fbpx

Cara Optimasi SEO YouTube dengan Algoritma Terbaru

digibos.id (Cara Optimasi SEO YouTube) – Ketika membuat sebuah konten yang diunggah di sosial media, tentu harapan utamanya adalah konten tersebut memiliki traffic yang bagus di mata penonton. Dalam hal ini, konten tersebut mampu untuk menarik perhatian penonton untuk menontonnya, memberikan like ataupun komentar. Terlebih ketika membuat konten YouTube yang memerlukan waktu dan ide yang kreatif ketika memproduksinya.

Cara Optimasi SEO YouTube

Untuk menarik perhatian penonton pada konten YouTube yang telah diunggah, memerlukan optimasi SEO YouTube dengan mengalisa algoritma terbaru dari YouTube. Dengan mengoptimalkan SEO YouTube, konten yang diunggaj dapat memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk muncul di peringkat atas hasil pencarian. Jika konten berada di posisi teratas, maka tidak menutup kemungkinan bahwa video tersebut akan banyak ditonton oleh banyak orang.

Cara optimasi SEO YouTube merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan visibilitas konten YouTube hingga menarik lebih banyak penonton. Dengan menerapkan optimasi SEO YouTube yang tepat sesuai dengan algoritma YouTube, maka akan berdampak untuk meraih posisi teratas dari hasil pencaian YouTube serta memudahkan para penonton untuk menemukan channel YouTube-mu.

Lalu bagaimana sih cara mengoptimalkan SEO YouTube? Berikut ini penjelasannya.

Apa itu SEO YouTube?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari serta visibilitas konten YouTube. Strategi ini tidak hanya berlaku untuk website saja, akan tetapi juga digunakan untuk meningkatkan optimasi YouTube.

Meningkatkan optimasi YouTube merupakan sebuah metode yang digunakan untuk melakukan optimasi pada sebuah konten yang diunggah di YouTube. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penonton, jumlah like pada video konten, jumlah klik ke video serta lalu lintas lainnya terhadap sebuah konten video YouTube agar meningkat atau biasa disebut dengan engagement konten YouTube.

Sudah bukan hal asing lagi bahwa YouTube merupakan salah satu platform konten video terbesar saat ini yang sudah sangat populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, sehingga YouTube memiliki mesin pencari video di dalamnya yang mengharuskan kamu untuk mengetikkan kata kunci agar mampu memunculkan video yang berkaitan. Ketika melakukan optimasi SEO dengan tepat, maka konten video yang diunggah di YouTube akan mudah ditemukan oleh masyarakat yaitu saat mereka mengetikkan kata kunci tertentu, maka videomu akan muncul menjadi rekomendasi pertama untuk ditonton. Dengan begitu, lalu lintas pada konten YouTube akan terus meningkat.

Mengapa Optimasi SEO YouTube itu Penting?

Memahami optimasi SEO YouTube merupakan salah satu hal yang penting, sebab hal ini akan meningkatkan engagement pada konten YouTube yang kemudian dapat dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, perlu untuk memahami dan menggunakan metode ini agar video yang diunggah memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk ditemukan oleh penonton. Secara umum, konten video yang diunggah akan muncul di peringkat atas hasil pencarian YouTube ketika channel YouTube telah memiliki subscriber yang banyak. Meskipun demikian, channel YouTube-mu tetap mampu bersaing dengan video dari channel besar dengan menerapkan optimasi SEO YouTube secara maksimal. Adapun poin penting dalam melakukan optimasi SEO YouTube berikut ini:

1. Menarik Lebih Banyak Pemirsa

Dengan menggunakan strategi SEO yang efektif, kamu dapat menarik lebih banyak pemirsa yang tertarik dengan kontenmu. Jika video muncul dalam hasil pencarian, kemungkinan besar pengguna yang sedang mencari topik yang relevan akan menontonnya.

2. Meningkatkan Visibilitas dan Jumlah Pelanggan

Dengan meningkatkan peringkat video dalam hasil pencarian, kanal YouTube-mu akan mendapatkan lebih banyak visibilitas. Semakin banyak orang yang menemukan dan menonton konten-mu, semakin besar peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

3. Bersaing Lebih Baik di YouTube

Dengan begitu banyaknya video yang diunggah setiap saat, persaingan di platform YouTube sangat ketat. Jika tidak mengoptimalkan SEO video YouTube, kamu akan sulit untuk bersaing dengan kreator lain yang telah menerapkan strategi SEO.

Cara Optimasi SEO YouTube

1. Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Sama halnya melakukan optimasi SEO pada website, hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci (keywords). Hal ini dilakukan karena mesin pencari YouTube akan memberikan rekomendasi kata kunci berdasarkan yang sering dicari oleh pengguna. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para penonton YouTube. Kata kunci yang memiliki search volume tinggi harus berhubungan dengan konten yang akan dibuat, sehingga kata kunci yang digunakan juga harus berfokus pada isi video yang diunggah.

2. Memaksimalkan Kualitas Video

Salah satu langkah penting untuk meningkatkan SEO YouTube adalah memastikan bahwa video yang diupload memiliki kualitas yang optimal. Meskipun algoritma YouTube akan mempertimbangkan relevansi video dengan kata kunci dalam peringkat pencarian, kualitas video juga memiliki peran yang signifikan.

YouTube akan memprioritaskan video dengan kualitas terbaik untuk ditampilkan dalam peringkat atas. Semakin tinggi kualitas video yang dimiliki, maka semakin besar peluangnya untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, pastikan videomu memiliki setidaknya resolusi 720p dan perhatikan juga proses editing untuk memastikan kualitasnya yang baik.

3. Menyelipkan Keyword di Judul

Langkah ketiga adalah menyertakan kata kunci dalam judul video. Seperti dalam SEO untuk artikel atau situs web, SEO YouTube juga mengharuskan kamu untuk memasukkan kata kunci ke dalam judul video yang diunggah. Penyisipan kata kunci dalam judul akan membantu algoritma YouTube dalam menentukan peringkat videomu dalam hasil pencarian. Pastikan kata kunci ditempatkan di bagian awal judul video untuk meningkatkan efektivitasnya. Selain itu, pastikan judul yang dibuat tidak bersifat menipu (clickbait) dan tidak terlalu panjang; sekitar 60 karakter sudah cukup.

4. Mengoptimasi Deskripsi

Selain mengoptimalkan judul video, penting juga untuk memastikan bahwa deskripsi video yang diunggah mengandung kata kunci. Upayakan untuk menyisipkan kata kunci dalam 100 kata pertama dari deskripsi tersebut. Selain itu, kamu dapat menambahkan panggilan aksi (CTA) atau kalimat ajakan pada bagian akhir deskripsi video.

5. Cantumkan Tag yang Sesuai

Saat kamu mengunggah video di YouTube, maka akan diberi opsi untuk menambahkan tag ke video tersebut. Pastikan tag yang ditambahkan relevan dengan kata kunci atau topik dari video. Selain itu, kamu juga dapat memasukkan tag yang berhubungan dengan kata kunci tersebut atau turunannya.

6. Perhatikan Durasi pada Video

Sekarang, YouTube memiliki fitur yang disebut YouTube Shorts, di mana video-video pendek dengan durasi kurang dari 1 menit akan dikategorikan sebagai Shorts. Namun, jika kamu berencana untuk menghasilkan uang melalui monetisasi video, disarankan untuk membuat video dengan durasi lebih dari 5 menit. Hanya video dengan durasi tersebut yang memenuhi syarat untuk memasang iklan AdSense.

7. Mempromosikan Video

Setelah mengunggah video ke YouTube, sangat penting untuk mempromosikannya di platform lain, seperti media sosia. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah penonton video tersebut. Semakin banyak penonton yang didapatkan, semakin sering YouTube akan merekomendasikan videomu kepada pengguna lainnya.

Demikian cara optimasi SEO YouTube dan pentingnya melakukan optimasi SEO pada YouTube. Untuk memahami lebih banyak mengenai pemasaran digital, kamu bisa mengikuti pelatihan digital marketing bersama Digibos yang menyediakan berbagai macam pelatihan digital marketing untuk membantu meningkatkan bisnismu. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *