fbpx

Marketing Executive: Pengertian, Tugas dan Skill yang Dikuasai

digibos.id (Marketing Executive) – Pekerjaan di dunia marketing tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Selain itu, jenis pekerjaan dalam bidang marketing pun juga sangat bervariasi dan memiliki banyak sekali cabangnya. Terlebih saat ini memasuki era digitalisasi, yang mana seluruh proses marketing lebih banyak dialihkan dari direct marketing menjadi digital marketing atau pemasaran melalui internet seperti sosial media marketing, penerapan SEO dan lain sebagainya yang termasuk dalam cabang digital marketing. Maka dari itu, ada banyak sekali jenis pekerjaan marketing yang saat ini sedang ramai dikejar dan memiliki banyak potensi untuk mengembangkan karir. Salah satu pekerjaan marketing adalah marketing executive. Apa yang dimaksud dengan marketing executive? Simak penjelasannya berikut ini.

Marketing Executive

Pengertian Marketing Executive

Marketing executive memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan. Pasalanya, marketing executive memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan strategi marketing sebuah brand atau sebuah perusahaan. Peran utamanya di perusahaan adalah menulis artikel, mengoptimasi SEO, membuat pertemuan dengan calon klien, menganalisis target audiens hingga mempresentasikan ide dan strategi-strategi marketing yang akan dijalankan. Oleh karena itu, seorang marketing executive memiliki peran yang penting demi kelancaran bisnis dan meningkatkan penjualan brand perusahaan.

Dengan kata lain, marketing executive juga bertanggung jawab dalam proses pemasaran produk atau layanan perusahaan kepada target konsumen yang potensial dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan juga menjaga konsistensi brand image. Melihat tanggung jawab tersebut, maka bagian ini akan terlibat dalam berbagai strategi pemasaran dan komunikasi yang efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Selain itu, pada bagian ini diharuskan memiliki pemahaman mendalam tentang pasar yang sedang tren saat ini, kebutuhan pasar, persaingan bisnis dengan kompetitor, dan juga perilaku konsumen yang potensial bagi bisnisnya. Mereka juga diharuskan untuk selalu mengikuti tren yang sedang berjalan pada era agility seperti saat ini. Yang mana, perubahan pasar yang begitu cepat dan perusahaan harus mampu menanggapi perubahan tersebut dengan cepa dan tepat.

Fokus utama dari pekerjaan marketing executive adalah untuk memaksimalkan nilai keuntungan penjualan yang akan diraih perusahaan melalui penerapa strategi yang tepat sasaran. Mereka bertanggung jawab untuk merencanakan dan memantau jalannya strategi yang telah dibuat. Kemudian, strategi tersebut akan dieksekusi oleh bagian pemasaran. Maka dalam artian bahwa marketing executive merupakan induk dari pekerjaan marketing yang lain. Namun, pada tiap perusahaan, bagian ini dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive

1. Melakukan Riset Pasar

Hal pertama yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang marketing executive adalah melakukan riset pasar yang mendalam. Sebab, dalam menyusun strategi marketing, tentu membutuhkan data calon konsumen yang potensial dan mampu meningkatkan penjualan perusahaan. Tindakan ini tentu membutuhkan riset terhadap perilaku konsumen, mengidentifikasi peluang pasar, serta memahami strategi dan kelemahan kompetitor. Setelah mendapatkan data-data tersebut, maka marketing executive akan mulai menyusun strategi dan melakukan pemasaran yang lebih efektif dan mampu menyasar target dengan tepat.

2. Merancang Strategi Pemasaran

Tugas berikutnya yang dilakukan oleh marketing executive adalah merancang strategi pemasaran yang efektif. Mereka harus memiliki pemahaman yang tinggi terhadap tujuan perusahaan serta membuat rancangan yang sesuai hingga mampu mencapai target pemasaran yang tepat. Strategi yang digunakan dapat berupa advertising atau iklan, pemasaran konten media sosial, promosi dan lain sebagainya yang mampu menarik target audiens. Untuk merancang strategi pemasaran yang efektif, mereka perlu memahami tren yang sedang berkembang dan mengikutinya.

3. Memulai Kampanye Iklan

Setelah melakukan riset pasar dan merancang strategi pemasaran, hal yang harus dilakukan adalah memulai kampanye iklan. Hal ini meliputi merencanakan dan mengatur iklan, mengelola kampanye iklan dan juga berkoordinasi dengan tim kreatif atau sosial media untuk menciptakan materi pemasaran yang mampu menarik target audiens. Memulai kampanye iklan ini digunakan untuk menggaet target dengan melihat lokasi demografis, usia, dan juga kebutuhan target. Sehingga dalam melakukan kampanye iklan tujuannya agar pesannya tersampaikan dengan tepat kepada calon konsumen yang potensial dan sesuai dengan kriteria brand.

4. Memantau Efektivitas Berjalannya Kampanye Iklan

Ketika iklan sudah tayang di internet, maka seorang marketing executive juga bertugas untuk memantau efektivitas berjalannya kampanye iklan apakah sudah sesuai dengan keinginan perusahaan. Cara yang dilakukan untuk memantau kampanye iklan adalah menggunakan berbagai metrik dan analisis data untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye dan juga mengidentifikasi iklan yang perlu ditingkatkan. Hal ini berguna untuk melihat hasil iklan tersebut apakah efektif atau membutuhkan pembaruan untuk melancarkan strategi pemasaran sebuah brand.

5. Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Menjalin dan menjaga hubungan dengan pelanggan merupakan tanggung jawab dari seorang marketing executive. Dalam hal ini, bertujuan untuk mempertahankan brand image perusahaan di mata pelanggan agar tetap konsisten ataupun meningkat. Oleh karena itu, mereka harus merespons pertanyaan ataupun masukan dari pelanggan mengenai brand yang diluncurkan, serta mereka diharuskan untuk mengelola isu-isu terkait sebuah layanan atau produk dari perusahaan.

Skill yang Harus Dikuasai Marketing Executive

1. Analytical Thinking

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai tugas dan tanggung jawab marketing executive yang berhubungan langsung dengan data, maka mereka diharuskan memiliki kemampuan analisis yang baik mengenai data pasar, perilaku konsumen dan juga hasil kampanye iklan yang dibutuhkan untuk membantu dalam pengambilan langkah yang cerdas. Kemampuan analytical thinking yang baik merupakan skill wajib yang perlu dikuasai untuk menyempurnakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan serta menjaga brand image perusahaan.

2. Skill Komunikasi

Sebagai seorang marketing executive yang merupakan pioneer utama dalam menjalankan strategi marketing, maka skill komunikasi ini penting untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan tim pemasaran dan juga yang lainnya yang berhubungan dengan proses pemasaran berlangsung. Sebagai perancang strategi marketing, maka diharuskan mampu menyampaikan strateginya secara efektif agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan proses pemasaran.

3. Kreatif

Memiliki kreativitas yang tinggi juga merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang marketing executive. Pasalnya, mereka diharuskan untuk mampu menarik perhatian target audiens mengenai brand yang dipasarkan. Sebab, dalam melakukan strategi pemasaran, inovasi dan kreativitas sangat diperlukan. Hal ini diharapkan mampu menyaingi kompetitor dan menjadikan brand perusahaan lebih unggul dari perusahaan lain.

4. Mahir Tekhnologi

Karena saat ini lebih banyak menggunakan marketing digital, maka seorang marketing executive diharuskan untuk memiliki kemahiran dalam teknologi. Pemasaran yang sedang marak digunakan oleh perusahaan adalah pemasaran melalui berbagai media sosial atau internet. Selain itu, menganalisis data untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan juga membutuhkan kecanggihan teknologi agar mampu membaca dengan baik. Dalam hal ini, mereka juga diharuskan untuk mampu menguasai teknologi-teknologi baru dengan cepat.

5. Bekerja dalam Tim

Melancarkan proses pemasaran tentu tidak dapat diatasi oleh satu orang saja, proses ini membutuhkan tim agar mampu berjalan dengan efektif. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim yang baik akan membantu melancarkan strategi pemasaran yang digunakan. Selain itu, marketing executive juga harus bisa mendengarkan dan juga memberikan kontribusi yang dapat memastikan setiap langkah kampanye agar terus berjalan dengan lancar dan mampu terkoordinir dengan baik.

Kesimpulannya, marketing executive merupakan bagian utama dari proses pemasaran dengan tugas, tanggung jawab dan juga skill yang harus mereka kuasai untuk mencapai tujuan pemasaran. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang marketing executive yang baik perlu untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam bidang pemasaran digital. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, kamu bisa mengikuti bootcamp digital marketing bersama Digibos dengan cara menghubungi contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *