fbpx

Google Search Generative Experience: Fitur Terbaru dari Google

digibos.id (General Search Generative Experience) – Pada tahun ini, tepatnya di tanggal 8 November 2023, Google telah resmi mengumumkan bahwa fitur generative AI Google, Search Generative Experience yang saat ini telah rilis di 120 negara dan tersedia untuk berbagai pilihan bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Menurut Google, hal ini merupakan ekspansi fitur terbesar dari Google dan menjadi cerminan komitmen Google dalam penerapan teknologi generative AI pada search engine kedepannya.

Google Search Generative Experience

Mengenal Search Generative Experience

Search Generative Experience atau SGE merupakan inovasi Google yang memanfaatkan teknologi generative AI untuk menyederhanakan proses pencarian di Google. Fitur ini akan memungkinkan Google untuk merespon queries pencari dengan menggunakan jawaban yang merupakan hasil dari analisis dan rangkuman beberapa sumber website.

Dalam hal ini, harapannya adalah proses pencarian informasi di Google yang akan menjadi lebih efisien karena pencari sudah tidak perlu lagi untuk mengunjungi halaman web satu per satu untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan oleh pengguna. Meskipun SGE masih termasuk dalam tahap eksperimen, namun fitur ini telah diprediksi akan membawa perubahan yang besar di industri search engine dan juga SEO.

Hingga saat ini, fitur terbaru dari Google ini telah tersedia di 120 negara setelah kehadirannya di India dan Jepang pada bulan Agustus lalu. Hal ini menjadikan perilisan SGE menjadi ekspansi fitur terbesar yang dimiliki oleh Google. Selain perluasan lokasi, SGE saat ini juga sudah tersedia dengan adanya tujuh bahasa yaitu bahasa Hindia, Inggris, Jepang, Portugis, Spanyol, Korea dan juga Indonesia. Rencana dari Google juga akan membuat SGE tersedia ke lebih banyak bahasa sehingga dapat digunakan oleh lebih dari banyak orang.

Tujuan dan Manfaat Google Search Generative Experience

Tujuan dari adanya fitur terbaru Google adalah agar pengguna memiliki pengalaman yang lebih personal. Selain itu, juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih canggih dan relevan. Berikut ini manfaat SGE dan fitur baru Google Search Generative Experience:

  • Menyediakan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan berkat teknologi AI generatif.
  • Dalam penggunaannya, Google SGE dapat menghasilkan informasi yang lebih lengkap dan membantu para pengguna dalam menemukan tautan yang relevan, jawabannya yang muncul juga bisa di follow-up untuk menemukan jawaban yang lebih banyak lagi.
  • Fitur Google SGE ini dapat memperbaiki pengalaman pengguna dengan memberikan jawaban langsung melalui halaman hasil pencarian, serta gambar, animasi, dan video yang lebih menarik serta informatif.
  • Google SGE juga dapat digunakan sebagai chatbot untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pengguna atau memberikan informasi terkini melalui pembaruan berita.
  • Pengguna dapat merasakan peningkatan dalam pencarian mereka, mendapatkan informasi yang lebih akurat dan juga pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Pengaruh Search Generative Experience terhadap Website

1. Search Generative Experience terhadap Peringkat Website

Fitur terbaru dari Google yang dikenal sebagai SGE atau Search Generative Experience telah memberikan perubahan terhadap cara Google dalam mengevaluasi dan meranking website di dalam hasil pencarian. Fitur baru ini memanfaatkan algoritma berbasi AI (kecerdasan buatan) yang sangat canggih untuk menganalisis dan memahami konten website dengan lebih baik. Dengan begitu akan memungkinkan Google untuk memberikan peringkat yang lebih akurat dan juga relevan berdasarkan kualitas dan relevansi konten. Akan tetapi, hal ini akan membutuhkan lebih banyak proses yang lebih dari seorang Digital Marketer, sebab pola tampilan default halaman Google juga akan ikut berbeda.

Google Search Generative Experience tampilan lama
Tampilan lama pencarian di Google

Pada tampilan awal Google diisi oleh artikel yang telah menggunakan iklan berbayar, lalu pada sebelah kanan dan bagian bawah diisi oleh organik SERP feature dan bagian pada bagian bawah lagi berisi konten-konten organik.

Google SGE Terbaru
Tampilan terbaru pencarian di Google

Pada tampilan terbaru dengan adanya fitur SGE ini maka tampilan default akan diisi oleh Search Generative Experience dan juga organik SERP feature serta organik konten akan berada pada bagian palingan bawah atau dengan kata lain yaitu below default.

2. SGE melakukan Penilaian Kualitas Konten

Keberadaan Search Generative Experience ini maka akan berdampak pada konten website yang akan dinilai dengan lebih baik dan lebih komprehensif. Fitur ini memanfaatkan teknologi AI generative yang memungkinkan Google dalam menghasilkan konten yang relevan dan mendalam. Dengan begitu, konten website yang lebih berkualitas dan informatif akan lebih dihargai dan mendapatkan peirngkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian Google. Sehingga, meskipun menghadirkan konten lebih menantang tapi dengan isi konten yang lebih berkualitas, informatif dan menarik maka hal tersebut bisa menjadi peluang besar untuk di generatif oleh Google ketika mencari suatu kata kunci.

3. Pengaruh Search Genartive Experience terhadap Pengalaman Pengguna

Google SGE berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna dalam menjelajahi hasil pencarian. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan jawaban yang lebih lengkap dan memperdalam pengetahuan mereka dengan menggunakan fitur seperti chatbot, link terkait dan informasi tamahan. Dengan demikian, pengguna akan lebih puas dan kemungkinan besar untuk kembali menggunakan Google sebagai mesin pencari pilihan.

Dampak SGE terhadap SEO

Keyword menjadi Passion

Search Generative Experience mampu memberikan indormasi yang dihasilkan oleh AI, maka perilaku pengguna juga akan terlihat dari bagaimana cara mereka menulis perintah. Sebelumnya pengguna hanya akan menulis kata kunci tertentu, tetapi fitur ini cenderung membuat pengguna menulis kalimat panjang selayaknya memberikan perintah kepada chatbot demi menghasilkan konten yang relevan dan sesuai keinginan pengguna. Ini karena kemampuan SGE dalam memahami konteks dan juga memproses pertanyaan yang lebih kompleks.

Hadirnya fitur SGE saat ini, berdampak pada pengguna yang dapat mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik dan detail, serta menggabungkan beberapa informasi dalam satu kalimat. Contoh pertanyaan yang dapat ditulis oleh pengguna seperti “Rekomendasi pelatihan in-house training terbaik di Indonesia yang memberikan .pelatihan kepemimpinan.”

Adapun dampaknya terhadap SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi konten dan optimasi kata kunci yang lebih fokus pada kalimat panjang dan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna. Selain itu, pemilik website dan juga digital marketer perlu untuk mempertimbangkan elemen-elemen tersebut dalam upaya meningkatkan peringkat dan relevansi konten dalam hasil pencarian SGE.

Pengguna Fokus pada Media

Fitur baru dari Google SGE ini, pengguna akan mengalami perubahan fokus yang lebih besar pada media berupa video dan juga gambar. Ini disebabkan karena integrasi kecerdasan buatan (AI) yang dimanfaatkan dengan canggih dalam SGE, yang mana akan memungkinkan Google untuk memahami dan menganalisis konten visual dengan lebih baik. Dalam hasil pencarian SGE, pengguna akan melihat peningkatan jumlah video yang relevan dengan pertanyaan atau topik yang dicari. Pengguna dapat menonton video langsung di halaman hasil pencarian tanpa harus membuka link secara terpisah.

Selain itu, Google Search Generative Experience akan memungkinkan pengguna untuk melihat thumbnail gambar yang lebih besar dan lebih banyak dalam hasil pencarian. Dampaknya terhadap SEO adalah pentingnya untuk mengoptimalkan konten video dan gambar untuk meningkatkan peringkat dan eksposur dalam hasil pencarian. Digital marketer dan pemilik website perlu untuk mempertimbangkan strategi yang lebih fokus pada visual untuk memaksimalkan manfaat dari fitur baru Google SGE ini.

Kecenderungan Google SGE terhadap E-commerce

Adanya fitur SGE, pengguna dapat langsung melihat informasi mengenai suatu produk yang dicari pengguna, termasuk harga, ulasan, dan juga penawaran terkini. Selain itu, Google juga menyediakan tautan langsung ke platform e-commerce, sehingga pengguna dapat membeli produk secara langsung melalui hasil pencarian. Dampak ini memiliki implikasi penting terhadap SEO, terutama bagi pemilik bisnis online. Pasalnya, mereka perlu untuk memastikan bahwa produk mereka dapat teroptimasi dengan baik untuk muncul dalam hasil pencarian SGE. Ini meliputi penggunaan kata kunci yang relevan, informasi produk yang lebih lengkap dan juga ulasan serta penilaian yang baik.

Tantangan Pemasar dan Bisnis terhadap SGE

Penurunan Traffic

Adanya fitur baru Google SGE, terdapat potensi dampak terhadap penurunan lalu lintas organik pada artikel atau konten yang terletak di bawah default pencarian. Ini disebabkan oleh perubahan tampilan hasil pencarian, di mana fitur SGE memberikan informasi yang relevan secara langsung di halaman pencarian tanpa pengguna harus membuka link atau artikel secara keseluruhan. Dengan begitu pengguna cenderung lebih tertarik dengan memberikan informasi yang tersedia secara instan dalam hasil pencarian SGE, seperti cuplikan teks, video, atau gambar.

Dampak tersebut dapat berpengaruh terhadap lalu lintas organik, terutama jika artikel atau konten tidak mendapatkan peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian SGE. Dengan begitu, digital marketer dan pemilik website perlu mempertimbangkan strategi baru untuk memaksimalkan visibilitas dan daya tarik konten mereka dalam fitur SGE.

Bisnis Harus Lebih Kerja Keras

Dengan adanya fitur SGE, persaingan dalam menempati posisi rekomendasi yang muncul secara default menjadi lebih ketat. Sebagai akibatnya, bisnis dan juga pemilik website harus bekerja dengan lebih keras lagi untuk memastikan bahwa artikel mereka dapat di-generate oleh Google dan muncul pada posisi rekomendasi di hasil pencarian Google. Selalu up-to-date dengan tren dan juga perkembangan terkini dalam industri. Membuat konten yang relevan dengan topik populer dan yang sedang dicari oleh pengguna.

Itulah pengertian mengenai SGE atau Search Generative Experience yang merupakan fitur terbaru dari Google untuk memudahkan pengguna. Dalam hal ini, sebagai seorang Digital Marketer harus mengikuti perubahan yang terjadi. Untuk itu, kamu bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos melalui contact berikut ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *