fbpx

Customer Acquisition, Seberapa Penting untuk Bisnis?

digibos.id (Customer Acquisition) – Dalam dunia bisnis, ada berbagai macam aspek penting yang perlu diperhatian. Salah satunya yaitu customer acquisition atau akuisisi pelanggan. Ketika memulai bisnis, strategi awal yang dipikirkan oleh pelaku bisnis tentu saja adalah bagaimana cara mendapatkan customer atau pelanggan baru yang mana untuk mengembangkan sebuah bisnis dan juga membuatnya lebih sustainable dan profitable. Maka dari, setiap pelaku bisnis perlu untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengembangkan bisnis dengan salah satu strategi yang dapat digunakan yaitu customer acquisition yang efektif.

Customer Acquisition

Apa itu customer acquisition? Mari kita bahas melalui artikel berikut ini secara lengkap dan juga mengapa sangat penting untuk pertumbuhan sebuah bisnis. Simak ya!

Pengertian Customer Acquisition

Customer acquisition merupakan salah satu konsep dalam strategi marketing yang digunakan untuk mendapatkan atau menemukan pelanggan baru bagi suatu bisnis. Ini berguna untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif. Dalam prosesnya, strategi ini akan melibatkan serangkaian strategi dan taktik yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian calon pelanggan, mampu mengubah mereka menjadi pelanggan yang sebenarnya hingga mampu mempertahankan mereka agar tetap setiap pada brand. Ini juga akan melibatkan cara sebuah brand untuk terus menjaga loyalitas pelanggan dengan mengukur indikator kepuasan pelanggan, meningkatkan brand image di benak pelanggan hingga strategi-strategi lain untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Hubspot menyatakan bahwa, “customer acquisition adalah sebuah proses untuk mendatangkan customer atau pelanggan baru ke bisnismu, tujuannya yaitu untuk menciptakan startegi acquisition yang sistematis dan juga berkelanjutan serta dapat beradaptasi dengan mengikuti tren dan juga perubahan.”

Tujuan utama dari customer acquisition adalah membangun hubungan jangka panjang dengan para pelanggan baru, menciptakan nilai bagi mereka dan juga mendorong loyalitas serta keterlibatan yang berkelanjutan dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh brand. Dengan begitu, dapat diartikan bahwa customer acquisition ini merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mengidentifikasi, menjangkau dan juga mengonversi calon pelanggan menjadi pelanggan yang sebenarnya dan memiliki loyalitas terhadap brand.

Selain itu, dengan menjalankan hal ini, maka bisnis juga akan memiliki kelancaran dalam segi keuangan dan juga memiliki daya tarik yang meningkat di mata investor. Hal ini dikarenakan ketika bisnis mampu menarik pelanggan baru, maka tandanya bisnis tersebut terus mengalami perkembangan secara sehat dan hal itulah yang sering dicari oleh para investor.

Cara Meningkatkan Customer Acquisition Bisnis

1. Mengoptimalkan Kinerja SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan customer acquisition bagi sebuah bisnis. Pasalnya SEO ini merupakan strategi dalam meningkatkan peringkat situs web di hasil mesin pancari. Dengan melakukan optimasi yang tepat seperti penggunaan kata kunci yang relevan dengan konten yang disajikan, struktur URL yang baik, dan juga konten yang berkualitas. Maka dapat meningkatkan visibilitas konten pada mesin pencari. Poin utama dalam pengoptimalan SEO adalah kata kunci, dengan mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis dan konten yang disajikan serta mampu menggunakannya dengan bijak dalam konten maupun meta tag situs web, maka dapat membantu menaikkan traffic secara organik dan juga prospek yang relevan melalui mesin pencari.

2. Meluncurkan Kampanye Iklan

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan customer acquisition adalah dengan membuat kampanye iklan atau advertising dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang sudah berkembang dan mudah untuk digunakan. Namun, penting untuk menentukan target market pada sebuah iklan yang akan ditayangkan. Target market tersebut tentu disesuaikan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Pun dengan platform yang digunakan. Jika target marketmu adalah seorang profesional bisnis, maka kamu dapat memanfaatkan Google Ads atau LinkedIn, namun jika target marketmu adalah remaja, kamu bisa menggunakan Facebook Ads.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Pengguna media sosial yang terus meningkat setiap harinya dan terus mengalami perkembangan ini cocok digunakan untuk melancarkan strategi customer acquisition. Dalam strategi media sosial ini, tentu harus menyesuaikan antara produk atau layanan dengan platform yang digunakan serta keberadaan target market bisnismu. Jika bisnismu lebih mengarah pada generasi muda, maka bisa memanfaatkan media sosial seperti TikTok dan juga Instagram yang dinilai lebih efektif dalam menyasar target market. Dalam hal ini, pelaku bisnis penting untuk membuat konten yang menarik dan bernilai tinggi karena hal ini merupakan kunci dari pemasaran media sosial.

Seberapa Pentingnya Customer Acquisition untuk Bisnis?

1. Pertumbuhan Bisnis

Salah satu tujuan dari strategi customer acquisition adalah pertumbuhan bisnis yang efektif dan juga berkelanjutan. Ketika sebuah bisnis mendapatkan pelanggan baru secara teratur, bisnis juga dapat memperluas target pasat, meningkatkan penjualan, serta mampu meningkatkan pendapatan dari penjualan produk atau layanan yang ditawarkan. Ini yang menjadin poin utama sebuah brand dalam melakukan strategi pemasaran.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Pentingnya menjalankan strategi ini dalam sebuah bisnis dengan upaya yang efektif, maka dapat meningkatkan brand awareness atau kesedaran merek di kalangan target mereka. Hal ini akan membantu bisnis dalam menciptakan reputasi yang positif dan menghasilkan rekomendasi dari pelanggan yang puas terhadap sebuah brand. Sehingga, tidak menutup kemungkinan mereka yang puas terhadap sebuah brand akan merekomendasikannya kepada orang lain.

3. Mengatasi Kebosanan Pasar

Persaingan pasar yang kompetitif dan banyaknya pesaing, maka sebuah bisnis harus terus berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru agar mengurangi kebosanan pasar. Hal ini dapat mencegah penurunan pendapatan karena adanya penurunan minat pelanggan atau persaingan yang terus meningkat. Oleh karena itu, bisnis juga harus terus mampu mengembangkan strategi yang inovatif di era yang cepat berkembang seperti saat ini.

4. Meningkatkan Keuntungan Penjualan

Mendapatkan lebih banyak pelanggan baru, tentu akan berdampak pada keuntungan penjualan yang meningkat. Dalam hal ini, pelangga baru juga dapat memberikan kesempatan untuk penjualan ulang, pembelian tambahan dan juga referral yang mana semua ini berkontribusi pada pertumbuhan keuntungan.

5. Keberlanjutan Bisnis

Jika sebuah bisnis tetap stuck pada zona nyaman, dan tidak mendapatkan pelanggan baru, maka bisnis akan mengalami stagnasi atau penurunan. Maka dari itu, pentingnya customer acquisition menjadi faktor kunci dalam menjaga keberlanjutan bisnis dan juga menghindari kemungkinan kegagalan sebuah bisnis.

Itulah pengertian customer acquisition yang dapat mengembangkan sebuah bisnis dengan pesat. Dengan memahami konsep strategi pemasaran ini, bisnis dapat merancang strategi yang efektif untuk menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang ada dan juga mampu memastikan pertumbuhan dan juga keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis. Maka dari itu, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami  pengertian dan pentingnya customer acquisition. Hal ini dapat menciptakan ruang bagi bisnis untuk terus mengembangkan bisnisnya dalam jangka panjang serta mengatur strategi yang tepat bagi keberhasilan bisnis.

Untuk lebih banyak mengetahui mengenai strategi pemasaran terutama pada platform digital, kamu bisa mengikuti pelatihan bersama Digibos yang memberikan banyak ilmu mengenai digital marketing mulai dari pembuatan bisnis bagi pemula, mengoptimalkan dan juga meningkatkan bisnis agar memiliki daya saing yang tinggi. Hubungi Digibos melalui contact di bawah ini.

Digibos Digital Marketing

Let us know what your brand needed?

we will get back to you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *