Ingin membuat konten yang disukai dan banyak dibagikan oleh audiens? Rahasianya adalah dengan analisis data yang bisa kamu lakukan menggunakan social media metrics. Kamu bisa mengukur jumlah like sampai dengan konversi dengan memanfaatkan metrik media sosial ini.
Lalu, apa sebenarnya metrik media sosial, dan apa saja tools yang bisa dimanfaatkan? Dan data apa saja yang harus diperhatikan ketika menganalisis metrics? Yuk, kita bahas lebih dalam melalui ulasan berikut ini!
Metrik media sosial adalah data atau angka-angka yang dipakai untuk mengukur kinerja akun media sosial. Sama halnya dengan speedometer ada mobil yang menunjukkan kecepatan laju, atau sama seperti termometer untuk mengukur suhu.
Social media metrics akan membantu kamu memahami seberapa efektif upaya yang digunakan untuk media sosial. Selain itu, metrik ini bisa memberikan wawasan penting untuk meningkatkan efektivitas strategi marketing atau iklan.
Lalu, mengapa metrik ini penting diaplikasikan untuk sebuah media sosial?
Ada beberapa social media metrics yang penting kamu perhatikan untuk diukur.
Baca Juga: Inilah Cara Menjadi Social Media Specialist!
Kamu bisa memakai beberapa tools ini untuk memantau social media metrics.
Instagram Insights adalah fitur bawaan dari aplikasi Instagram yang memberikan data dan analisis tentang akun bisnis atau kreator kamu. Dengan Insights, kamu bisa melihat berbagai metrik yang memperlihatkan bagaimana konten diterima oleh audiens, siapa audiens, dan bagaimana akun bertumbuh.
Alat analisis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola akun Facebook adalah Facebook Insights. Keunikan tools ini adalah memberikan data yang sangat detail dan bisa terintegrasi dengan platform lain. Kamu bisa melakukan analisis yang mendalam serta membandingkan kinerja dengan kompetitor dengan memakai tools ini loh!
Twitter Insights adalah tools sangat berharga bagi kamu yang ingin memahami kinerja akun Twitter serta meningkatkan visibilitas di platform ini. Dengan memanfaatkan data yang disediakan oleh Insights, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik, meningkatkan engagement, dan mencapai tujuan bisnis.
Hootsuite adalah salah satu tools manajemen media sosial yang paling populer dan komprehensif. Selain memungkinkan menjadwalkan postingan di berbagai platform, Hootsuite juga menyediakan fitur analisis yang kuat untuk membantu kamu memahami kinerja akun media sosial.
Social media metrics adalah panduan untuk kamu menuju kesuksesan bisnis. Kamu jadi lebih paham dan bisa memanfaatkan data ini untuk membuat strategi yang lebih cerdas, meningkatkan engagement, sehingga tujuan akhir bisnis tercapai.
Akan tetapi, mengelola media sosial adalah tugas yang tidak mudah, kompleks, dan pastinya memakan banyak waktu. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mempercayakan pengelolaan media sosial kepada ahlinya.
Digibos adalah solusi tepat untuk kamu yang ingin mengelola media sosial secara praktis, mendapatkan interaksi lebih banyak, dan meningkatkan konversi. Terbukti dari sudah ada ratusan klien yang bisnisnya menjadi lebih berkembang.
Yuk, kunjungi website Digibos atau langsung konsultasikan kebutuhan kamu dengan menghubungi admin di sini!