fbpx

Contoh Email Marketing dan Tips Membuatnya

digibos.id (Contoh Email Marketing) – Sebagai pelaku bisnis, ada banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk melancarkan strategi pemasaran. Terlebih saat ini sudah lebih banyak menggunakan platform digital untuk melancarkan strategi hingga menjangkau lebih banyak pelanggan. Ada beberapa platform yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis seperti sosial media marketing, e-commerce, email marketing dan yang lainnya.

Contoh Email Marketing

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai email marketing. Yang mana saat ini, banyak sekali para pelaku bisnis yang mencari seperti apa contoh email marketing yang dapat menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, email marketing juga memiliki dampak yang bagus untuk keberlangsungan bisnis dalam waktu jangka panjang. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian, contoh email marketing dan tips membuatnya, simak artikel berikut ini.

Pengertian Email Marketing

Email marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang digunakan untuk mengirimkan pesan promosi kepada banyak orang dalam jumlah yang besar melalui email. Secara umum, strategi ini bertujuan untuk menghasilkan penjualan yang tinggi dengan cara mengirimkan penawaran yang menarik, memelihara prospek dan juga memperluas usaha dalam pemasaran konten. Ketika keberadaan email marketing dapat dimanfaatkan dengan tepat, maka akan memberikan dampak yang luar biasa untuk sebuah bisnis. Pasalnya, strategi ini tidak hanya mendorong pelanggan dalam membeli produk, namun juga menjaga koneksi dengan pelanggan dan memberikan informasi terbaru mengenai produk yang ditawarkan.

Keberadaan email marketing ini merupakan langkah yang tepat ketika pelaku bisnis atau brand ingin menjaga hubungan yang baik dengan konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Artinya, platform ini menjadi wadah yang tepat untuk membentuk loyalitas atau kesetiaan pelanggan. Brand bisa melakukan interaksi secara langsung bersama dengan pelanggan dan pelanggan bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai produk dengan lebih akurat melalui email marketing tersebut.

Perlu diketahui bahwa efektivitas dari strategi pemasaran ini sudah terbukti. Bahkan strategi email marketing dapat mengalahkan strategi social media marketing. Dilansir dari data WBR Digital, email marketing telah mampu mencatat keberhasilan akuisisi pelanggan hingga 81%. Sementara itu, social media marketing hanya mampu mengakuisisi pelanggan sekitar 15% saja. Oleh karena itu, para pelaku bisnis saat ini lebih banyak menggunakan strategi pemasaran dalam bentuk ini karena dinilai lebih efektif untuk mencapai tujuan dan target bisnis.

Contoh Email Marketing

1. Contoh Email Marketing Welcoming

Contoh email marketing welcoming ini digunakan untuk menyapa pelanggan baru sebagai salah satu tindak lanjut setelah mereka melakukan pendaftaran atau sudah bergabung dengan daftar email bisnis. Pesan pada email ini dapat berisi ucapan selamat datang, menjelaskan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, dan juga memberikan tawaran khusus kepada pelanggan baru.

Contoh email selamat datang:

Subjek: Selamat Datang di Program Pelatihan bersama Digibos!

Halo [Nama Pelanggan],

Terima kasih telah bergabung bersama dengan Digibos pelatihan Digital Marketing terbaik di Indonesia! Di sini, kami percaya bahwa kemampuan Digital Marketing dapat dimiliki oleh siapa saja.

Sebagai anggota komunitas kami, Anda akan menerima informasi terbaru mengenai strategi pemasaran pada platform digital. Kami juga akan mengirimkan tawaran-tawaran eksklusif kepada Anda, seperti diskon produk dan undangan ke acara khusus komunitas kami.

Kami akan senantiasa membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik. Jadi, teruslah untuk membaca email kami untuk mendapatkan saran dan juga dukungan yang Anda butuhkan.

Terima kasih karena telah bergabung dengan komunitas kami. Kami berharap dapat membantu Anda dalam melancarkan pemasaran digital hingga mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

Salam,

[Digibos.id]

2. Contoh Email Marketing Penjualan (Sales)

Email ini dikirimkan untuk memberikan promosi penawaran khusus atau diskon produk kepada mereka. Pesan dari email ini dirancang untuk menarik perhatian pelanggan dan juga mendorong mereka dalam melakukan pembelian.

Contoh email marketing penjualan:

Subjek: Diskon Spesial 25% untuk Produk Public Speaking!

Halo Pelanggan Setia,

Kami senang atas antusias kalian terhadap produk kami yaitu Public Speaking. Program Public Speaking ini memang dirancang khusus untuk kalian mengasah kemampuan berkomunikasi di depan umum. Program ini juga memberikan arahan kepada kalian untuk menunjukkan gaya tubuh yang tepat saat berbicara di depan umum.

Kami ingin memberikan kesempatan eksklusif kepada Anda untuk membeli produk unggulan kami dengan diskon special 25% untuk pembelian pertama Anda. Cukup gunakan kode promo “PS25” saat checkout dan diskon otomatis akan diaplikasikan pada pembelian Anda.

Jangan pernah melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pelatihan public speaking dengan harga yang lebih terjangkau. Segera kunjungi website kami di sini.

Salam Hangat,

[Tim Penjualan PT Arduma]

3. Email Ucapan Terima Kasih

Email ucapan terima kasih ini dikirimkan sebagai tindak lanjut ketika pelanggan telah melakukan pembelian atau menyelesaikan tindakan yang lain, seperti mengisi survey kepuasan pelanggan atau mengikuti event perusahaan. pada email kali ini dapat berisi ucapan terima kasih, informasi terkait pembelian dan juga tawaran khusus untuk pembelian selanjutnya.

Contoh email ucapan terima kasih:

Subjek: Terima kaish telah menjadi pelanggan setia!

Halo, [Nama Pelanggan]

Kami ingin mengucapkan terimakasih atas pembelian Anda yang baru saja dilakukan melalui toko/website kami. Kami sangat menghargai kepercayaan yang Anda berikan kepada kami dan berharap produk yang Anda beli akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi diri Anda.

Kami ingin memastikan bahwa Anda telah puas dengan pengalaman berbelanja di toko kami. Jika Anda memiliki saran atau masukan mengenai bagaimana kami meningkatkan layanan di masa depan, jangan ragu untuk terus menghubungi kami.

Sebagai ucapan terima kasih, kami ingin memberikan diskon khusus senilai 15% untuk pembelian selanjutnya di toko kami. Gunakan kode kupon “TERIMAKASIH15”  saat melakukan checkout agar mendapatkan diskon.

Kami harap Anda akan terus memilih produk kami di masa depan dan membantu kami dalam memperluas merek kami dengan merekomendasikan produk kami kepada teman atau keluarga Anda.

Sekali lagi, terima kasih telah mempercayai kami.

Salam hangat,

[Tim Toko A]

Tips Membuat Email Marketing

  1. Kenali dan Targetkan Audiens Anda: Pahami siapa target audiens bisnismu. Segmenkan daftar email berdasarkan preferensi, perilaku, atau demografis untuk mengirim pesan yang lebih relevan.
  2. Judul yang Menarik: Judul email yang menarik sangat penting. Pastikan judul email mampu menarik perhatian dan mendorong pembaca untuk membuka email.
  3. Personalisasi Konten: Gunakan nama penerima untuk membuat pesan lebih personal. Selain itu, sesuaikan konten dengan preferensi atau sejarah pembelian mereka untuk meningkatkan keterlibatan.
  4. Pesan yang Jelas dan Singkat: Sampaikan pesan dengan jelas dan singkat. Gunakan paragraf pendek, poin-poin penting, dan tautan yang jelas.
  5. Panggilan untuk Tindakan (Call-to-Action/CTA): Sertakan CTA yang jelas dan menarik untuk mendorong pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti “Beli Sekarang,” “Pelajari Lebih Lanjut,” atau “Daftar Sekarang.”
  6. Desain Responsif: Pastikan email dapat terbaca dengan baik di berbagai perangkat, baik di komputer desktop, ponsel, maupun tablet.
  7. Uji dan Evaluasi: Lakukan uji coba A/B terhadap subjek, konten, waktu pengiriman, dan elemen lainnya untuk mengetahui apa yang paling efektif. Pelajari analitik emailmu untuk memahami kinerja kampanye dan tingkat keterlibatan.
  8. Frekuensi Pengiriman yang Tepat: Tetaplah konsisten dalam pengiriman email bisnis, namun juga pertimbangkan frekuensi yang tepat agar tidak terlalu sering mengirimkan pesan kepada pelanggan.
  9. Hormati Privasi Pelanggan: Pastikan untuk menyertakan opsi langganan dan memberi pelanggan pilihan untuk berhenti berlangganan jika mereka menginginkannya.
  10. Tindaklanjuti dan Analisis: Setelah mengirim email, penting untuk melakukan tindak lanjut, entah itu dengan menindaklanjuti penjualan atau mengirim survey kepuasan pelanggan untuk memperoleh umpan balik yang berguna. Selain itu, lakukan analisis hasil kampanye untuk perbaikan di masa mendatang.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, contoh email marketing hingga tips membuatnya. Untuk memahami lebih banyak mengenai digital marketing, kamu bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *