fbpx

Manfaat Pemasaran Online dan Jenis-jenisnya untuk Bisnis

digibos.id (Manfaat Pemasaran Online) – Pada era teknologi yang serba canggih saat ini, para pelaku bisnis sudah beralih menggunakan strategi pemasaran online. Dari mereka yang menggunakan strategi pemasaran konvensional, saat ini sudah memanfaatkan pemasaran online yang memang lebih efektif untuk dilakukan. Hal ini digunakan oleh perusahaan karena melihat banyak sekali manfaat dari pemasaran online itu sendiri. Selain itu, platform yang digunakan juga cukup mudah untuk dikuasai, sehingga para pelaku bisnis tidak kesulitan untuk memulai strategi pemasaran online. Strategi ini digunakan oleh perusahaan dengan berbagai tujuan tertentu seperti meningkatkan brand awareness, mempertahankan brand image, dan juga yang lainnya. Adapun manfaat pemasaran online yang akan kita bahas berikut ini.

Manfaat Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan dengan memanfaatkan media online yang dapat diakses melalui internet. Hal ini lebih diprioritaskan oleh pelaku binsis dikarenakan banyaknya pengguna internet yang terus meningkat setiap harinya. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini, calon pelanggan lebih suka mencari informasi apapun melalui internet. Dikarenakan aksesnya yang mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mencari informasi mengenai suatu brand tertentu.

Selain itu, pemasaran online juga memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Ini dikarenakan adanya saluran tambahan dan juga mekanisme pemasaran yang tersedia di internet dan mampu menjangkau area yang lebih luas serta target yang lebih potensial terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Memanfaatkan pemasaran online akan mampu menjangkau target audiens yang lebih luas serta produk atau layanan yang ditawarkan dapat dibeli dengan mudah. Sehingga, pemasaran online yang dilakukan oleh pelaku bisnis dapat menguntungkan kedua belah pihak, dari pihak perusahaan maupun calon pelanggan. Perusahaan dapat dengan mudah memperkenalkan brand-nya kepada target audiens, dan audiens dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut melalui internet.

Jenis-jenis Pemasaran Online

SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu jenis strategi pemasaran online yang penting untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan utama dari SEO untuk membuat sebuah brand atau perusahaan tampil pada peringkat teratas di mesin pencari. Strategi SEO ini melibatkan berbagai teknik dan juga praktik yang perlu untuk dipelajari secara mendalam. Karena algoritma mesin pencari dapat berubah sewaktu-waktu. Sehingga perlu untuk terus beradaptasi dengan algoritma yang ada. Selain itu, ada banyak sekali tools yang dapat memudahkan pengguna SEO namun harus dipelajari secara lebih detail.

Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Strategi pemasaran melalui sosial media ini memiliki jangkauan yang lebih luas, serta bertujuan untuk meningkatkan brand awareness di kalangan public dan juga menjaga hubungan dengan cara berinteraksi langsung dengan konsumen. Melalui riset sosial media, pelaku bisnis juga dapat mengetahui perilaku calon pelanggan serta mendapatkan data mengenai bagaimana persepsi public terhadap brand atau perusahaan. Hal ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi produk atau layanan agar lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

E-commerce

E-commerce atau marketplace yang terkenal hingga saat ini seperti Shopee, Tokopedia, Blibli ataupun yang lainnya merupakan salah satu pemasaran online yang bertujuan langsung untuk melakukan transaksi pembelian. Biasanya sebelum memasarkan melalui e-commerce, pelaku bisnis akan memasarkan produk atau layanannya melalui SEO dan sosial media marketing terlebih dahulu. Setelah audiens mengenal brand dari perusahaanmu, maka mereka akan dengan mudah melakukan transaksi pembelian melalui e-commerce.

Manfaat Pemasaran Online untuk Peningkatan Bisnis

1. Memangkas Biaya Pemasaran

Manfaat pertama dari pemasaran online adalah mampu memangkas biaya pemasaran. Pemasaran konvensional yang memerlukan lebih banyak biaya dan juga tenaga kurang efektif untuk dilakukan oleh pelaku bisnis kecil. Dengan begitu, memanfaatkan internet untuk melakukan pemasaran online akan lebih efektif karena biayanya yang cukup terjangkau. Pelaku bisnis atau perusahaan dapat menentukan sendiri berapa budget yang akan dikeluarkan untuk melakukan kampanye atau iklan melalui internet.

2. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Selain biayanya yang cukup terjangkay, manfaat pemasaran online bagi bisnis adalah mampu menjangkau audiens yang lebih luas lagi serta mampu menentukan target audiens yang potensial untuk produk atau layanan yang diberikan. Pelaku bisnis dapat dengan mudah menggunakan fitur yang ada dengan mengatur target audiens sesuai dengan letak demografis, usia, perilaku pelanggan dan juga yang lainnya. Hal ini akan lebih memudahkan pelaku bisnis untuk mendapatkan audiens yang potensial. Akan tetapi, pelaku bisnis perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui audiens seperti apa yang sesuai dengan produk dari sebuah brand atau perusahaan.

3. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari strategi pemasaran tentunya adalah dapat meningkatkan penjualan. Melihat pengguna sosial media yang terus meningkat setiap harinya, maka tidak menutup kemungkinan dapat dengan mudah meningkatkan penjualan bagi sebuah produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menerapkan strategi yang efektif, target audiens yang sesuai dan juga kualitas produk yang dapat memenuhi kebutuhan audiens. Maka, akan mampu meningkatkan penjualan perusahaan secara signifikan. Dengan begitu, perusahaan harus mampu untuk menyesuaikan diri dengan target audiens yang potensial bagi produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Manfaat lain dari pemasaran online adalah mampu mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dengan mereka, menjawab pertanyaan yang mereka ajukan dan juga menerima kritik maupun saran dari mereka. Hal ini juga berfungsi untuk mempertahankan brand image perusahaan di mata pelanggan. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan juga berarti menjaga loyalitas pelanggan agar tetap memilih produk dari brand tersebut dibandingkan dengan kompetitor. Pasalnya, pelanggan akan merasa diperhatikan dan juga dihargai ketika sebuah brand mampu menjawab apa yang mereka keluhkan, sehingga tidak menutup kemungkinan mereka juga akan merekomendasikan produk tersebut kepada lingkungan sekitarnya.

5. Mudah untuk Melakukan Riset dan Melihat Kompetitor

Kegunaan sosial media bagi bisnis juga bermanfaat untuk lebih mudah dalam melakukan riset dan juga melihat bagaimana strategi kompetitor yang dilakukan. Untuk melancarkan hal itu, juga sudah banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk melakukan riset dalam rangka menyusun strategi pemasaran online yang tepat untuk penjualan. Tools tersebut akan memudahkan pelaku bisnis dalam melakukan riset sehingga mampu membuat strategi yang tepat. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat memperhatikan bagaimana kompetitor dalam mempromosikan produk atau layanannya. Hal ini juga menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi yang tepat bagi brandmu.

Itulah pengertian, jenis-jenis dan juga manfaat pemasaran online yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan juga tujuan perusahaan. Melakukan pemasaran online tentu membutuhkan kemampuan dalam bidang digital marketing yang mana membutuhkan keahlian khusus untuk menguasainya. Maka dari itu, kamu bisa mengikuti pelatihan digital marketing bersama Digibos untuk meningkatkan kemampuanmu dan juga melancarkan strategi pemasaran online. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *