fbpx

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee dengan Mudah & Pesat

digibos.id (Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee) – Melakukan penjualan secara online saat ini sudah marak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Penjualan online dapat dilakukan melalui sosial media, website ataupun marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada dan yang lainnya. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga merubah kebiasaan penjualan konvesional menjadi penjualan online. Ini karena dinilai lebih efektif dan efisien di era serba digital saat ini. Pasalnya, masyarakat saat ini lebih cenderung memanfaatkan pembelian online karena lebih mudah untuk dilakukan tanpa menguras banyak tenaga untuk pergi ke mall atau pusat perbelanjaan.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Hingga saat ini, marketplace yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis adalah Shopee. Hal ini karena Shopee memberikan banyak kemudahan bagi penjual maupun pembelinya. Bahkan Shopee sendiri memudahkan penjual melakukan strategi pemasaran dengan menghadirkan fitur Shopee Video. Ini dapat digunakan oleh penjual untuk melakukan strategi pemasaran dengan membuat konten-konten yang bermanfaat dan dapat menarik pelanggan. Banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan Shopee untuk melakukan penjualan maka ada banyak penjual yang ingin unggul dibanding dengan pesaing. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee dengan mudah. Simak ya!

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee agar Meningkat Pesat

1. Melakukan Riset Pasar

Sebagai seorang pelaku bisnis memang sudah seharusnya memiliki kemampuan analisis yang tinggi. Hal ini digunakan untuk melakukan riset pasar terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di Shopee adalah dengan melakukan riset pasar. Riset pasar ini akan berguna untuk mengumpulkan informasi penting mengenai target pasar. Dari data yang diperoleh, maka akan dapat dipahami mengenai apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga pelaku bisnis dapat menyesuaikan dengan hal tersebut. Selain itu, riset pasar juga dapat membantu pelaku bisnis untuk mengidentifikasi peluang perkembangan bisnis. Serta dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan kompetitor dalam memasarkan produknya. Dengan begitu, maka akan menciptakan perspektif baru untuk menyusun strategi pemasaran yang mampu untuk bersaing dan menjadi paling unggul di pasar bisnis.

2. Pasang Foto Produk Terbaik

Salah satu hal yang dilihat oleh pembeli adalah foto produk. Jika foto produk yang digunakan oleh penjual mampu menarik mata pelanggan, maka akan meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk dari tokomu. Pasalnya, foto produk merupakan kunci utama dalam meningkatkan penjualan di Shopee. Dengan memberikan foto produk yang berkualitas tinggi, jelas dan menarik, maka pelanggan akan cenderung tertarik dan percaya terhadap kualitas produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas foto terbaik dengan pencahayaan yang tepat, latar belakang yang bersih, dan juga menampilkan produk dari berbagai sudut. Selain itu, penjual juga harus memperhatikan kesesuain produk dengan foto yang ada di Shopee mulai dari tekstur, warna dan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

3. Daftarkan Gratis Ongkir untuk Toko

Masyarakat Indonesia merupakan orang-orang yang menyukai adanya promosi dan juga membeli produk yang cenderung lebih murah namun berkualitas. Inilah salah satu alasan banyaknya penjual yang memilih Shopee karena memberikan fasilitas penjual dengan berbagai promosi, seperti gratis ongkir yang dapat diperoleh hanya dengan melakukan verifikasi toko. Toko yang sudah didaftarkan gratis ongkir, akan memiliki ikon khusus pada katalognya. Sudah pasti hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Tidak jarang, para pembeli cenderung lebih memilih toko dengan promosi gratis ongkir dibandingkan dengan toko yang tidak memberikan voucher tersebut.

4. Memberikan Voucher

Mengingat perilaku konsumen masyarakat yang lebih menyukai produk dengan harga murah dan berkualitas. Maka, sesekali memberikan voucher kepada pembeli agar dapat menarik mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. Salah satu cara untuk meningkaktkan penjualan di Shopee ini termasuk cara yang efektif. Adanya voucher yang disediakan toko ditambah dengan gratis ongkir dari Shopee akan lebih mudah untuk menarik perhatian pembeli. Dengan memberikan voucher toko, maka juga dapat mengoptimalkan pemasaran produk yang ditawarkan. Fitur ini juga dapat dijadikan sebagai alat agar konsumen lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan.

5. Manfaatkan Sosial Media

Ketika terjadi penjualan Shopee yang menurun, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media. Dengan menggunakan sosial media, kamu bisa melakukan pemasaran produk sebagai bentuk strategi pemasaran. Terlebih jika dibarengi dengan memberikan voucher toko pada produk yang ditawarkan. Pasalnya, hingga saat ini usaha pelaku bisnis untuk memasarkan produknya adalah dengan memanfaatkan sosial media guna meningkatkan kredibilitas dan reputasi toko. Akan lebih baik jika, pemanfaatan sosial media ini tidak hanya dilakukan ketika penjualan menurun saja. Sebab, mengupayakan brand image sebuah toko agar tetap konsisten dan meningkatkan dapat dilakukan dengan sosial media. Hal ini agar brand-mu tetap aktif dan unggul dibandingkan dengan pesaing.

6. Optimasi SEO Shopee

Cara meningkatkan penjualan di Shopee bergantung pada produk yang muncul ketika pembeli mencari produk yang dibutuhkan. Semakin banyak produk dicari dan dibeli, akan mampu menjadikan sebuah brand tersebut berada di halaman pertama yang mana dapat lebih menarik banyak pembeli. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan dan melakukan SEO Shopee untuk meningkatkan visibilitas toko agar lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. Dalam mengoptimasi SEO Shopee, penjual dapat melakukan riset kata kunci terlebih dahulu dan juga analisis kebutuhan pasar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi SEO Shopee yaitu:

  • Kesesuaian kata kunci
  • Pengulangan kata kunci
  • Pemenuhan karakter pada judul

7. Deskripsi Produk yang Jelas dan Informatif

Menuliskan deskripsi produk dengan jelas dan juga informatif akan membantu pembeli dalam mempertimbangkan produk yang akan dibeli. Deskripsi ini dapat membantu pembeli dalam memahami kelebihan dan kekurangan pada produk. Maka dari itu, penjual dapat mencantumkan deskripsi yang jelas seperti spesifikasi produk, ukuran, bahan dan juga keunggulan pada produk tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mencantumkan konteks tentang penggunaan produk dan juga manfaatnya bagi pembeli serta bagaimana cara merawat produk tersebut jika diperlukan.

8. Tentukan Harga Pasar yang Sesuai

Dalam hal ini, penjual perlu untuk melakukan analisis dan mengamati produk yang serupa yang dijual oleh pesaing. Analisis ini mencakup harga, strategi pemasaran online, dan ulasan pelanggan terhadap produk kompetitor. Setelah mendapatkan data dari analisis tersebut, kamu dapat menentukan harga dan menawarkan harga yang lebih rendah ataupun menambahkan keunggulan dan nilai tambah yang membuat produk lebih menarik dari para pesaing. Dengan memberikan harga yang kompetitor dan menawarkan produk yang menonjol, kamu dapat meningkatkan daya tarik toko di Shopee dan menarik lebih banyak pelanggan.

9. Memasang Iklan di Shopee

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di Shopee yang dapat dilakukan dengan cepat dan efektif adalah memasang iklan di Shopee. Sama halnya dengan iklan atau advertising di platform lain, iklan di Shopee ini akan membuat visibilitas produk menjadi lebih meningkat, sebab produk akan dibantu oleh Shopee untuk tampil di beranda pengguna yang termasuk dalam target audiens pelaku bisnis. Memanfaatkan iklan termasuk cara efektif yang dapat digunakan, terlebih jika kamu merupakan pelaku bisnis yang baru memulai menjual produk di Shopee. Hal ini akan lebih mudah untuk menjaring konsumen sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

10. Gunakan Live Shopee

Shopee memberikan banyak sekali kemudahan bagi penjual untuk melancarkan strategi marketingnya. Salah satunya yaitu dengan adanya fitur Live Streaming. Live Streaming Shopee ini akan memungkinkan penjual dan pembeli melakukan interaksi secara langsung. Selain itu penjual juga dapat menjelaskan secara detail mengenai produk yang ditawarkan, menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time dan juga menunjukkan produk secara langsung. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk membangun kepercayaan pelanggan dan koneksi dengan pelanggan yang potensil sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Itulah pembahasan tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee. Untuk memahami lebih banyak mengenai pemasaran digital, kamu dapat meningkatkan skill digital marketing yang berguna untuk meningkatkan bisnismu. Ikuti bootcamp digital marketing bersama Digibos untuk meningkatkan keterampilan pemasaran. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *