fbpx

Apa itu Advertising? Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tips Optimasinya

digibos.id (Apa itu Advertising) – Di era digital saat ini, melakukan pemasaran melalui online menjadi alternatif utama yang digunakan oleh perusahaan atau pengelola bisnis. Melakukan pemasaran digital bisa melalui sosial media, Google, website atau media lainnya. Hal tersebut digunakan untuk memperkenalkan perusahaan serta meningkatkan penjualan perusahaan.

Apa itu Advertising

Dalam hal ini, pemasaran digital ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Pemasaran gratis bisa dilakukan dengan mengunggah konten-konten menarik di sosial media seperti Instagram, TikTok, YouTube, Twitter atau media lainnya yang digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk perusahaan, sedangkan pemasaran digital yang berbayar disebut dengan advertising. Apa yang dimaksud dengan advertising? Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai advertising.

Apa itu Advertising?

Berkaitan dengan strategi pemasaran, maka advertising merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik perhatian pelanggan. Advertising sendiri dilakukan melalui pesan yang ingin disampaikan secara persuasif, bisa dalam bentuk video, copywriting, ataupun gambar yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan begitu, iklan yang akan ditampilkan harus bersifat kreatif dan inovatif agar pelanggan dapat tertarik dan melohat profil perusahaan.

Advertising dapat digunakan untuk komunikasi yang efektif yang dibangun oleh perusahaan kepada calon konsumen atau pelanggan. Ada berbagai saluran komunikasi yang dapat digunakan untuk melakukan periklanan, seperti media cetak, televisi, online advertising, product placement dan juga iklan outdoor yang bertujuan untuk mempengarui sikap, memicu kesadaran dan memicu tindakan yang akan dilakukan calon pelanggan.

Jenis-jenis Advertising

1. Iklan Elektronik (Televisi)

Tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis iklan yang pertama ini. Iklan televisi sedari dulu hingga saat ini menjadi iklan paling populer yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan promosi. Iklan televisi ini banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk menjaring calon konsumen dan memilih produk atau layanan yang ditawarkan. Jarang sekali perusahaan pemula atau startup menggunakan media iklan televisi karena biayanya yang cukup mahal.

2. Iklan Online

Iklan online saat ini sudah hampir mengalahkan iklan televisi. Pasalnya, iklan online dengan biayanya yang terjangkau dan dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan pemula. Iklan online biasanya diciptakan melalui sosial media, website, Google dan yang lainnya. Saat ini, iklan online menjadi salah satu cara paling efektif yang digunakan untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan penjualan.

Iklan online menjadi alat paling efektif yang digunakan saat ini. Sebab penggunaannya yang mudah, biayanya yang terjangkau dan dapat diakses oleh lebih banyak calon konsumen. Pasalnya, iklan online dapat ditentukan sendiri oleh perusahaan, seperti target pasar yang diharapkan, budget, dan wilayah yang ingin dituju.

Akan tetapi, ada pula kerugian dari iklan online, yaitu ketika iklan yang dihadirkan tidak dapat menarik perhatian calon konsumen, maka iklan-mu tidak akan diklik. Selain itu, pesan yang ingin disampaikan juga mungkin tidak dapat diterima dengan baik oleh pelanggan. Permasalahan iklan yang tidak diklik ini mengharuskan penyedia iklan untuk membayar iklan-nya yang biasa disebut dengan cost per click.

Iklan online yang banyak digunakan saat ini adalah Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, YouTube Ads dan yang lainnya.

3. Media Cetak

Jenis iklan yang berikutnya adalah media cetak. Iklan yang menggunakan media cetak seperti koran, majalan atau yang lainnya sudah sedikit dilupakan oleh masyarakat. Pasalnya, masyarakat lebih suka membaca dan mecari informasi melalui handphone dibanding koran. Meskipun begitu, masih ada perusahaan yang menggunakan jenis iklan ini untuk mempromosikan produk atau layanannya. Biasanya perusahaan lokal yang menggunakan jenis iklan ini.

4. Product Placement

Jenis iklan keempat yaitu product placement. Jenis iklan ini sedikit unik yang biasanya muncul di sela-sela film, sinetron atau berbagai konten yang lain secara diam-diam. Jenis iklan ini merupakan jenis iklan tersembunyi yang diiklankan melalui sebuah adegan di dalam konten dalam bentuk fisik, sehingga tidak dijelaskan secara detail.

5. Iklan Outdoor

Jenis iklan yang terakhir yang dapa digunakan untuk memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan yaitu iklan outdoor. Iklan ini biasanya ditampilkan di sepanjang jalan dengan media billboard. Hingga saat ini, iklan billboard masih sering digunakan untuk menjangkau calon konsumen.

Fungsi dan Manfaat Advertising bagi Pelaku Bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan awal dari periklanan adalah agar calon konsumen mengenal dan meningkatkan kesadaran merek perusahaan. meningkatkan brand awareness suatu perusahaan melalui periklanan dapat dilakukan dengan menghadirkan iklan yang kreatif sehingga mampu untuk menarik calon pelanggan yang potensial. Terlebih ketika melakukan periklanan, perusahaan dapat menentukan karakteristik calon konsumen yang cocok dengan produk atau layanannya, seperti umur, wilayah tempat tinggal dan yang lainnya.

2. Memperluas Pasar

Setelah perusahaan mampu meningkatkan kesadaran merek, menggunakan advertising dapat menjangkau pasar atau calon konsumen yang potensial untuk membeli produk yang ditawarkan. Adanya fitur iklan yang dapat menjangkau wilayah yang dipilih, dapat digunakan oleh perusahaan dalam melakukan periklanan dan menjamah wilayah yang belum mengenal produk sebelumnya. Dengan begitu, melalui kegiatan ini akan memperluas jangkauan pasar bagi perusahaan.

3. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari advertising adalah mampu membuat calon konsumen menjadi pelanggan. Seluruh strategi marketing yang digunakan oleh pelaku bisnis akan bertujuan akhir untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target penjualan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan market analyst terlebih dahulu sebelum melakukan advertising agar mampu mengelola calon konsumen yang potensial untuk produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Market analyst digunakan untuk menentukan sasaran calon konsumen yang tepat yang sedang membutuhkan merek dari perusahaan.

4. Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Kegunaan lain dari advertising adalah menciptakan kepercayaan pelanggan dan menciptakan citra positif  terhadap perusahaan. Ketika perusahaan mampu menciptakan iklan yang kreatif dan menarik, maka pelanggan akan percaya sehingga melakukan repurchase terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, kepercayaan pelanggan juga bisa memperluas pasar. Hal ini dapat terjadi ketika pelanggan merasa puas dengan merek perusahaan, kemudian merekomendasikan merek tersebut ke sekitarnya. Kegiatan tersebut akan berdampak besar pada perusahaan.

Tips Optimasi Advertising Perusahaan

1. Merancang Strategi Periklanan

2. Melakukan Action Advertising

Demikian penjelasan advertising secara lengkap hingga tips optimasnya. Jadi, apa itu advertising? Secara singkat, advertising merupakan bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Advertising merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness hingga mencapai target penjualan. Peran iklan dalam sebuah perusahaan sangat penting sehingga perlu untuk dilakukan pemahaman lebih dalam sebelum melakukan advertising.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai digital marketing di era saat ini. Kamu bisa mengikuti bootcamp digital marketing yang telah disediakan oleh Digibos untuk membantu meningkatkan dan mencapai tujuan perusahaan. Jangan ragu untuk menghubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *