dalam kebutuhan primer setiap masyarakat dan memiliki pasar yang luas serta mampu untuk bersaing dengan pasar modern.
3. Kriya
Kriya merupakan salah satu industri kreatif yang meliputi sebuah proses pembuatan kreasi, ide, pembuatan karya hingga mendistribusikan karya yang dihasilkan. Dalam proses pembuatannya, biasanya kriya memanfaatkan sumber daya alam berupa bambu, kayu, rotan, kulit dan lain sebagainya untuk diolah menjadi sebuah karya yang memiliki daya jual tinggi.
4. Fotografi
Seperti yang kita ketahui yaitu fotografi atau seorang fotografer memiliki cakupan segala proses yang berkaitan dengan produksi atau pembuatan foto dari suatu objek tertentu. Mulai dari pengambilan gambar hingga pengeditan yang akan memberikan hasil terbaik kepada pelanggannya.
5. Musik
Musik merupakan salah satu industri kreatif yang potensinya semakin meningkat. Hal ini berkaitan dengan komposisi, kreatif, penulisan, produksi, penciptaan hingga pemasaran dari sebuah karya musik.
6. Periklanan
Periklanan atau advertising merupakan salah satu yang mencakup riset pasar hingga pemasangan dan penyebaran iklan yang dilakukan di berbagai media sosial, media cetak ataupun media elektronik TV. Ini termasuk pada bagian digital marketing yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan produk atau brand awareness.
7. Penerbitan
Penerbitan termasuk ke dalam salah satu subsector industry kreatif yang mencakup segala proses penulisan, percetakan hingga penyebaran produk buku. Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk e-book yang tidak memerlukan penerbitan, akan tetapi menerbitkan buku-buku dalam bentuk fisik masih menjadi salah satu yang diminati oleh banyak kalangan.
8. Film, Animasi dan Video
Film, animasi dan video ini merupakan industri yang berkaitan dengan proses produksi dari suatu gambar yang bergerak dengan memvisualisasikan sebuah karya tulis, mulai dari pengambilan gambar, pengeditan hingga pemasaran karya yang telah dihasilkan.
9. Arsitektur
Arsitektur merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan desain bangunan, perencanaan kontruksi, pengawasan proses pembangunan, hingga konversi sebuah bangunan.
10. Desain Produk
Hampir sama halnya dengan arsitektur, namun berbeda objek yang didesain. Industri ini mencakup segala proses memproduksi produk baru, mulai dari pencarian sebuah ide, rencana, produksi hingga pemasaran desain yang memiliki daya jual tinggi.
11. Seni Rupa
Industri kreatif yang satu ini merupakan suatu hal yang mencakup perdagangan barang-barang bernilai seni yang langka dan unik serta akan memiliki nilai jual yang tinggi.
12. Seni Pertunjukan
Ini berarti memberikan sebuah pertunjukan yang meliputi berbagai penampilan suatu rangkaian cerita, baik dalam bentuk drama yang melibatkan alur cerita, musik dan elemen-elemen lain yang melibatkan proses pertunjukan.
13. Pengembangan Permainan dan Aplikasi
Salah satu industri kreatif yang berkembang pesat seiring dengan perjalanan dna perkembangan dunia digital. Subsektor ini berkaitan dengan pengembangan teknologi seperti pengolahan data, perangkat lunak, perawatan sistem, pembuatan website, pengembangan games dan lain sebagainya yang berkaitan dengan digital.
14. TV dan Radio
TV dan radio merupakan salah satu yang berhubungan dengan kegiatan produksi hingga pengemasan acara TV dan radio, mulai dari penyusunan jadwal, ide program berkualitas, hingga pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas.
Itulah 14 industri kreatif yang ada di Indonesia dan mampu membangkitkan perekonomian serta memiliki peluang untuk membukakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Oleh karena itu, perlu untuk terus memperhatikan dan mempertahankan para industri kreatif di Indonesia yang terus meningkatkan sesuai dengan perkembangan zaman yang ada.
Jika kamu memiliki keinginan tinggi untuk membuka industri kreatif baru namun belum memiliki skill, maka kamu bisa mengikuti bootcamp di Digibos terlebih dahulu sebelum membuka peluang industri kreatif. Daftar bootcamp sekarang juga dan dapatkan potongan menarik!
Let us know what your brand needed?
we will get back to you.
Content Writer & SEO Specialist