fbpx

Apa itu AIDA Marketing serta Kelebihan dan Kelemahannya?

digibos.id (Apa itu AIDA Marketing) – Terjun ke dunia marketing tentu harus memahami lebih banyak mengenai strategi dan model marketing yang berguna untuk perkembangan bisnis. Tidak hanya strategi saja, dunia marketing juga mengharuskan untuk mengetahui bagaimana perilaku pelanggan. Ini juga berkaitan dengan strategi marketing yang dijalankan dengan tujuan pelanggan dapat melakukan transaksi hingga selesai bahkan merasa puas dengan produk atau layanan sebuah brand. Memahami perilaku pelanggan dapat memudahkan pelaku bisnis untuk merancang strategi apa yang baik dan tepat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target bisnis.

Apa itu AIDA Marketing

Perjalanan pelanggan mulai dari mengetahui produk atau layanan dari sebuah brand, kemudian mencari tahu lebih dalam mengenai brand tersebut hingga melakukan tindakan pembelian merupakan salah satu konsep strategi digital marketing yang dikenal dengan sebutan AIDA. Apa itu AIDA marketing? Singkatnya adalah salah satu strategi atau model marketing yang dilakukan pelaku bisnis dalam tiap tahapan perjalanan pelanggan. Untuk memahami lebih detail mengenai apa itu AIDA marketing, berikut ini kita bahas secara lengkap dalam artikel. Simak ya!

Apa itu AIDA Marketing?

AIDA marketing merupakan singkatan dari awareness, interest, desire dan action. Ini merupakan tahapan-tahapan yang akan dilakukan oleh pelaku bisnis untuk melancarkan strategi marketing yang dilakukan. Pengertian AIDA marketing adalah sebuah model yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi tahapan kognitif yang dialami calon pelanggan dalam proses pembelian suatu produk atau layanan dari sebuah brand. Istilah ini merupakan funnel pembelian yang dapat dilakukan oleh seseorang secara bolak-balik dari satu tahapan ke tahapan lain untuk mendukung akhir dari pembelian tersebut.

Elias St Elmo Lewis yang merupakan seorang pelopor dalam dunia periklanan dan penjualan asal Amerika, pada tahun 1899 menyatakan tentang cara menarik perhatian pembaca saat memberikan informasi, hingga merubah mereka menjadi pelanggan. Hal ini terbukti pada tahun 1909, yang mana hal tersebut berkembang dan menjadi menarik perhatian, membangkitkan minat, persuasif dan juga meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Kemudian saat ini dikenal dengan AIDA yang terus digunakan dan berkembang dalam dunia strategi marketing yang dilakukan oleh pelaku bisnis.

Berikut ini penjelasan dari awareness, interest, desire dan action:

1. Awareness

Apa itu awareness dalam AIDA marketing? Awareness merupakan tahapan pertama yang menciptakan kesadaran atau daya tarik pada sebuah brand dan produk atau layanan yang ditawarkan. Pada tahap ini digunakan untuk menjelaskan betapa pentingnya untuk menarik perhatian pelanggan yang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti menempatkan iklan atau advertising di lokasi tertentu atau di sosial media yang kemungkinan besar produk atau layanan tersebut dilihat dan dikenal oleh banyak orang.

Pada tahap ini, pelaku bisnis dapat menyajikan iklan sekreatif mungkin dan memiliki nilai-nilai provokatif untuk menarik perhatian calon pelanggan. Pasalnya, sebelum mulai melakukan awareness, pelaku bisnis diharuskan untuk menganalisa perilaku konsumen dan juga menentukan target konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Ini berguna untuk mendapatkan target yang potensial dari sebuah kampanye iklan yang dilakukan oleh pelaku bisnis.

2. Interest

Tahapan kedua dari AIDA marketing adalah interest. Interest ini dilakukan setelah mendapatkan perhatian dari calon pelanggan kemudian untuk mempertahankan perhatian tersebut. Dalam artian, tahap ini merupakan tahapan untuk menjaga minat pelanggan terhadap sebuah brand. Tentu saja, hal ini merupakan tantangan terberat dalam dunia pemasaran yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Sebab, menjaga minat pelanggan lebih sulit daripada menarik perhatian calon pelanggan.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga minta pelanggan, salah satunya adalah berinovatif terhadap iklan yang ditampilkan atau memberikan sesuatu yang relevan dan menarik. Menyajikan konten iklan yang menarik, akan mempertahankan calon pelanggan agar lebih besar keinginan untuk mengetahui produk atau layanan yang ditawarkan. Maka, buatlah berbagai macam iklan yang menarik untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau layanan kepada calon pelanggan. Sebagai pelaku bisnis, membuat calon pelanggan tetap menaruh minatnya terhadap brand merupakan tugas yang berat. Maka dari itu, tahapan ini penting untuk dilakukan secara serius dan berinovatif yang tinggi. Sebab, tahapan ini mampu mendorong calon pelanggan untuk melakukan riset lebih lanjut mengenai brand dari produk tersebut.

3. Desire

Tahapan berikutnya dari strategi AIDA marketing adalah desire. Desire ini merupakan tahapan dalam proses pembelian suatu produk atau layanan yang dilakukan oleh pelanggan. Setelah calon pelanggan tertarik dengan brand kemudian brand juga mampu untuk menjaga minat mereka terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Maka, tahap berikutnya adalah proses pembelian yang akan dilakukan oleh calon pelanggan. Dengan begitu, brand juga harus mampu menciptakan hasrat dan hubungan yang lebih emosional antara brand dan calon pelanggan.

Pada tahapan ini, brand dapat menunjukkan lebih banyak keunggulan dari produk atau layanan yang ditawarkan untuk membuat lebih besar ketertarikan pelanggan menjada perasaan bahwa mereka membutuhkan produk tersebut. Tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan merasa ragu dan memiliki berbagai pertanyaan terhadap sebuah brand. Nah, dari sinilah saatnya sebuah brand untuk meyakinkan kepada calon pelanggan dan juga memberikan berbagai alasan lain agar pelanggan merasa bahwa mereka membutuhkan produk atau layanan hingga melakukan pembelian. Dalam hal ini, pelaku bisnis dapat menunjukkan informasi dengan fakta-fakta menarik atau keunggulan dari produk atau layanan tersebut, terlebih jika bisa meyakinkan calon pelanggan bahwa brand tersebut lebih unggul dibandingkan dengan brand yang lainnya.

4. Action

Tahap terakhir dari strategi AIDA marketing adalah action. Action atau aksi ini merupakan tingkah pelanggan dalam melakukan pengambilan keputusan. Tahapan ini ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh pelanggan dalam proses pengambilan keputusan, bisa melalui panggilan telpon, website, mengunjungi toko atau e-commerce, dan yang lainnya. Maka dari itu, pelaku bisnis juga bertanggung jawab untuk memberikan akses kemudahan bagi pelanggan dalam proses pembelian. Meskipun tidak ada jaminan bahwa dalam setiap proses pemasaran akan berakhir dengan penjualan. Akan tetapi penting untuk meyakinkan calon pelanggan yang sudah mencapai pada tahapan ini agar memiliki impresi dan juga pengalaman yang menyenangkan terhadap produk atau layanan dari sebuah brand. Ini juga berkaitan dengan brand image yang harus terus ditingkatkan.

Apa Kelebihan dan Kelemahan AIDA Marketing?

Kelebihan AIDA Marketing bagi Bisnis

  • Prosesnya yang sederhana dan tidak rumit.
  • Mampu memberikan gambaran terhadap proses pembelian seseorang dengan sederhana.
  • Membantu pelaku bisnis dalam mengetahui potensi kelemahan dari sebuah produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Dapat membantu dalam konteks content marketing yang mana membantu pelaku bisnis untuk membuat konten yang dapat mengonversi audiens menjadi pelanggan.

Kekurangan AIDA Marketing bagi Bisnis

  • Tidak memperhitungkan impulse purchase.
  • Terlalu sederhana dalam membuat proses pembelian seseorang.
  • Tidak memperhitungkan buyer’s journey yang tidak relevan.
  • Tidak melibatkan faktor-faktor ketika membeli seperti harga, ketersediaan produk atau layanan, kepuasan pelanggan dan juga rekomendasi dari lingkungan sekitar.

Itulah penjelasan mengenai apa itu AIDA marketing yang merupakan salah satu strategi atau model marketing yang tetap digunakan hingga saat ini. Strategi ini berguna bagi pelaku bisnis pemula yang masih mencari daya tarik pelanggan agar mengetahui dan mengenali produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah brand.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai strategi pemasaran terutama dalam dunia digital, kamu bisa bergabung untuk mengikuti pelatihan bersama Digibos. Digibos memberikan pelatihan digital marketing secara lengkap bersama mentor profesional yang mampu membantu bisnismu meningkat dengan pesat. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *