fbpx

Cara FYP di TikTok: Konten Viral Menggunakan Algoritma Terbaru

digibos.id (Cara FYP di TikTok) – Era digital saat ini memicu setiap orang untuk berebut panggung di sosial media. Sudah banyak yang memanfaatkan berbagai platform sosial media untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Pasalnya, sosial media hingga saat ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Semua orang dapat mencari dan memberikan informasi melalui sosial media.

Cara FYP di TikTok

Ada berbagai macam platform sosial media, salah satu aplikasi yang trend dan sangat digemari saat ini adalah TikTok. TikTok merupakan aplikasi video pendek yang menyajikan berbagai macam hiburan. Aplikasi ini juga memberikan ruang kepada penggunanya untuk membuat video-video pendek yang kreatif melalui smartphone dengan durasi maksimal hingga 5 menit. Pada aplikasi TikTok sendiri, banyak istilah yang digunakan, salah satunya adalah FYP. Banyak pengguna yang mengejar agar bisa FYP di TikTok. Berikut ini penjelasan mengenai FYP dan cara untuk FYP di TikTok.

FYP itu Apa?

FYP adalah singkatan dari ‘for your page’ yang artinya adalah halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang muncul pertama kali ketika membuka aplikasi. Biasanya pada halaman ini ada banyak sekali rekomendasi video untuk ditonton. Video-video yang diproduksi oleh pengguna TikTok menjadi viral biasanya berisi hiburan, komedi, edukasi atau yang lainnya. Itu sebabnya banyak pengguna yang ingin videonya FYP atau viral dan dikunjungi oleh banyak pengguna.

Halaman FYP berbeda dengan halaman following. Karena pada halaman following ini biasa muncul video dari teman yang kita ikuti. Kalau halaman FYP di TikTok, munculnya video dari orang-orang secara random berdasarkan kepopuleran dan algoritma tertentu yang mengakibatkan video apapun dapat muncul di halaman FYP TikTok.

FYP TikTok tidak selalu sesuai dengan minat kamu, misalnya ketika kamu suka berolahraga, maka tidak menutup kemungkinan FYP TikTok memunculkan kuliner atau hal lainnya. Untuk bisa FYP di TikTok memang sedikit sulit, maka harus ada treatment yang digunakan untuk bisa mencapainya. Berikut ini cara FYP di TikTok.

Cara FYP di TikTok

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa menaklukan algoritma TikTok yang dapat menjadi kunci sukses pengguna yang telah memproduksi sebuah video yaitu ketika bisa masuk di halaman FYP dan ditonton oleh banyak pengguna lain. Algoritma TikTok memiliki perbedaan dengan platform sosial media lainnya, tetapi jika kamu memahami caranya, maka mampu untuk membantu meningkatkan engagement video yang telah di unggah. Berikut ini berbagai tips yang bisa digunakan untuk menaklukan algoritma TikTok.

1. Prime Time

Ketika menunggah video di TikTok, pastikan untuk memilih waktu yang tepat, yang mana pengguna lain sedang banyak mengaksesnya. Ada beberapa prime time TikTok atau jam ramai yang digunakan untuk membantu menaikkan konten agar FYP. Berikut ini jadwal mengunggah konten di TikTok agar cepat FYP.

Senin

14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB

Selasa

10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB

Rabu

11.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB

Kamis

06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB

Jumat

16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB

Sabtu

06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB

Minggu

03.00 WIB, 18.00 WIB,19.00 WIB

Waktu-waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan konten yang akan diunggah. Mengunggah di waktu yang tepat atau biasa disebut prime time akan mempermudah konten ditonton oleh banyak pengguna, karena di jam tersebut pengguna lebih banyak menghabiskan waktu untuk scroll TikTok.

2. Membuat Konten yang Menarik

Menyajikan konten yang menarik bukan berarti harus berbeda dengan pengguna lain. Konten dapat dikatakan menarik ketika mampu menjaring penonton dan meningkatkan engagement pada video yang diunggah dengan memastikan kualitas video dan bobot video. Pengguna TikTok lebih tertarik dengan konten-konten ringan berisi komedia, karena banyak pengguna TikTok yang memanfaatkan aplikasi ini untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja.

Maka dari itu, usahakan untuk menciptakan konten yang lucu, unik dan original yang bisa memberikan rasa puas bagi penonton. Konten yang menarik akan menjaring penonton untuk berkomentar dan membagikan video ke pengguna lain. Hal tersebut bisa membantu agar videomu lebih cepat FYP dan dikenal oleh banyak orang.

3. Caption yang Menarik

Caption yang ditulis pada bagian bawah video harus menarik dan usahakan untuk menyelaraskan isi konten dengan caption yang ditulis. Saat ini, TikTok sudah memudahkan penggunanya dengan meningkatkan jumlah karakter caption yang sebelumnya hanya 100 karakter, sekarang meningkat menjadi 300 karakter. Caption yang menarik bisa juga berupa pertanyaan yang ditujukan kepada penonton agar dapat memancing penonton untuk menjawabnya di kolom komentar. Hal ini dilakukan agar dapat membantu dan memperbesar peluang terjadinya interakdi pada sebuah video yang telah diunggah. Banyaknya interaksi pada videomu, maka secara otomatis videomu akan lebih sering muncul pada halaman FYP.

4. Mengikuti Trend yang Berlangsung

FYP TikTok menghadirkan berbagai macam trend yang bisa diikuti oleh setiap orang. Hampir setiap hari, trend TikTok berbeda-beda dengan tantangan yang unik yang juga diciptakan oleh para penggunanya. Ketika adanya trend terbaru di TikTok, kamu bisa mencobanya dengan versimu sendiri dan usahakan untuk menampilkan konten yang kreatif. Mengikuti tren yang terjadi, bisa memengaruhi traffic sekaligus followers di akun TikTokmu.

5. Gunakan Lagu yang Populer

Adanya trend yang populer selalu diikuti dengan lagu yang populer pula. Adanya lagu-lagu populer yang ada di TikTok bisa kamu manfaatkan untuk mengunggah video menggunakan lagu yang sedang populer. Hal tersebut bisa membantu video yang telah diunggah dengan mudah masuk di FYP pengguna lainnya. Cara ini bisa efektif untuk membuat video yang kamu unggah dapat muncul pada halaman FYP. Akan tetapi, juga penting untuk memperhatikan isi konten dari video yang akan diunggah dan sesuaikan isi konten dengan lagu yang digunakan.

6. Gunakan Hashtag

Sama halnya dengan platform lain, penggunaan hashtag juga berpegaruh terhadap FYP TikTok. Cara lain yang dapat digunakan untuk agar video muncul di FYP TikTok adalah menggunakan hashtag yang sedang trending. Akan tetapi, perlu untuk memastikan hashtag yang digunakan juga sesuai denga nisi konten yang dibuat. Penggunaan hashtag akan membantu pengguna TikTok agar memudahkan pencarian di FYP. Hashtag yang biasa digunakan oleh para pengguna TikTok adalah #foryou, #FYP atau #foryourpage lalu diikuti dengan hashtag lain yang sedang trending.

7. Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Sebagai pengguna TikTok, sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan pengguna lain. Interaksi yang dimaksud dapat berupa like atau komentar di video yang diunggah. Dengan cara ini, akan menimbulkan interaksi pada video-video selanjutnya. Bahkan, menggunakan cara ini juga bisa memunculkan pengguna lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu atau bisa juga menjadi followers di akunmu.

8. Mengutamakan Video dengan Durasi Pendek

Pengguna TikTok lebih senang menonton video dengan durasi pendek yang menampilkan konten menarik, sehingga tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk berganti di video selanjutnya. Terlalu menggunakan video yang panjang, bisa menimbulkan rasa bosan bagi pengguna TikTok sehingga video yang kamu unggah tidak ditonton hingga akhir. Oleh karena itu, manfaatkan untuk mengunggah video menggunakan video durasi pendek untuk memaksimalkan konten yang diunggah.

9. Kolaborasi dengan Kreator Lain

Cara berikutnya  yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat video dengan kreator lain, kamu bisa memanfaatkan fitur stitch di TikTok untuk duet dengan kreator lain yang sudah terkenal. Video duet ini terbukti dapat meningkatkan traffic dari video konten yang diunggah. Jika hasil duet tersebut menarik, maka akan menjaring pengguna lain untuk berkomentar. Terlebih jika video duet yang kamu unggah bisa di-notice oleh kreator tersebut, maka akan memudahkan kamu untuk FYP di TikTok.

10. Manfaatkan TikTok Ads

TikTok Ads atau layanan iklan di TikTok juga menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menampilkan konten TikTok-mu berada di halaman TikTok. Cara ini akan lebih mudah dan instan digunakan oleh para pengguna TikTok. Akan tetapi melakukan Ads di TikTok tidak gratis, yang mana pengguna harus melalukan pembayaran agar video yang diunggah dibantu oleh TikTok untuk dijangkau oleh pengguna lain. Cara ini bisa digunakan bagi para pelaku bisnis untuk melancarkan strategi marketingnya.

Itulah 10 cara yang bisa digunakan untuk FYP di TikTok. Secara singkat, kamu bisa mulai membuat konten yang menarik dengan langkah-langkah di atas agar bisa membantu video yang diunggah berada di halaman pengguna lain. Penggunaan TikTok saat ini bisa dijadikan ajang untuk mendapatkan pemasukan tambahan, maka gunakan akunmu sebaik mungkin agar dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Pelajari lebih banyak algoritma TikTok yang juga dapat digunakan untuk melakukan strategi digital marketing bagi pelaku bisnis.

Untuk memaksimalkan kinerja sosial media sebagai strategi digital marketing, jangan ragu untuk menghubungi Digibos yang telah menghadirkan pelatihan digital marketing terbaik di Indonesia.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *