digibos.id (Contoh Social Commerce) – Bayangin kamu lagi scrolling di social media, lalu secara tak sengaja menemukan gadget incaran direview oleh influencer yang kamu ikuti. Tanpa harus ganti aplikasi, kamu bisa langsung beli gadget yang kamu impikan cuma dengan satu kali klik.
Ini adalah yang disebut dengan social commerce, di mana kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja yang lebih seru. Selain berinteraksi di media social, kamu bisa belanja dengan lebih simpel, cepat, dan interaktif. Apa saja contoh social media yang menggabungkan fitur ini? Mari kita jelajahi lebih lengkap hanya dalam artikel kali ini.
Social commerce simpelnya itu gabungan antara media sosial dengan situs belanja online (e-commerce). Selain bermain seperti di Facebook, Instagram, atau Tiktok, kamu bisa berbelanja langsung di situ. Penjual atau brand dalam hal ini bisa mempromosikan produk melalui fitur story, postingan, maupun live.
Sebagai pembeli, kita bisa langsung klik untuk beli tanpa harus akses atau pindah ke situs lain. Selain bikin belanja jadi lebih praktis dan cepat, kamu bisa tanya-tanya, baca review di tempat yang sama. Tak cuma itu, kamu bisa lihat produk yang sedang di-review oleh orang lain. Sangat interaktif, kan?
Di tahun 2024 ini, tren yang sering digunakan di social commerce adalah kolaborasi dengan influencer. KOL atau influencer membantu promosi produk dan terhubung langsung dengan followers melalui konten yang menarik. Tak cuma itu, berbagai platform kini sudah menyediakan fitur checkout yang lebih mudah tanpa harus keluar dari aplikasi.
Banyak sekali manfaat social commerce bagi pelaku bisnis untuk menunjang kemajuan bisnis itu sendiri.
Tak cuma pemilik bisnis, TikTok Shop punya segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh pengguna. Apa saja manfaat itu?
Social commerce kini jadi tren belanja sambil bermain sosial media yang kuat. Di bawah ini adalah beberapa contoh social commerce yang sampai saat ini masih eksis.
Contoh social commerce yang terkenal adalah TikTok Shop. Platform ini disebut sebagai social commerce karena kita bisa nonton video sambil belanja. Kamu sebagai pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan penjual buat tanya-tanya soal produk via chat. Tak jarang penjual melakukan live shopping, yang mana kamu bisa tanya-tanya ke penjual, lihat langsung produk, atau ikut kuis untuk mendapat diskon. Sangat seru, kan?
TikTok Shop yang ada sejak 2020 ini berkembang pesat dan jadi salah satu platform social commerce paling populer di Indonesia, loh! Platform ini sangat menarik karena pengguna bisa belanja dengan konsep yang unik, produk beragam, mudah diakses, dan yang paling penting adalah selalu ikut tren terbaru.
Instagram Shopping ibaratnya sebuah etalase virtual di mana kamu bisa lihat produk yang dijual oleh berbagai toko. Mulai dari brand besar dan terkenal, sampai toko kecil yang ternyata uni-unik loh!
Saat scroll-scroll Instagram, pastinya kamu pernah tiba-tiba ketemu foto produk yang menarik atau produk incaranmu. Ternyata produk itu bisa langsung kamu beli cuma dengan klik tombol “Beli Sekarang” atau “Lihat Produk”. Detail produk bisa kamu lihat dengan lengkap seperti variasi, ukuran, sampai dengan materialnya. Kamu bisa beli produk yang diinginkan tanpa perlu repot-repot buka aplikasi lain.
Siapapun pasti sudah tak asing lagi sama platform satu ini. Shopee Live adalah satu dari sekian contoh social commerce yang populer dan banyak diakses oleh orang-orang karena promo yang menggiurkan.
Social commerce ini memudahkan kamu belanja sambil nonton video live streaming dari seller yang mempresentasikan detail produk. Kamu juga bisa tanya-tanya via kolom komentar. Yang paling menarik adalah Shoppe Live kerap menawarkan promo atau voucher yang membuat belanja lebih hemat.
Siapa sangka ternyata Pinterest merupakan contoh dari social commerce yang bisa digunakan buat belanja? Pinterest adalah salah satu platform untuk mencari inspirasi seputar fashion, tips, DIY, dan masih banyak lagi konten yang menarik visual. Produk yang dijual secara langsung dipamerkan pada platform ini.
Penjual atau bisnis mendisplay produk mereka dalam bentuk Pin yang menarik. Jika tertarik pengguna bisa beli produk tersebut secara langsung tanpa harus pindah ke website lain.
Siapa yang tak kenal dengan marketplace dari Facebook? Salah satu contoh social commerce atau platform yang populer untuk menjual barang-barang bekas maupun baru dengan harga yang terjangkau.
Facebook memudahkan interaksi dengan komunitas lokal, yang mana kamu dapat menemukan penjual atau pembeli di sekitar kamu. Di sini kamu juga bisa bikin daftar produk berdasarkan kategori sehingga pengguna dapat meneruskan hampir semua item yang dicari. Kemudahan lain dalam bertransaksi secara langsung di dalam platform seperti fitur chat langsung dengan penjual serta metode pembayaran via online. Facebook memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan calon pembeli atau penjual.
Contoh social commerce yang menjembatani antara bisnis dengan pembeli adalah WhatsApp Business. Tak cuma sekadar aplikasi, platform yang hampir dipakai oleh seluruh orang di dunia ini ternyata bisa menjadi tempat belanja loh!
WA Business punya banyak fitur sebagai social commerce seperti katalog produk, pesan otomatis, hingga fitur payment. Dengan keunggulan komunikasi yang lebih personal dan fitur otomatis yang bikin jual beli efisien, tak heran jika platform ini wajib dimanfaatkan.
Berbagai contoh social commerce di atas memberikan banyak kemudahan buat kamu dalam berbelanja sambil santai bermain sosmed. Scrolling akan semakin mudah, seru, dan sangat menyenangkan.
Strategi yang tepat dalam memanfaatkan social commerce sangat penting untuk diperhatikan. Kamu bisa mempercayakan kebutuhan social media kepada agensi digital marketing seperti digibos.id. Tim ahli Digibos siap bantu kamu merancang strategi social commerce terbaik supaya bisnismu makin banyak menjangkau audiens hingga menaikkan penjualan. Sudah siap untuk mengoptimalkan social commerce? Kunjungi website Digibos sekarang!